Tahu Walik Jamur Kuping yang Gurih, Lezat Maknyuus

Tahu Walik Jamur Kuping

Sama seperti cara bikin perkedel tahu sayur yang merupakan salah satu dari beragai macam olahan tahu, cara buat tahu walik jamur kuping yang gurih, lezat maknyuus .

Tahu walik adalah kudapan yang berasal dari Banyuwangi,Jawa Timur yang terbuat dari tahu , yang digoreng menggunakan isi aci dan yang lainnya.  Di karenakan cara buat tahu walik ini memang lah dengan cara dibalik maka disebutlah tahu walik.

Bahan bahan dan cara bikin tahu walik ini pun tidak lah banyak. Sehingga sangat mudah untuk teman teman di rumah yang ingin menyajikan camilan spesial buat keluarga di rumah. Bahan isinya pun dapat disesuaikan dengan stok bahan yang ada di kulkas rumah.

Rupanya kunci dan rahasianya sebab kulit luarnya yang dibalik menjadi di dalam. Tidak hanya kulit luar tahu yang dibalik, ciri khas unik lainnya adalah isi di dalamnya yang berbahan dasar tahu dan jamur dan bahan tambahan dan juga bumbu lainnya.

Tahu Walik Jamur Kuping

 

Tahu Walik Jamur Kuping

Bahan:

  • 20 buah tahu goreng
  • 3 batang daun bawang, potong-potong
  • 170-190 ml air es
  • 50 gram jamur kuping, cuci bersih, potong-potong

Bahan kering:

  • 100 gram terigu serbaguna
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 sdm bawang putih goreng
  • 5 sdt garam (sesuai selera)
  • 1/4 sdt lada bubuk

Cara membuat:

  1. Belah tahu lalu balikkan bagian dalam jadi luar. Sisihkan isian tahu aslinya.
  2. Campur bahan kering, tambahkan air es sedikit demi sedikit sembari diaduk.
  3. Masukkan daun bawang dan jamur.
  4. Masukkan isi adonan ke dalam tahu.
  5. Goreng tahu hingga matang kecokelatan.

Berikut Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

1. Sumber Protein Untuk Penderita Asam Urat

Penelitian yang dilakukan guna mencari tau pengaruh tahu memperlihatkan bahwa,  tahu merupakan sumber protein yang sangat baik, terutama untuk pengidap penyakit rematik gout atau mempunyai kadar  asam urat yang tinggi.

2. Rendah Kolesterol

Tingkat kolesterol dalam tubuh dapat berkurang karena tahu akan menyerap minyak goreng dan cairan lain yang terakumulasi dalam tubuh yang bisa menimbulkan penyakit.

Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki tingkat asam lemak jenuh yang rendah dari pada kadar asam lemak tak jenuh. Tahu pun merupakan sumber lesitin dan asam linoleat yang baik, yakni yang meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan kolesterol yang terletak dalam tubuh.

3. Mencegah Anemia

Manfaat tahu bagi kesehatan termasuk mengurangi resiko anemia. Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang  meneliti hubungan antara anemia dan tahu membuktikan, bahwa tahu terbukti menurunkan risiko anemia pada golongan orang dewasa.

4. Memperlancar masuknya Oksigen dalam tubuh

Kandungan kedelai yang kaya akan protein dan Vitamin B kompleknya dapat menyehatkan. Dapat mengangkat dan juga menyebarkan oksigen dalam jumlah yang mencukupi ke dalam semua jaringan tubuh.

Tidak hanya itu, manfaat tahu krispi mempunyai kandungan zat besi yang mana hemoglobin dalam darah bisa terbentuk karena zat besi itu sendiri.

5. Dapat mencegah kanker payudara

Kandungan nutrisi yang terdapat pada tahu bisa menambah hormon estrogen pada wanita.

Kandungan isoflavon yang ada di dalamnya memiliki hormon estrogen yang kuat dan bisa mencegah tumbuhnya sel kanker payudara.

Demikian Resep tahu walik jamur kuping yang gurih lezat dan maknyuus, bagaimana?gampang bukan cara bikin nya, dari pada kamu beli di warung-warung mendingan membuat nya sendiri di rumah bisa di atur sesuai selera. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.