Resep Teh Rempah Herbal yang Kaya Akan Manfaat!!!!

Resep Teh Rempah Herbal

kali ini saya akan memebuat artikel tentang resep teh rempah herbal, sedikit tentang pengertianya dan juga manfaat untuk ksehatan tubuh. Selain itu juga ada resep untuk membuat teh tarik madu yang tentunya juga enak dan kaya akan manfaat.

eh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi empat kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.Istilah “teh” juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan jiaogulan.

Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.Teh merupakan sumber alami kafeina, teofilin, dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Cita rasa sedikit pahit dari teh merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Teh bunga dengan campuran kuncup bunga melati yang disebut teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia[1]. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun,

masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia.

1. Resep Teh Rempah Herbal

Resep Teh Rempah Herbal

Bahan-bahan

  • 2 buah kunyit (seukuran telunjuk)
  • 12buah jahe (sejempol)
  • 1 batang kayu manis (seukuran telunjuk)
  • 1 buah lemon
  • 2-3 sdm madu

Cara Membuat

  1. Cuci bersih bahan. Kupas kunyit dan jahe lalu iris tipis. Panaskan air kemudian rebus kunyit, jahe, dan kayu manis. Jangan terlalu lama.
  2. Masukan ke dalam cangkir atau gelas. Tunggu hingga hangat. Setelah hangat masukan perasan lemon/jeruk nipis dan madu.
  3. Minum selagi hangat. Lebih baik diminum ketika perut dalam keadaan kosong (pagi hari)

Manfaat Teh Rempah

Dengan rasa dan aroma yang unik, teh herbal bisa menjadi pilihan minuman yang menarik untuk dicoba. Selain enak, teh herbal bahkan telah diminum sejak ratusan tahun lalu sebagai obat tradisional untuk memelihara kesehatan dan membantu mengatasi berbagai penyakit.

Meski ada kata “teh”, teh herbal sebenarnya sama sekali tidak terbuat dari daun teh. Teh herbal didapat dengan menyeduh rempah-rempah, bunga, buah, daun, atau akar tumbuhan yang dikeringkan. Meski demikian, teh herbal memiliki rasa dan manfaat yang tak kalah nikmat dibanding teh biasa.

Macam-Macam Teh Herbal dan Khasiatnya

1. Teh adas

Secara tradisional, biji adas digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kembung, dan sembelit. Meski begitu, berbagai manfaat teh herbal adas tersebut masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Untuk membuat teh adas, Anda bisa menyeduh 1-2 sendok teh biji adas yang sudah dihaluskan dengan satu gelas air hangat, lalu diamkan selama 10-15 menit sebelum diminum.

2. Teh ginseng

Ginseng yang banyak dikonsumsi di Korea kini juga popular dikonsumsi sebagai teh herbal. Teh herbal ginseng diduga dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kelenturan pembuluh darah, serta menghambat terbentuknya gumpalan atau plak di pembuluh darah. Efek ini dianggap baik untuk kesehatan jantung.

3. Teh jahe

Teh jahe kaya akan antioksidan yang membantu menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Minuman yang satu ini juga dikenal efektif mengatasi mual, terutama mual karena mabuk perjalanan, morning sickness, atau efek samping pengobatan kanker.

Tak hanya itu, jahe pun diduga dapat meredakan sembelit dan nyeri haid, serta mencegah tukak lambung. Bahkan menurut penelitian, teh jahe sama efektifnya dengan obat antinyeri (OAINS) ibuprofen dalam meredakan nyeri haid.