Resep Roti Sobek Kukus yang Cocok Untuk Sarapan

Kali ini saya akan membuat artikel tentang resep roti sobek kukus, sedikit pengertian tentang roti kukus dan juga tentang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga ada resep coklat panas klasik yang cocok untuk menemani anda saat memakan roti sobek kukus.

Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu.

Roti termasuk makanan pokok di banyak negara Barat. makanan yang satu ini adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Roti biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi segar yang dikemas rapi dalam plastik.

Makanan yang sati ini juga adalah makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan. Kemungkinan pada waktu itu tepung sudah mulai diekstraksi dari umbi-umbian, misalnya dari tumbuhan jenis Typha dan tumbuhan paku.

1. Resep Roti Sobek Kukus

Resep Roti Sobek Kukus

Bahan-bahan

  • 15 sdm Tepung Pro Tinggi
  • Gula Pasir 2sdt penuh
  • 1 sdt Fermipan
  • 1 butir Telur
  • SKM dingin 70ml *carnation
  • 100 ml Susu Cair Dingin
  • Mentega 50gr *dicairkan
  • Garam
  • DCC *Colatta
  • Kacang Ijo
  • Keju

Cara Membuat

  1. Campur tepung pro yg di ayak. Fermipan. N gula pasir. Aduk dgn spatula. Kemudian masukkan telur. Aduk
  2. Campur SKM & Susu cair. Tuang ke dalam adonan step by step sambil diuleni. Lalu tambahkan margarin cair & garam.
  3. Uleni hingga kalis. Lalu tutup rapat. Tunggu hingga adonan mengembang. Lalu kempiskan
  4. Siapkan loyang yg udah diolesi mentega. Kemudian bentuk adonan dgn isian toping sesuai selera,
  5. lalu masukkan ke dalam loyang.
  6. Setelah itu biarkan dl sbntr hingga ngembang kembali. Lalu panaskan dandang, tunggu hingga mendidih lalu kukus selama 25menit.
  7. Bungkus tutup dandang dgn kain bersih. NB : untuk bentuk adonan, tingginya jgn lewat setengah dr tingginya loyang krn adonan akan ngembang lg saat dikukus. Takutnya bantet.

Manfaat Roti

Roti gandum digemari karena selain rasanya lezat, kandungan gizi roti gandum juga cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis roti tawar lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat roti gandum bagi kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan!

1. Kenyang lebih lama

Manfaat roti gandum yang pertama adalah dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Ya, roti yang terbuat dari gandum, terutama gandum utuh, diklaim akan diproses lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan dengan roti tawar lainnya. Hal ini yang membuat roti gandum sangat direkomendasikan untuk seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

2. Lebih kaya nutrisi

Manfaat roti untuk kesehatan selanjutnya adalah kandungan nutrisinya yang lebih tinggi.

Roti gandum yang kaya nutrisi dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Makanan bergizi ini juga sangat baik untuk pertumbuhan sehingga cocok dikonsumsi semua kalangan, termasuk anak-anak dan juga ibu hamil.

3. Kalori lebih rendah

Kandungan nutrisi roti gandum memang lebih tinggi, tapi kalorinya justru lebih rendah.

Hal ini merupakan keunggulan lain dari roti gandum. Roti gandum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, namun dengan asupan kalori yang tidak terlalu tinggi. Manfaat roti gandum yang satu ini juga yang membuat roti gandum menjadi pilihan untuk menu menurunkan berat tubuh.

4. Mencegah obesitas

Manfaat roti gandum tidak hanya dapat menjadi salah satu menu untuk menurunkan berat badan, tapi dapat juga berguna untuk menjaga berat tubuh ideal Anda. Ya, salah satu cara untuk menjaga berat tubuh ideal adalah memang dengan cara menjaga asupan makanan.