Resep Teh Tarik Madu yang Sangat Menyegarkan!!!

 

Kali ini saya akan membuat artikel tentang resep teh tarik madu, sedikit tentang pengertiannya dan juga manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga ada resep teh rempah herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Teh tarik adalah minuman manis berupa campuran teh dan susu yang lazim ditemukan di daerah Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Minuman ini biasanya dijual oleh para mamak (orang India Muslim) di Malaysia dan Singapura, yang menjadikannya sebagai minuman nasional negara tersebut.

Di Indonesia, minuman ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Indonesia, antara lain, di Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Utara, dan Aceh

Teh tarik secara harfiah berarti “teh yang ditarik,” karena seperti itulah yang dilakukan pengrajin teh ini di kedai mamak India ketika membuat minuman teh tarik. Teh dan susu dituangkan melalui udara antara dua cangkir, terus-menerus sampai mencapai tekstur yang kaya dan berbusa.

Pembuat teh tarik yang terampil bagaikan seniman, tidak pernah menumpahkan setetes pun teh yang sedang dibuatnya. Lebih dari sekadar kecakapan memainkan pertunjukan dan tradisi, menuangkan teh tarik melalui udara bermaksud untuk mendinginkan teh dan menghasilkan lapisan berbusa di permukaan minuman.

1. Resep Teh Tarik Madu

Resep Teh Tarik Madu

Bahan-bahan

  • 4 kantung teh celup
  • 2 bungkus susu bubuk
  • 15 sendok makan madu
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • 800 ml air

Cara pembuatan

  1. Rebus 500 ml air dan teh celup hingga mendidih.
  2. Pidahkan ke wadah
  3. Tambahkan madu dan susu kental manis
  4. Rebus 300 ml air dan susu bubuk
  5. Tuangkan ke dalam wadah yang berisi campuran teh, krimer, dan madu tadi
  6. Aduk hingga merata
  7. Pindahkan dalam botol
  8. Kocok hingga berbusa
  9. Masukkan ke dalam gelas saji
  10. Bisa ditambahkan toping sesuai selera
  11. Teh tarik madu siap disajikan

Manfaat Teh Tarik Untuk Kesehatan Tubuh

Kekayaan khasiatnya pun sudah dibuktikan oleh banyak peneliti. Ini yang akhirnya membuat teh disukai sebagai minuman sehat sehari-hari. Bukan hanya diminum begitu saja, teh juga kerap dicampurkan susu, gula, hingga buah-buahan agar rasanya semakin menyegarkan.
Namun, ada beberapa penelitian yang menyebutkan jika teh yang dicampurkan bahan lain tidaklah baik untuk kesehatan.

1. Mengurangi stres

Melansir organicfacts.net, teh dan susu memiliki sifat menenangkan yang bisa membantu mengurangi stres. Dalam buku Psychopharmacology terbitan tahun 1997, menemukan jika teh dapat melepaskan endorfin dan menormalkan kembali kadar hormon stres.

2. Mengobati penyakit kronis

Seperti yang sudah disebutkan, teh kaya akan antioksidan; seperti katekin dan antioksidan lainnya. Dalam hal ini, antioksidan juga memiliki peran untuk membantu mencegah penyakit kronis serta efek negatif akibat stres.
Hal ini pun sudah diteliti dalam buku “Food Chemistry” tahun 2006. Buku tersebut menunjukkan, pada beberapa jenis antioksidan jumlahnya menurun akibat percampuran teh dengan susu. Namun, bukan berarti hilang, lho, antioksidan masih bisa diserap tubuh hanya saja jumlahnya tidak maksimal.

3. Menurunkan berat badan

Teh dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu mengurangi jumlah kalori yang dapat berpengaruh terhadap berat tubuh. Menurut jurnal terbitan PubMed tahun 2004, teh hijau dapat mengatur jumlah kalori dan lemak dalam tubuh. Dengan begitu, berat badan secara perlahan dapat menurun.
Agar tak menambah lemak, jika ingin meminum teh susu gunakanlah susu kedelai atau susu almond yang rendah lemak. Sehingga, kamu masih bisa menikmati teh susu kesukaanmu tanpa takut bertambah gemuk.

4. Menguatkan tulang

Menambahkan susu dalam secangkir teh buatanmu, sama dengan menambah jumlah mineral yang dapat menjaga kesehatan tulang.
Susu sudah lama dikenal dengan manfaatnya yang baik untuk tulang karena mengandung kalsium. Apalagi diusia senja, susu bisa membantu mencegah penyakit osteoporosis.