Resep Pisang Nugget Enak dan Kaya Akan Manfaat

Resep Pisang Nugget

Kali ini saya akan membuat artikel tentang resep pisang nugget dan juga tentang manfaat yang ada dalam buah pisang untuk kesehatan tubuh. Selain itu ada juga resep kue basah kukus yang tidak kalah enak dari pisang nugget.

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminataM. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.

Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis.

Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang.

Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.

1. Resep Pisang Nugget

Resep Pisang Nugget

Bahan-bahan

  • 10 buah pisang (gember)
  • 1 butir telur(kalo pisangnya tidak terlalu matang pakai 2 ya)
  • 250 gram tepung terigu
  • 5 Sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 bungkus panili
  • 5 Sdm tepung terigu
  • Secukupnya air
  • 250 gram tepung roti
  • 500 ml minyak goreng

Cara Membuat

  1. Pertama kupas semua pisang, lumat hingga halus lalu masukan telur, gula dan garam, aduk sampai rata
  2. Kemudian masukan tepung terigu sedikit2 sambil di aduk2, setelah semua tercampur rata, siap kan loyang yg sudah di olesi minyak goreng/ mentega
  3. Masukan adonan dalam loyang, dan kukus sampai matang(tusuk dgn lidi/tusuk sate, jika masih melekat itu tandanya masih mentah)
  4. Setelah matang angkat diamkan sampai dingin, sambil menunggu nugget dingin, siapkan adonan tepung terigu dan air, untuk lapisan
  5. Setelah dingin siap untuk di potong2 sesuai selera, setelah di potong, masukan ke dalam adonan tepung tadi, lalu gulung dalam tepung roti, tepuk2 lalu sisihkan,

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Nah, berikut 20 khasiat pisang yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan manfaat pisang.

1. Sumber energi

Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di dalam pisang diubah menjadi sumber tenaga secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Baik ibu hamil

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Mengatasi anemia

Sebanyak dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Mengatasi penyakit usus dan perut

Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.

Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong.

Pisang utuh ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.