Resep Susu Kedelai Bubuk yang Menyehatkan

resep susu kedelai bubuk

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana resep susu kedelai bubuk yang menyehatkan. Susu kedelai adalah minuman yang berwarna putih yang kekuningan dan terbuat dari bahan kedelai yang telah digiling. Dikarenakan memang warnanya yang putih mirip dengan susu yang dihasilkan oleh hewan sapi, maka minuman ini bisa disebut dengan susu kedelai.

Meskipuan dari namanya “susu kedelai”, tapi kalau menurut para ahli, susu kedelai merupakan yang tidak dapat untuk dikategorikan sebagai susu, dikarena kan susu hanya diproduksi oleh kelenjar susu yang ada pada sapi atau mamalia yang lainnya. Sedangkan itu susu kedelai merupakan berasal dari tumbuhan. Susu kedelai ternyata memang tidak hanya berasal dari Indonesia, melainkan adalah dari Tiongkok. Penemuan susu kedelai ini memang terjadi sekitar pada tahun 1900 tahun yang lalu. Orang yang pertama kali membuat susu kedelai merupakan Raja Huainan yang bernama Liu An yaitu dari dinasti Han.

Resep Susu Kedelai Bubuk

resep susu kedelai bubuk

Bahan:

  • Kedelai secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air panas
  • Air dingin
  • Gula pasir
  • Garam (Opsional)

Peralatan:

  1. Alat penumbuk. Anda dapat menggunakan mesin blender untuk menghaluskan kedelai.
  2. Tampah. Untuk mengupas kulit kedelai nya, kulit kedelai memang perlu dikupas supaya bisa lebih lembut.
  3. Wajan untuk menyangrai biji kedelai.
  4. Kompor sebagai media memasak.
  5. Toples yang sudah bersih, digunakan untuk menyimpan serbuk susu kedelainya. Kedelai yang disimpan ditoples kemudian bisa di tutup dengan rapat dan bisa tahan 1 minggu.
  6. Saringan, hanya untuk media ayakan.
  7. Ember untuk wadah.

Cara Pembuatannya:

  1. Kedelai dibersihkan.
  2. Selanjutnya, kupas kulit kedelainya. Caranya timggal taruh kedelai di tampah dan gosok dengan tangan secara merata, dengan agak sedikit ditekan, otomatis kulit kedelai akan secara perlahan ikut terkelupas. Lalu buanglah kulit kedelainya.
  3. Panaskan wajan selama +- 15 menit untuk mendapatkan panas yang merata.
  4. Setelah itu sangrailah kedelai itu di wajan sampai matang, kemudian tinggal kamu goreng kedelai tersebut di atas wajan dengan sambil diaduk terus menerus yahh. Lakukan selama +-15 menit hingga pecah kulitnya.
  5. Kemudian angkat dan dinginkan dengan waktu selama 5–10 menit lalu tampi untuk menghilangkan abu dan kulit yang telah terpisah dari bijinya.
  6. Setelah sudah matang, tumbuk dengan kasar supaya memisahkan kulit dengan bijinya, lalu tampi lagi sampai tidak ada kulitnya. Kalian dapat juga menggunakan blender untuk proses penumbukannya.
  7. Kemudian tumbuk lah sampai halus, lalu bisa oleh kalian tinggal diayak. Tujuannya memang supaya tambah lembut dan halus. Kalau hasil blender memang sudah halus, tidak perlu melakukan tahap ini.
  8. Simpan bubuk kedelai nya ke dalam toples atau plastik kemasan. Simpan di toples yang sudah bersih dan kering serta kalian jauhkan dari jangkauan anak-anak yahh.

Manfaat Susu Kedelai yang Harus Kamu Ketahui

resep susu kedelai bubuk

1. Mencegah Penuaan Dini

Susu kedelai ternyata memang mengandung isoflavon yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Selain itu memang, isoflavon merupakan zat anti-aging yang dapat juga membantu untuk menghambat pada saat proses penuaan dini.

Kolagen pada susu kedelai ini juga memang sangat membantu untuk menjaga elastisitas pada kulit kalian. Kandungan air pada susu ini yang juga akan dapat menjaga kelembaban pada kulit. Maka dari itu, hanya sekedar dengan meminum susu kedelai ini dengan secara rutin, kulit kalian akan senantiasa terasa kenyal dan memang tidak akan kering.

2. Menjaga Stabilitas Tekanan Darah

Dan susu kedelai ternyata memang mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat berperan sebagai pembentukan fito-antioksidan yang kuat. Fito-antioksidan inilah yang memang untuk melindungi darah dari sebuah luka dan pendarahan.

Selain itu juga, fito-antioksidan juga bisa mengikat lapisan pada pembuluh darah dan menjaga pada lapisan sel tersebut dari serangan radikal bebas serta menjaganya dari tumpukan kolesterol. Pengikatan pada lapisan sel tersebut akan dapat meningkatkan kestabilan aliran darah dan fleksibilitas pada pembuluh darah yang akan dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan normal.

Demikian tadi bagaimana resep susu kedelai bubuk yang menyehatkan, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.