Resep Selai Durian Roti yang Halus dan Harum

resep selai durian roti

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana resep selai durian roti yang halus dan harum. Alangkah enaknya bila kita bisa buat selai durian nya untuk berbagai keperluan makanan yang baik sebagai pelengkap memasak maupun untuk bahan isian kue-kue kering, seperti selai durian untuk nastar, selai durian untuk roti. Buah durian ini selain enak untuk dibuat tempoyak memang sangat bagus juga dibuat menjadi selai di karenakan lebih tahan lama dan multifungsi atau serbaguna supaya bisa dipakai diberbagai masakan seperti bubur, kue kering dan juga kue basah.

Resep Selai Durian Roti

resep selai durian roti

Bahan:

  • buah durian mengkal atau matang 500 gr
  • pasta durian 1 sendok teh
  • tepung meizena 10 gr
  • air 200 ml
  • gula pasir 200 gr

Cara Membuat nya:

  1. Pisahkan daging buah durian dengan bijinya
  2. Setelah itu buah durian dihaluskan dengan cara diblender
  3. Setelah itu rebus air bersama gula sampai airnya mendidih dan juga gula sampai larut
  4. Dan buah durian yang sudah halus, bisa kalian masukan kedalam air rebusan gula itu
  5. Aduk-aduk hingga meletup-letup dan bisa kalian tambahkan tepung meizena dan juga pasta durian
  6. Aduk lagi sampai semua bahan tercampur merata dan tunggu sampai matang hingga sedikit kering
  7. Angkat selai durian dan diamkan hingga dingin lalu masukkan kedalam toples dan siap untuk dinikmati

Sajikan makanan pelengkap ini dengan roti tawar atau jenis makanan yang lainnya sehingga selai durian ini memiliki rasa yang semakin enak.

Manfaat Mengkonsumsi Durian

resep selai durian roti

Buah durian adalah salah satu dari buah yang memiliki banyak sekali penggemar dari berbagai kalangan. Di negara indonesia, buah durian juga dapat dengan mudah ditemukan dan hadir di dalam berbagai bentuk serta olahan seperti permen hingga es krim pun ada. Dan juga pada buah ini yang hanya berbuah setiap satu tahun sekali ini, memanglah memiliki bau yang sangat khas dan juga rasa nya yang sangat manis sekali. Selain itu memang kelezatannya, dari buah durian ini juga yang ternyata memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh kita.

1. Meredakan anemia

Anemia adalah suatu kondisi medis yang akan menyebabkan kurangnya tingkat hemoglobin pada darah kita. Dan ternyata kekurangan pada hemoglobin dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia dll. Anemia pada seorang wanita yang sedang hamil akan mempengaruhi janin seperti menyebabkan kelainan hingga pada kematian.

Kandungan pada asam folat yang sangat tinggi pada buah durian sangat penting dalam memproduksi hemoglobin dan juga mengurangi kondisi anemia. Selain itu juga, pada asam folat dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan yang secara teratur dan melindungi pada otak serta tulang belakang bayi.

2. Membantu menjaga kesehatan tulang

Ternya pada kandungan logam yang termasuk juga kalium dan kalsium pada buah durian yang dapat juga membantu agar menjaga tulang dan senantiasa selalu sehat. Kalium sangat penting untuk mengatur penyebaran dan pengendapan kalsium dalam tulang sehigga tidak larut atau dilepaskan ke dalam darah secara berlebihan.

3. Membantu meringankan depresi dan meningkatkan kualitas tidur

Amino acid yang diketahui merupakan sebagai triptofan yang didalam buah durian juga merupakan senyawa pemicu tidur yang sangat alami. Triptofan dapat juga untuk meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang diperlukan untuk mengelola emosi kita. Kedua bahan kimia ini memang juga dapat mengurangi stres, sulit idur, kecemasan, nafsu makan serta juga depresi. Selain itu, senyawa ini memang sangat peting untuk mengatur fungsi tidur dan dapat digunakan di dalam penyembuhan pada epilepsi.

Demikian tadi bagaimana resep selai durian roti yang halus dan harum, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.