Resep Siomay Ikan Tongkol yang Lezat

resep siomay ikan tongkol

Oke sobat pada artikel kali ini saya akan memberikan satu resep siomay ikan tongkol yang lezat,,gurih,,,nikmat,,, dan hanya itu yang bisa saya ucapkan ketika sedang menyantap makanan yang satu ini. Siomay ini merupakan makanan berbentuk bulat dan kenyal yang berisikan daging ikan gurih, disiram bumbu kacang dan kecap. dan kini sudah menjadi salah satu makanan yang banyak di gemari masyarakat di tanah air. apakah ada yang tahu asal mula siaomay berasal dari mana?  kalo kalian belum tahu mari kita simak bersama-sama.

Makanan sioamy ini awal mulanya berasal dari Tiongkok (China). Jenis makanan ini dibawa ke Indonesia oleh para pedagang-pedagang dari Tiongkok ketika mereka berdagang di Indonesia, dan hingga saat inilah makanan ini selalu menjadi penghias menu tempat kuliner yang ada di Indonesia.

Siomai atau siomay kalau dalam bahasa Mandarinnya, makanan ini disebut dengan shaomai, sementara dalam bahasa Kantonnya disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini di sebut shaomai. Kulit siomay ini adalah serupa dengan kulit pangsit.

Di indonsia sendiri makanan siomay ini cukup melekat pada nama yang ada didaerah Jawa Barat yaitu Kota Bandung yang awal mulanya siomay Bandung ialah ketika seorang Ibu yang berketurunan Cina akan tetapi sekarang menjadi warga Bandung, beliau pernah memenangi kejuaraan membuat siomay pada acara Cap Go Meh. Dari sejak itulah nama Bandung melekat pada makanan siomay ini.Supaya semuanya tahu resep membuat siomay ikan tongkol mari kita simak bareng-bareng resepnya sebagai beriku :

resep siomay ikan tongkol

 

 

Cara Membuat Siomay Ikan Tongkol :

Bahan-Bahan :

  • 200 gram fillet tongkol kemudian haluskan
  • 3 siung bawang putih haluskan
  • 2 helai daun bawang
  • Secukupnya garam,penyedap,lada
  • 2 butir telur
  • 5 sendok makan tapioka
  • 2 sendok makan terigu
  • Kulit pangsit,tahu dipotong segitiga
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah cabe merah dan buang bijinya
  • 1 genggam kacang tanah
  • 250 ml air
  • Secukupnya garam,gula merah
  • Kol,kentang, telur

Cara Membuat Siomay Ikan Tongkol :

  1. Siomay/Baso tahu : campur semua bahannya  jadi satu, kecuali kulit pangsit. Test rasa dg cara menggoreng sdkit adonan.
  2. Kalau rasa sudah pas. Ambil satu lembar kulit pangsit/tahu lalu isi dengan 1 sendok makan adonan, lakukan sampe adonan habis. Kemudian kukus dalam panci yang sudah dipanaskan sebelumnya kurang lebih 20 menit dan kol,kentang,telur juga dikukus.
  3. Saus kacang : Kacang tanah, bawang putih, dan cabe merah disangrai sampai matang. Kemudian haluskan bisa diulek ataupun dengan menggunakan blender. Masak lagi di api kecil dengan menambahkan air satu gelas, dan tambahkan juga gula merah & garam. Test rasa, saus dimasak samapai kental dan mengeluarkan minyak.
  4. Kalau mau djadikan batagor juga bisa, tinggal goreng siomay dalam minyak panas. Sajikan dengan saus kacang, kecap dan sambal.

Manfaat yang Terkandung Dalam Ikan Tongkol :

resep siomay ikan tongkol

1. Menjaga Kesehatan Mata

Ada salah satu sumber yang menyebutkan bahwa, penelitian yang sudah dilakukan oleh John Hopkins School of Medicine mengungkapkan bahwa ada kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol ini, dan dapat mengurangi resiko mengalami penyakit AMD (Age Macular Disease) atau bisa dikenal dengan jenis penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan. Selain itu, kandungan omega 3 ini juga dapat menurunkan angka resiko anda mengalami kerusakan pada mata.

2. Uencegah Ejakulasi Dini

Ternyata, ikan tongkol ini tidak hanya dagingnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi pada bagian insangnya juga dapat membantu untuk mengatasi dan bantu mencegah ejakulasi dini.

3. Bantu Menjaga Kesehatan Jantung

Selain untuk menjaga kesehatan mata dan tubuh, kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol ini juga mampu bantu menjaga kesehatan pada jantung anda. Karena didalam kandungan omega 3 ini juga dapat bantu menjaga detak jantung sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung.

Demikian tadi resep sioamy ikan tongkol yang lezat mudah dan praktis. Selamat mencoba dirumah dan semoga resep yang saya berikan ini dapat bermanfaat terima kasih 😄