Resep Roti Pizza Mushroom yang Unik dan Pastinya Enak

Resep roti pizza mushroom

Ada banyak macam resep cara membuat roti pizza, salah satu nya adalah cara membuat roti pizza mushroom. Kali ini saya akan memberikan sebuah cara membuat roti pizza mushroom. Mari kita baca ulasan berikut ini!

Siapa yang dapat menolak kenikmatan pizza? Makanan khas dari negara Italia ini sudah tersebar di seluruh penjuru dunia dan menjadi makanan kegemaran yang praktis bagi semua kalangan.

Kue berbentuk bundar dan tipis dengan topping saus tomat, keju, daging atau sayuran dan herbs ini mempunyai cita rasa gurih, aromanya juga akan membuat kamu ingin mencoba paling tidak satu slice saat melihatnya.

Pizza jamur sedang menjadi makanan yang digemari. Semakin banyak kios-kios makanan yang menjual pizza jamur. Pastinya, pizza jamur yang spesial ini pun disukai oleh si kecil lho. Yuk kita simak resep nya!

Resep Roti Pizza Mushroom

Di Amerika, pizza ini ‘bersalin wajah’ lewat beberapa modifikasi, dan namanya menjadi mushroom pizza. Perbedaannya terletak pada ketebalan roti dan adonan topping.

Adonan roti biasanya menggunakan ragi supaya lebih mengembang dan tebal. Topping-nya pun tidak berbahan dasar pasta tomat, melainkan krim kental.

Resep roti pizza mushroom

Bahan-bahan:

  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 5,5 gr ragi instant
  • 50 ml minyak goreng
  • 300 ml air hangat
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Bahan saus:

  • Saus bolognese siap pakai

Bahan topping:

  • Jamur champignon, iris tipis (sebagian dicincang kasar)
  • Tomat, cincang
  • Bawang bombay, cincang
  • Keju mozzarella
  • Keju cheddar
  • Oregano

Cara membuat:

  1. Campur rata terigu dan ragi, tambahkan garam, aduk rata, tambahkan air hangat dan minyak goreng, aduk dengan spatula sampai merata
  2. Uleni perlahan sampai sedikit kalis, bulatkan, proofing sampai mengembang
  3. Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi 4, bulatkan
  4. Ambil adonan, tata dalam loyang, ratakan
  5. Lumuri saus, tata jamur, bawang bombay, tomat, taburkan keju mozzarella, keju cheddar dan oregano di permukaannya, panggang sekitar 25 menit
  6. Pizza hangat siap disantap.

Berikut manfaat mengkonsumsi pizza

1. Adonan Pizza

Adonan pizza yang dipanggang menggunakan teknik yang tepat, membuat adonan pizza memiliki kandungan antioksidan. Manfaat lainnya, pizza mempunyai kandungan serat, karbohidrat dan nutrisi bagi tubuh.

2. Saus yang kaya likopen

Saus tomat yang dioleskan di atas adonan sebelum ditambahkan toping ternyata tak sekadar saus penambah kenikmatan pizza. Sangat banyak Kandungan likopen pada saus tomat.

Karena dalam proses memasak dan pembuatan tomat menjadi saus, kandungan air yang ada pada dalam tomat menguap sehingga konsentrasi antioksidan dalam saus lebih tinggi.

3. Keju

Taburan keju yang berada di dalam pizza, kaya akan kalsium dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Keju yang kaya akan kalsium dapat membuat tulang kuat dan mencegah osteoporosis.

4. Sayuran

Tidak hanya saus, keju dan daging, dalam pizza juga ada sayuran yang ditabur diatasnya. Nah manfaat dari sayuran tersebut sangat baik untuk tubuh.

Karena sayuran yang digunakan tomat, paprika hijau, asparagus yang kaya akan antioksidan. Bawang kaya kromium, vitamin C, dan serat.

Zat-zat itu membantu mengurangkan gula darah, kolesterol serta tekanan darah. Toping lainnya yaitu lada merah besar juga kaya akan vitamin C, A, dan B6.

Demikian resep roti pizza jamur dari saya, tapi roti goreng isi ayam juga tidak kalah enak nya lho dengan  roti pizza… ya mungkin saja para ibu ingin mencoba nya untuk camilan sehat si kecil. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba!!