usaha keripik pisang unik

Peluang Usaha Keripik Pisang Unik untuk para Pebisnis Pemula

Usaha Keripik Pisang Unik – Keripik pisang menjadi salah satu peluang usaha yang saat ini sangat menjanjikan. Proses pembuatan yang bisa digolongkan mudah dan bisa dikerjakan tanpa membutuhkan modal besar langsung. Apalagi keripik pisang dikenal sebagai camilan ringan di kalangan masyarakat luas.

Untuk membuat usaha keripik pisang, pastikan memilih pisang yang memiliki kualitas baik sebagai bahan baku pembuatan keripik pisang. Selain itu pengemasan yang menarik juga akan menambah nilai tambah dari produk keripik pisang Anda. Nah lantas bagaimana peluang usaha keripik pisang dan apa saja inovasinya yang ada?

 

Peluang Usaha Keripik Pisang Unik

Menentukan Target Pasar

Untuk target usaha ini sebenarnya sangat mudah, mulai anak-anak hingga orang dewasa bisa mengkonsumsi olahan keripik pisang. Proses pemasaran akan jauh lebih mudah, misalnya sebagai contoh bisa disetorkan di pasar, mini market, atau bisa juga dijual secara online.

Melakukan Promosi

Melakukan promosi bertujuan agar produk yang telah dibuat dapat dikenal orang secara cepat. Cara terbaik untuk melakukan promosi seperti memanfaatkan sosial media dan menyebarkan brosur produk secara langsung. Menggunakan brosur juga cukup efektif supaya produk bisa dikenal secara luas dengan cepat.

Penyebaran brosur bisa dilakukan di tempat-tempat ramai misalnya di pasar, kampus, sekolah, kantor, atau pusat perbelanjaan. Sementara itu untuk online bisa memanfaatkan Facebook, Twitter, Instagram, serta menjual di marketplace.

 

usaha keripik pisang unik

Usaha Keripik Pisang Unik

Melakukan Inovasi Produk

Banyaknya produk olahan keripik pisang membuat banyak orang bisa dengan mudah menemukannya di pasaran luar. Hal ini tentunya akan ada kompetitor lain yang juga memulai usaha keripik pisang. Di sini inovasi sangat diperlukan supaya bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor. Misal bila di pasaran hanya ada olahan rasa keripik pisang original saja, inovasi seperti keripik pisang rasa coklat, keripik pisang rasa jagung bakar, keripik pisang rasa balado dan masih banyak lagi bisa menjadi salah satu ide unik dan menarik.

Pengemasan Yang Menarik

Peluang usaha keripik pisang unik berikutnya yaitu dengan melakukan pengemasan seunik mungkin. Hal unik dalam arti dikemas dengan desain yang cukup menarik. Misalnya sebagai contoh dapat membuat maskot desain yang berhubungan dengan buah pisang, misalnya sebagai contoh mister pisang. Kehadiran desain maskot tentunya akan menyebabkan produk kemasan akan menjadi lebih unik dibandingkan dikemas secara biasa.

Keunggulan Produk Keripik Pisang Unik

  • Keripik pisang unik dengan varian rasa baru membuat penasaran calon konsumen untuk mencoba, sehingga orang ingin mencobanya. Varian rasa bertujuan supaya konsumen tidak cepat bosan dengan rasa keripik pisang yang begitu-begitu saja.
  • Keripik pisang mempunyai rasa dasar gurih, sehingga bila ditambahkan varian rasa coklat tentu akan lebih menarik, perpaduan rasa antara gurih dan manis.
    Harga keripik pisang yang cukup murah bisa dijangkau berbagai kalangan masyarakat diluaran sana.
  • Keripik pisang menjadi salah satu alternatif makanan ringan atau camilan yang mudah didapat dan mudah dibuat.

Kelemahan Produk Usaha Keripik Pisang

Keripik pisang memiliki beberapa kelemahan, di sini akan di sebutkan beberapa kelemahan keripik pisang, diantaranya yaitu keripik akan menjadi rusak jika disimpan dengan cara yang salah, misalnya di tumpuk dan dilakukan dengan sembarangan. Kelemahannya lagi yaitu bahan baku pisang yang mudah rusak atau mudah busuk jika terlalu lama dan tidak benar dalam menyimpannya.

Meski keripik pisang diminati banyak konsumen di Indonesia dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, kamu juga harus memperhatikan persaingan pasar dalam bisnis makanan ringan yang semakin hari semakin kompetitif. Untuk mengakali persaingan pasar, kamu harus memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki para kompetitor. Misalnya kamu dapat memperbanyak varian rasa keripik pisang, branding dengan kemasan yang menarik, menawarkan harga yang berani bersaing, serta memberikan bonus khusus bagi para pelanggan yang memesan dalam jumlah tertentu. Semakin menarik penawaran yang kamu berikan, maka semakin besar juga ketertarikan calon konsumen untuk melakukan pembelian produk kamu.

Kerenyahan dan rasa pada keripik pisang juga dipengaruhi oleh penggunaan minyak goreng. Keripik pisang biasanya bisa bertahan kurang lebih satu bulan jika menggunakan minyak bermerek. Tetapi jika menggunakan minyak curah memiliki hasil yang berbeda, selain itu jika menggunakan minyak curah biasa juga menjadi lebih boros saat dipakai untuk menggoreng.

 

Demikian artikel tentang Usaha Keripik Pisang Unik yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat untuk semuanya, jangan lupa untuk dibaca dan dipahami agar bisa menginspirasi. Terimakasih semuanya!!!

 

Related Posts