sebutkan manfaat mendaur ulang sampah plastik

Sebukan Manfaat Mendaur Ulang Sampah Plastik

Sebutkan manfaat mendaur ulang sampah plastik.Tujuan mendaur ulang sampah plastik yaitu hal yang penting untuk diketahui. Plastik daur ulang merupakan plastik yang terbuat dari sampah plastik, yang sudah diperoleh kembali dan diolah menjadi bahan yang bisa digunakan kembali untuk membuat produk plastik baru. Dalam istilah yang sangat sederhana, ketika plastik didaur ulang, barang-barang dari plastik dikumpulkan, disortir, dibersihkan, diparut, dipisahkan menjadi beberapa bagian, kemudian dilebur dan dikompres menjadi pelet plastik. Pelet tersebut kemudian digunakan sebagai membuat barang plastik yang baru.

Tujuan mendaur ulang sampah plastik yaitu hal yang mungkin tampak seperti solusi sempurna agar krisis sampah plastik yang terus memburuk. Untuk itu ternyata mendaur ulang sampah plastik memiliki pro kontranya tersendiri,dalam pengelolaan sampah rumah tangga

 

Pro Dan Kontra Mendaur Ulang Sampah Plastik

sebutkan manfaat mendaur ulang sampah palstik

  • Pro Mendaur Ulang Sampah Plastik

Salah satu manfaat mendaur ulang sampah plastik yaitu mengalihkan plastik dari lokasi pembuangan sampah, pembakaran, atau pencemaran lingkungan. Hal seperti ini akan mengurangi kebutuhan akan produksi plastik murni, mengurangi dampak terhadap lingkungan. Plastik daur ulang sekali pakai sering diubah menjadi barang yang bisa digunakan kembali, menjaga plastik ini keluar dari aliran limbah selama bertahun-tahun. 

Daur ulang dan pasar dengan barang-barang yang terbuat dari plastik daur ulang memberikan nilai ekonomi dalam bentuk sampah yang sebenarnya tidak berharga. Selain itu tujuan mendaur ulang sampah plastik yaitu berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan ekonomi lokal, dan pusat Mendaur ulang plastik mengurangi jumlah sampah plastik yang pada akhirnya mampu mencemari lingkungan, terutama aliran air dan laut.Dalam pemanfaatan sampah organik dan anorganik

  • Kontra Mendaur Ulang Sampah Plastik

Mencapai tujuan mendaur ulang sampah plastik merupakan hal yang tidak mudah karena hanya sebagian kecil jenis plastik yang berharga yang bisa digunakan sebagai bahan daur ulang. Daur ulang merupakan proses yang rumit dan mahal, yang menjadikan produksi plastik murni lebih menarik secara ekonomi bagi banyak industri.Kontaminasi pada pabrik daur ulang merupakan tantangan besar dikarenakan jenis plastik campuran tidak berfungsi dengan baik.

Sebagian besar plastik daur ulang tidak dapat digunakan kembali untuk membuat produk yang sama seperti sebelumnya, disebabakan kualitas plastik tidak sebaik setelah di daur ulang. Plastik daur ulang kualitasnya sedikit menurun pada saat kita melakukan proses didaur ulang, yang berarti hanya bisa didaur ulang beberapa kali sebelum dibuang.Teknologi daur ulang saat ini tidak mampu sepenuhnya menutup lingkaran produksi plastik murni karena kualitasnya menurun di setiap siklus, jadi meskipun 100% produksi plastik saat ini didaur ulang, mungkin selalu ada pasar untuk plastik murni.

  • Manfaat Mendaur Ulang Sampah Plastik

Plastik merupakan bahan serbaguna yang telah memberi kita banyak manfaat pada sesuatu hal yang membantu kita menjalani gaya hidup yang bersih, sehat dan efisien. Akan tetapi, siklus hidup komponen plastik tidak berakhir saat dimasukkan ke tempat sampah atau tempat sampah daur ulang. Tindakan serta manfaat mendaur ulang sampah plastik merupakan hal yang dapat membuat perbedaan besar dan sangat penting bagi konsumen dalam memahami efek positif dan tujuan mendaur ulang sampah plastik yaitu hal yang baik untuk lingkungan dan ekonomi. 

Dengan mengetahui manfaat mendaur ulang sampah plastik yaitu hal yang penting, konsumen produk plastik mempunyai kesempatan untuk membuat perubahan, dan perusahaan serta pemilik merek yang bisa memimpin hal tersebut. Dengan pendekatan mendaur ulang sampah plastik yang tepat, bisnis bisa mengurangi limbah berbahaya, memotong biaya pengelolaan limbah, dan menghasilkan keuntungan dengan menjual produk plastik daur ulang yang menggunakan tahapan dalam meningkatnya permintaan di berbagai pasar. mesin pencacah komps

  • Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sampah plastik:-6*6

 

a). Mengurangi Polusi Lintas Ekosistem

Gas rumah kaca merupakan alasan utama meningkatnya tingkat polusi di lingkungan kita. Hal ini adalah faktor pendorong di balik perubahan iklim yang menjadi masalah mendesak yang sedang diupayakan agar dikurangi oleh seluruh dunia saat ini. Selama pembuatan plastik, minyak bumi dibakar dan mendapatkan gas rumah kaca. Mendaur ulang plastik daripada mengelolanya dari awal secara tidak langsung mengurangi emisi gas rumah kaca yang berbahaya.

Sampah plastik selain mencemari tanah, air dan udara menggunakan bahan kimia berbahaya, juga bertanggung jawab atas kematian ribuan hewan di darat, di air dan di laut karena disebabkan dari sampah plastik. Mendaur ulang plastik berarti mengurangi kondisi sampah plastik. Hal ini dapat juga membantu mengurangi polusi dan menyelamatkan banyak spesies hewan yang penting untuk rantai makanan.

b). Memerlukan Lebih Sedikit Energi

Pembuatan plastik dari awal memerlukan lebih banyak energi dibandingkan dengan memproduksi produk dari plastik daur ulang. Energi yang dihemat bisa digunakan untuk kebutuhan penting lainnya untuk perekonomian. Selain itu, proses pengelolaannya membutuhkan sumber daya alam seperti air, minyak bumi, gas alam, dan batu bara untuk bahan baku. Oleh karena itu, manfaat mendaur ulang sampah plastik merupakan hal yang membantu menghemat sumber daya alam yang berharga. Misalnya, minyak bumi, yang sangat penting dalam membuat produk plastik baru yaitu sekitar 40% konsumsi minyak bumi bisa dikurangi hanya dengan mendaur ulang sampah plastik bekas.

c). Menghemat Ruang TPA yang Cepat Habis

Tempat pembuangan sampah sangat cepat penuh. Pertumbuhan populasi manusia menunjukan bahwa tanah yang bisa dihuni menjadi semakin berharga setiap hari. Pengelolaan limbah secara tepat melalui penggunaan kembali dan daur ulang plastik bisa menghemat banyak ruang tempat pembuangan akhir. 7,4 meter kubik ruang tempat pembuangan akhir dapat dihemat dengan mendaur ulang 1 ton plastik.

d). Memudahkan Permintaan Konsumsi Bahan Bakar Fosil

Jutaan barel minyak mentah digunakan sebagai memenuhi permintaan pembuatan plastik dalam satu tahun. Mendaur ulang plastik merupakan pilihan paling berkelanjutan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil. Karena minyak merupakan sumber daya alam yang terbatas, daur ulang plastik dan pemulihan sebanyak mungkin bahan mentah, konsumsi minyak mentah bisa dikurangi secara signifikan. Selain itu, daur ulang plastik dapat menghemat energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan material baru. Satu ton plastik daur ulang menghemat 7.200 kilowatt-jam listrik / sekitar energi yang cukup dalam menjalankan rumah tangga selama tujuh bulan, menurut sebuah studi dari Stanford University.Sebutkan manfaat mendaur ulang sampah plastik

e). Mempromosikan Gaya Hidup Berkelanjutan

Bisnis sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat di mana mereka beraktivitas. Jika bisnis bekerja sama dengan pemangku kepentingan internal and eksternal mereka dalam menciptakan kesadaran dan mempromosikan dampak positif dari penggunaan kembali dan daur ulang plastik, mereka pasti bisa membawa perubahan besar menuju konservasi lingkungan.

Indonesia Sustainability hadir sebagai program penghargaan yang mendukung perusahaan dan UKM yang berkontribusi  terkait dalam konsumsi dan produksi plastik berkelanjutan dengan mengurangi timbunan sampah yang dihasilkan.

Related Posts