Resep Sosis Gulung Telur Balado Yang Enak Dan Mudah Dibuat

resep sosis gulung telur balado

Telur gulung mungkin sudah sangat familiar di telinga, khususnya untuk kamu yang gemar akan jajanan kaki lima satu ini. Namun, ternyata masih ada banyak kreasi kuliner jalanan satu ini, lho! resep sosis gulung telur balado bisa jadi salah satu yang bisa dicoba.

Jika anda sudah mulai bosan dengan sosis bakar, anda bisa mengkreasikan makanan yang satu ini. Bahan serta cara pembuatan juga mudah. Dengan bahan yang sederhana dan proses memasak yang tak memakan waktu lama, resep sosis gulung telur balado berikut bisa anda coba sendiri di rumah. Selain membahas tentang cara membuat yakiniku halal, disini saya akan membahas tentang resep sosis gulung telur balado.

Resep Sosis Gulung Telur Balado

Bahan-Bahan:

  • Sosis 5 buah
  • Telur ayam 3 butir
  • Air matang 30 ml
  • Tepung kanji 1 sdm
  • Bawang putih 1, haluskan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Bubuk Balado Secukupnya

Resep Sosis Gulung Telur:

  1. Kocok telur ayam bersama bawang putih yang telah dihaluskan, garam, kaldu bubuk, dan tepung kanji yang sebelumnya telah dilarutkan ke dalam air.
  2. Tambahkan Bubuk balado sesuai selera. Aduk adonan telur ini hingga merata.
  3. Sosis dipotong menjadi 2 bagian agar sosis tidak terlalu panjang, tusuk dengan tusuk sate dan goreng sosis dengan minyak panas hingga matang dan sedikit mengembang.
  4. Tuangkan telur sebanyak satu sendok sayur ke atas minyak panas dengan jarak yang agak tinggi agar adonan telur menyebar dan melebar.
  5. Masukkan sosis dari bagian paling ujung telur yang tengah digoreng dan gulung hingga semua adonan telur menutupi sosis.
  6. Tiriskan sosis  telur gulung, Taruhlah diatas nampan yang sudah diberi tissue agar minyak meresap pada tissue
  7. Sajikan sosis telur gulung  dengan saus sambal ataupun saus mayonaise.

Manfaat Mengkonsumsi Telur

  • Menjaga Perut Tidak Cepat Lapar

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, khasiat telur bisa menjaga perut terasa penuh lebih lama, sehingga tidak cepat merasa lapar. Rochester Centre of Obesity di Amerika mengungkap jika memakan  2 butir telur rebus saat sarapan bisa memangkas kebutuhan kalori sekitar 400 kalori sepanjang Hari.

  •  Meningkatkan Kekuatan Otak

Sebutir telur berukuran sedang mengandung sekitar 250 mg choline, senyawa penting yang dibutuhkan dalam perkembangan otak janin dalam kandungan. Ibu hamil yang mengonsumsi 550 mg choline setiap hari akan melahirkan bayi dengan daya ingat yang lebih kuat.

  • Mencegah Kebutaan Pada Lansia

Bagian yang disebut-sebut mengandung banyak kolesterol yakni kuning telur punya kandungan lain yang sangat penting yakni senyawa lutein. Jika dikonsumsi secara rutin, lutein bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis kebutaan yang dipicu oleh proses penuaan.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Asalkan sarapan telur rebus tidak berlebihan, kandungan kolesterol dalam kuning telur tidak akan membahayakan jantung dan pembuluh darah. Jika kandungan lemak baik atau omega 3 yang tinggi  justru dapat memperbaiki sirkulasi darah serta meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

  • Memberikan Nutrisi Untuk Awet Muda

Cara agar tidak cepat keriput, wanita membutuhkan asupan protein 45g per hari, sementara pria butuh 55g per hari. Ukuran sedang telur ayam mengandung 8 gram protein.  2 butir telur ayam sudah memenuhi dari sepertiga kebutuhan protein pada wanita atau hampir sepertiga kebutuhan protein pada pria.

  • Mencegah Penyakit Mata

Kuning telur banyak mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Nutrisi dari kedua telur tersebut memiliki khasiat dapat membantu mencegah penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

  • Mengurangi Risiko Cacat Tabung Saraf

Kolin dan folat terkandung dalam kuuning telur yang cukup tinggi. Nutrisi dari kedua jenis ini  berperan penting dalam menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin dan memastikan otak janin dapat berkembang dengan baik. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa kolin dan folat dapat mengurangi kekambuhan gejala asma.

Nah, itulah resep sosis gulung telur balado. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba sendiri dirumah.