Usaha Warung Makan Fried Chicken yang Menguntungkan

usaha warung makan fried chicken

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang usaha warung makan fried chicken. Daging ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang mesti dikonsumsi oleh manusia untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena di dalamnya terkandung protein hewani yang cukup tinggi. Atas hal itulah membuat permintaan terhadap daging ayam berbalut tepung atau fried chicken sangat tinggi di masyarakat di Indonesia.

Bisnis fried chicken yang mereka jalankan ada yang menggunakan sistem waralaba atau franchise maupun sistem brand sendiri. Selain membahas tentang usaha sosis bakar saya akan membahas tentang usaha warung makan friend chicken. Berikut ini cara membuka usaha fried chicken buat pemula untung jutaan, antara lain:

Cara Memulai Usaha Warung Makan Fried Chicken

usaha warung makan fried chicken

1. Membekali Diri  dengan Pengetahuan Dunia Bisnis dan Kewirausahaan Fried Chicken

Di sini meliputi cara menjual yang banyak, cara memenangkan persaingan usaha,  cara melayani konsumen dan pelanggan, analisis SWOT dan lain-lain.

2. Menentukan Konsep Usaha Fried Chicken

Anda bisa membuka bisnis fried chicken dengan konsep gerobak kaki lima, konsep kedai atau rumahan. Selain konsep usaha ayam fried chicken bisa menggunakan mandiri atau warabala. Semua itu pilihan yang harus ditentukan terlebih dahulu sebelum memasuki poin selanjutnya.

3. Menyediakan Modal Operasional Usaha yang Mencukupi

Adapun modal usaha operasional yang dibutuhkan untuk membuka usaha fried chicken dari awal hingga buka sebesar Rp 11 juta. Modal usaha sebesar itu digunakan untuk biaya operasional. Seperti, sewa lokasi, gaji pegawai belanja bahan baku dan lain sebagainya.

4. Pemilihan Tempat Usaha Strategis

Dengan lokasi usaha yang strategis maka masyarakat akan mengenal keberadaan bisnis fried chicken yang sobat jalani. Contoh tempat usaha yang cocok bagi usaha fried chicken antara lain  sekitar tempat wisata,dekat sekolah, dekat kantor,  atau kampus dll. Namun jika rumah anda berada di lokasi tersebut maka anda bisa membuka usaha fried chicken secara rumahan memanfaatkan halaman rumah atau teras.

5. Menyediakan Perlengkapan dan Peralatan Usaha Fried Chicken yang Diperlukan

Meliputi wadah, garpu, sendok, kompor gas, serok, wajan, dll. Pada awal usaha, anda bisa saja membeli peralatan dan perlengkapan usaha yang murah tapi masih berkualitas bagus. Atau memanfaatkan peralatan yang sudah ada di dapur anda.

6. Belajar Kepada Mentor

Anda sebagai pemula dalam bisnis ayam goreng berbalut tepung ini sangat disarankan untuk berguru langsung kepada mentor yang sukses sebelum memulai usaha fried chicken di lapangan. Hal ini berguna untuk memperlancar usaha fried chicken anda. Dari mentor yang berpengalaman dan sukses ini anda akan belajar cara mengatasi hambatan dan kendala.

7. Penentuan Harga Jual Fried Chicken

Harga fried chicken bagian sayap, paha dan dada sama saja sekitar Rp 8000 hingga Rp 10 ribu.  Tetapi jika anda ingin usaha fried chicken laris manis bisa menjual lebih banyak maka anda harus menjual fried chicken lebih murah sedikit dari pesaing. Misalkan dengan harga Rp 7000 perpotong.

8. Promosi yang Efektif dan Konsisten

Dengan penawaran yang menarik membuat orang tertarik untuk membeli ayam fried chicken yang anda jual. Ada berbagai jurus promosi yang bisa anda pakai, antara lain promosi lewat sosial media, membagikan brosur, pasang pamflet, promosi dari mulut ke mulut dll.

9. Inovasi

Agar konsumen tidak bosan dengan rasa dan jenis ayam goreng fried chicken yang ada maka anda bisa menambahkan dengan variasi fried chicken rasa keju, rasa pedas,  ataupun rasa lainnya yang belum pernah ada di pasaran.

Itulah pembahasan mengenai usaha warung makan fried chicken. Semoga bermanfaat!