Usaha Tani Yang Menjanjikan

Usah tani di masa sekarang sangat bisa di andalkan untuk kehidupan sehari hari. Pasalnya usaha ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama di bagian pertanian beras.Nah berikut ini adalah contoh contoh usaha tani yang menjanjikan.

Contoh Usaha Tani Yang Menjanjikan

1. Usaha Tani Yang Menjanjikan Membuat Pertanian Bayam

Usaha Tani Yang Menjanjikan

Tanaman bayam bagus untuk menambah zat besi pada tubuh kamu. Bayam bisa dijadikan ide bisnis agrikultur di rumah karena modal media tanam yang hanya menggunakan polybag. Bahan yang diperlukan seperti tanah, polybag, pupuk kompos, pestisida alami dan bibit bayam berupa biji atau stek batang. Selamat mencoba!

2. Usaha Tani Yang Menjanjikan Menanam Tomat

Usaha Tani Yang Menjanjikan

Usaha tanaman pertanian selanjutnya yang bisa menghasilkan untung adalah menanam tomat. Tomat dapat tumbuh asalkan tanah milikmu basah. Kunci utama menanam tomat tergantung pada proses stek. Kemudian cara mudah menumbuhkan akar di tunasnya cukup tambahkan air di pada wadah yang kamu pakai. Letakkan di tempat yang memiliki suhu hangat , setelah 1-2 minggu tunas akan tumbuh. Setelah tunas mempunyai akar yang panjang kamu bisa memindahkannya ke media tanam.

3. Menjual Bibit Tanaman

Usaha Tani Yang Menjanjikan

Usaha pertama di bidang pertanian yang sangat menguntungkan di tengah pandemi Covid-19 ini adalah menjual bibit tanaman. Saat ini, banyak orang memilih berkebun untuk mengisi waktu luangnya dan untuk menambah hobi baru.

4. Bertani padi

Bisnis ini sepertinya akan terus menguntungkan, dikarenakan masuk ke dalam kebutuhan primer dari masyarakat. Meski membutuhkan modal yang relatif besar, bisnis ini tetap bisa menjanjikan keuntungan besar bagi Anda.

5. Tanaman Hidroponik

Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa memulai untuk mencoba usaha tanaman hidroponik. Dengan metode bercocok tanam hidroponik, maka Anda juga tidak memerlukan media tanam dari tanah. Hal ini dapat menjadi peluang Anda dengan melihat gaya hidup warga perkotaan yang mulai beralih ke gaya hidup yang sehat.

6. Usaha Pertanian Sosin (Sawi Hijau)

Tanaman pertanian yang paling menguntungkan pertama adalah tanaman sosin. Tanaman sosin sangat populer di kalangan masyarakat. Sosin atau sawi hijau termasuk jenis tanaman yang paling cepat panennya yaitu, kurang dari satu bulan.

Ciri-ciri sawi ini adalah warna bunganya keputih-putihan serta daunnya berwarna hijau, kemudian memiliki batang yang lebih panjang dibanding sawi putih.Kamu bisa menanam sosin di kebun kosong atau pekarangan belakang rumah. Banyak sumber mengatakan petani sosin bisa meraup keuntungan dari usaha pertanian ini hingga puluhan juta rupiah perbulan atau sekali panen.

Langkah-langkah penanaman sawi yang bisa kamu lakukan seperti:

  • Memilih benih sawi yang bagus
  • Proses pembibitan tanaman sawi
  • Mempersiapkan lahan pindah tanam (bedengan)
  • Penanaman bibit sawi di lahan bedengan
  • Pemeliharaan tanaman sawi
  • Panen tanaman sawi

7. Usaha Pertanian Jahe

Harga jual banderol jahe bisa dijual dengan nilai yang tinggi.Jahe sendiri bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu, jahe emprit seharga 4 ribu – 7 ribu per kg, jahe gajah 12 ribu – 15 ribu per kg, dan jahe merah bisa dijual seharga 18 ribu hingga 20 ribu per kg.

Manfaat mengkonsumsi jahe seperti melancarkan peredaran darah, migrain, hipertensi, sakit gigi, obat masuk angin, dan masih banyak lagi. Selain untung dalam segi finansial, kamu pun bisa merasakan tubuhmu lebih sehat, lho.

8. Tanaman obat

Dikarenakan efek dari pandemi mendorong masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mewaspadai penyakit, tanaman obat herbal menjadi pilihan. Tanaman obat yang banyak diminati adalah jahe, kunyit, dan tanaman herbal lainnya. Permintaan ini meningkat pesat di beberapa startup pertanian di Indonesia bahkan hingga 300 kali lipat.

Nah itu dia merupakan contoh contoh usaha tani yang menjanjikan semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian untuk mencari ide usaha di bidang pertanian ini.

Related Posts