Resep Udang Bakar Madu Bikinan Rumah Ala Restoran

Resep Udang Bakar Madu

Siapa yang tak tahu udang bakar. Udang bakar merupakan masakan olahan seafood yang enak. Dengan rasa yang enak, udang bakar mampu menambah nafsu makan. Resep udang bakar madu pun tak begitu sulit. Kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah atau resep udang bakar madu menjadi enak. Resep udang bakar madu bisa and baca disini.

Daging udang yang lembut serta rasanya yang gurih dan manis membuat siapa saja menyukai masakan yang satu ini. Apalagi, jika udang dimasak dengan cara dibakar  dengan menggunakan bumbu yang pas. Udang kini sudah banyak tersedia di pasar maupun di super market dan dapat dijangkkau dengan sangat mudah. Selain membahas tentang cara membuat donat kentang , disini saya akan membahas tentang resep udang bakar madu.

Resep Udang Bakar Madu

Bahan-Bahan :

  • Udang 12 ekor
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Saus omat 100 g
  • Kecap manis 3 sdm
  • Madu 3 sdm
  • Saus Sambal 3 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Tusuk Sate

Cara Membuat Udang Bakar Madu

  1. Cuci udang terutama bagian dalam kepalanya di aliran air kran supaya kotorannya keluar. Belah kulit punggung dan buang uratnya. Beri perasan air jeruk nipis,, diamkan sekitar 10 menitan kemudian cuci lagi dengan air bersih.
  2. Siapkan tusuk sate, tusuk udang masing-masing 3 ekor
  3. Campur semua saus tomat, saus sambal,kecap manis, madu, dan garam, oleskan pada udang merata terutama di bagian belahan punggung. Sisakan sekitar sepertiga bumbu olesan untuk dipakai membakar.
  4. Diamkan sekitar 30 menit supaya bumbu menempel
  5. Panaskan grilled pan / alat panggang / alat bakar, kuas dengan mentega supaya tidak lengket
  6. Olesi udang dengan bumbu
  7. Taruh udang di atas pan atau bakaran sambil dioles bumbu Bakar udang hingga warnanya jadi merah gelap & matang.
  8. Hidangkan selagi hangat. Bisa juga ditambahkan saus yang masih tersisa

Tips Membersihkan Udang

  1. Cuci bersih udang di air mengalir.
  2. Jika udang akan dimasak utuh, gunting kumis udang. Agar udang tidak bau amis saat dimasak, lumuri udang dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Meskipun sebaiknya bagian kepala dibuang karena cepat membusuk dan mengumpulkan bakteri, kamu tetap bisa menggunakannya asalkan langsung segera dimasak.
  3. Jika ingin memasak udangn tanpa kulit, rendamlah udang dengan air cuka. Air cuka berfungsi untuk melunakkan kulit udang agar mudah dikupas. Jika ingin membuat kaldu udang, gunakan kaki dan keplala udang.
  4. .Kotoran pada punggung udang juga jangan lupa dibersihkan. Dengan cara keratlah sedikit punggung udang dan tarik kotoran berwarna hijau kehitaman, yang berbentuk seperti benang.
  5. Simpan udang di dalam freezer agar lebih tahan lama dan terhindar dari bakteri. Tapi, usahakan jangan terlalu lama juga menyimpannya. Jangan membekukkan udang berulang-ulang.

Tips Memilih Udang Yang Baik

1. Pastikan kepala udang masih tertempel

Saat kamu ingin membeli udang yang segar, pastikan untuk memilih udang dengan kepala yang masih tertempel utuh karena itu merupakan salah satu indikasi jika udang masih segar dan aman untuk dikonsumsi. Sementara apabila kamu melihat udang yang kepalanya telah terlepas, maka bisa jadi udang tersebut sudah tidak segar lagi.

2. Beraroma Khas

Saat membeli udang, tidak ada salahnya apabila kita ingin mengecek aromanya terlebih dahulu untuk memastikan kualitas kesegarannya. Hindari membeli udang yang sudah berbau tidak sedap apalagi busuk karena sudah tentu kualitasnya sudah sangat buruk. Aroma merupakan salah satu tips paling mudah dalam mengecek kesegaran dari makanan laut.

3. Pastikan udang masih segar

Sebelum memulai membeli udang, pastikan bahwa tampilan dari udang tersebut masih tampak terlihat segar dengan cangkang kulit yang masih bening tanpa ada cairan maupun warna lain yang dapat menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah dalam kondisi yang buruk dan tidak layak konsumsi. Pastikan bahwa kesegaran udang menjadi hal yang paling utama.

4. Kepalanya tidak berwarna merah

Perhatikan pula bagian kepala dari udang tersebut. Pastikan untuk tidak memilih udang yang bagian kepalanya berwarna merah karena bisa jadi itu merupakan indikasi bila isi kepala udang sudah pecah. Tentu saja kita tidak ingin mencicipi isi dari kepala udang tersebut. Maka pastikan bahwa udang tersebut masih segar dengan kepala yang masih bening.

5. Tekstur udang tidak lembek

Kamu dapat memperhatikan daging dari udang sebelum memulai untuk membelinya. Daging udang dengan kualitas baik akan memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek saat ditekan. Jangan sampai kita membeli udang yang memiliki tekstur lembek karena hal itu bisa menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah tidak segar lagi.

Nah, itulah resep udang bakar madu. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dirumah.