Strategi Digital Marketing

Kini sudah banyak bisnis yang menggunakan digital marketing agar pemasaran mereka berjalan dengan lancar. Namun, agar pemasaran berjalan lancar mereka tidak boleh asal-asalan melakukan digital marketing. Digital marketing harus menggunakan strategi yang tepat supaya pemasarannya berjalan dengan lancar.

Nah, dalam artikel ini akan diberikan beberapa contoh strategi digital marketing yang dapat Anda coba. Namun, Anda perlu memilih strategi yang sesuai dengan produk Anda.

Baca juga: Ide Bisnis Minuman Franchise Bagi Pebisnis Pemula

Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Berikut ini beberapa contoh strategi digital marketing yang dapat Anda terapkan:

1. Menerapkan Strategi SEO Marketing

Search Engine Optimization atau SEO adalah cara yang digunakan untuk membuat situs website atau blog Anda berada di peringkatpertama mesin pencari Google

SEO ini mempunyai tujuan untuk mengarahkan lebih banyak traffic atau pengunjung menuju ke situs web bisnis Anda. Salah satu hal yang dasar dari praktik SEO adalah mengoptimalkan penggunaan keyword dan pembaruan website Anda.

Contohnya, ketika orang memasukan kata “Jersey Timnas Indonesia” di Google pencarian. Maka dengan menggunakan SEO, website Anda dapat berada pada peringkat pertama sehingga kemungkinan untuk dikunjungi orang semakin banyak dan dapat membuat penjualan produk Anda semakin bertambah.

Biasanya mesin pencari dari Google menggunakan kata frasa, kata kunci, pembaruan situs website, dan bahasa yang jelas untuk menentukan peosisi situs website pada halaman pertama. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari penerapan SEO dan penggunaannya pada website bisnis Anda.

2. Menggunakan Pay Per Click Advertising

Pay-per-click atau disingkat PPC adalah model pemasaran internet menggunakan pengiklan berbayar dengan biaya sesuai dengan jumlah klik iklan Anda. Biasanya iklan ini terdapat pada halaman pencarian google dengan menggunakan tools Google Ads.

Pay-per-click atau PPC mempunyai tujuan untuk menjangkau lebih banyak orang yang melakukan pencarian di google dengan suatu keyword. Contohnya “beli jaket”. Maka pada website pencarian google akan muncul iklan dari produk Anda.

3. Content Marketing

Content marketing bertujuan untuk menjangkau, menarik, dan salin terhubung dengan konsumen. Menggunakan berbagai konten supaya brand awareness dari produk Anda meningkat. Anda dapat membagikan konten berupa foto, video, blog dan lain sebagainya.

Misalnya, Anda mempunyai bisnis makanan sehat, Anda bisa membuat artikel tentang edukasi gizi makanan, manfaat mengonsumsi makanan, atau cara mencegah penyakit. Selain itu, Anda juga bisa membuat konten video bertemakan kesehatan.

4. Sosial Media Marketing

Strategi Digital Marketing Sosial Media

Strategi digital marketing yang keempat adalah Social Media Marketing. Anda dapat memakai berbagai macam media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, atau Twitter. Meskipun demikian, hal yang tidak boleh Anda lupakan, adalah pembuatan konten harus sesuai dengan media sosial yang dipakai.

Dikarenakan setiap media sosial memiliki karakteristik dan para pengguna yang berbeda-beda. Contohnya, seperti Facebook yang cocok untuk konten foto dan biasanya didominasi oleh pengguna kalangan dewasa.

5. Email Marketing

Strategi yang terakhir adalah Email Marketing. Pemasaran dengan email berfokus untuk mempertahankan pelanggan juga bisa memperoleh pelanggan baru. Email Marketing adalah teknik yang sangat cocok  untuk membangun brand dan menjaga bisnis Anda tetap diingat.

Secara garis besar tujuan utama dari email marketing adalah untuk membangun sebuah hubungan dengan pelanggan dan memberikan informasi yang bermanfaat. Informasi tersebut dapat berupa informasi produk terbaru dan promo atau diskon. Sehingga dapat membuat pelanggan terus percaya terhadap produk Anda.

Demikian artikel tentang strategi digital marketing ini. Anda perlu menerapkan strategi yang tepat supaya digital marketing berjalan dengan lancar. Untuk lebih jelasnya terkait digital marketing Anda dapat membaca artikel Pemanfaatan Digital Marketing.

By Fahri

Saya memegang peran sebagai penulis di manfaatcara.com, dengan minat dan ketertarikan yang mendalam terhadap perkembangan teknologi, khususnya di dunia IT. Saya sangat senang belajar berbagai hal dan senang berbagi informasi seputar bisnis serta berbagai tips terkini dengan pembaca. Semangat belajar dan semangat berbagi pengetahuan adalah hal yang selalu saya jaga dengan baik.