Usaha Warung Kopi Sederhana yang Menguntungkan

kopii

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang usaha warung kopi sederhana. Sebelum membuka usaha, tentu saja kita harus mengetahui paling tidak gambaran umum bisnis yang akan dijalankan. Lebih baik lagi kalau ada langkah untuk memulai usaha tersebut. Selain membahas tentang cara buat kopi susu ala cafe saya juga akan membahas tentang usaha warung kopi.  Berikut ini cara untuk memulai usaha warung kopi.

Cara Memulai Usaha Warung Kopi

kopi

1. Tempat

Hal pertaman yang perlu dipersiapkan yaitu tempat usaha, dan tempat ini merupakan faktor utama penentu keberhasilan usaha warung kopi milikmu. Yah, walaupun ada juga yang membuka tempat usahanya di daerah sepi tapi tetap rame. Tapi itu bisa dihitung jari saja, kebanyakan usaha yang berhasil itu tempatnya pasti strategis dan ramai.

Perhatikan juga kebersihan warung kopi kamu. Jaga kebersihan tempat usaha agar pengunjung betah berada di tempat kamu dan ada kemungkinan akan kembali lagi. Usahakan tempat yang akan kamu gunakan untuk membuka warung kopi itu mudah dijangkau konsumen dan strategis. Kamu bisa memilih tempat di pinggir jalan dekat dengan pasar, pusat perbelanjaan, mall, alun-alun, kos-kosan, atau tempat keramaian lainnya.

2. Strategi Usaha

Membuka usaha jangan melupakan strategi menjalankannya. Kamu harus memikirkan, kira-kira strategi apa yang tepat untuk membuat usaha kamu dapat berjalan dengan baik dan berkembang.  Misalnya saja, kamu memiliki berbagai jenis kopi dari beberapa daerah di Indonesia.

3. Izin Usaha

Izin usaha menjadi penting jika kamu ingin membuka warung kopi yang cukup besar. Kamu harus mengajukan izin usaha kepada pihak yang mengurusi tentang hal tersebut. Izin usaha ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika terjadi masalah yang berkaitan dengan perizinan.

4. Pelayanan

Agar pengunjung kembali lagi ke warung kopi dan betha-betah diwarung kopi kamu, kamu harus memerhatikan pelayanan. Berikan pelayanan yang baik dan semaksimal mungkin. Tentu kamu tahu pepatah yang mengatakan kalau pembeli adalah raja. Sebisa mungkin kita memberikan pelayanan kepada pembeli bak seorang raja. Sehingga dia akan kembali lagi setelah mengunjungi tempat usaha kamu.

Bahkan, kalau pembeli merasa puas, dia bisa menceritakan ke orang-orang terdekatnya dan mengajaknya mengunjungi warung kopi milikmu. Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah pelayanan dengan 3S, Senyum, Sapa, dan Sopan kepada konsumen.

5. Fasilitas Tambahan

Untuk membuat pengunjung bisa betah diwarung kopi kamu adalah dengan memberikan fasilitas tambahan di warung kamu. Fasilitas ini dapat berupa radio, televisi, wifi gratis, atau mungkin permainan yang seru untuk para pengunjung.

Dengan menambahkan beberapa fasilitas tersebut, pastilah pengunjung bisa lebih betah lagi. Apalagi sekarang ini era digital, colokan listrik dan cukup dengan wifi gratis , orang akan berlama-lama di warung kopi kita.

6. Promosi

Hal ini wajib dilakukan agar warung kopi kamu ramai pengunjung dan dikanal orang. Kamu bisa membuat brosur untuk disebar, atau beriklan di radio di daerah tempat usaha kamu. Bisa juga memanfaatkan media online seperti media sosial untuk beriklan.

Kamu juga bisa memberikan promosi ketika baru buka pertama kali. Mungkin bisa dengan memberikan diskon kepada konsumen mahasiswa, atau setiap pembelian sekian akan mendapatkan bonus. Ya, tentu saja promosi ini sesuai dengan kratifias dan ide kamu.

7. Suplier

Kadang kita tidak memerhatikan tentang persediaan bahan baku untuk usaha kita, dan itu sangatlah fatal akibatnya. Ketersediaan bahan baku menjadi sangat penting karena itu akan memengaruhi produksi.

Kamu harus mencari suplier yang ketersediaan bahannya banyak, agar nantinya tidak kebingungan jika bahan baku di warung habis. Sebab, jika kita mengambil kopi dari berbagai suplier yang berbeda, tentu akan dapat memengaruhi rasa dari kopi yang dihasilkan.

Itulah pembahasan tentang usaha warung kopi sederhana. Semoga Bermanfaatt!