Resep Pepes Ikan Khas Minang yang Mantap

resep pepes ikan khas minang

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang resep pepes ikan khas minang yang sangat enak dan sederhana dan menggugah selera. Pepes ini cita rasanya sangat kuat lho bumbunya juga meresap kedalam daging. Selain membahas tentang resep klapertart kukus, kali ini saya akan membahas tentang resep pepes ikan.

Ikan Mas atau Ikan Karper adalah ikan air tawar yang memiliki nama latin Cyprinus Carpio, ikan mas ini bernilai ekonomis dan sudah tersebar luas di Indonesia. Di Indonesia ikan mas mulai dipelihara dan dikembangbiakkan sekitar tahun 1920-an. Ikan mas yang ada di Indonesia dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

Ikan ini hidup di sungai, danau, atau kolam dengan tingkat kandungan garam air laut yang kurang dari 0,05 persen. Mujair, lele, gurame, mas, nila, dan bawal menjadi sebagian jenis ikan yang populer. Ikan umumnya memiliki karakteristik tulang yang lebih kecil dibandingkan ikan air laut.

Kandungan gizi pada ikan ini sangat tinggi. Ikan mengandung protein hampir sebanyak 30 persen asupan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa. Ikan ini juga rendah lemak dan mengandung asam lemak omega-3, meski tak setinggi ikan air laut.

Pepes

Merupakan sesuatu cara yang sangat khas dari daerah Jawa Barat untuk mengolah bahan makanan yang biasanya berbahan ikan. Menggunakan bantuan daun pisang untuk membungkus daging ikannya dan beserta bumbunya. Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur/dibalut bersama ikan mas yang sudah dibersihkan.

Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering. ikan ini juga dapat dijadikan berbagai masakan dari resep masakan minang yang sangat enakk.

Resep Pepes Ikan Khas Padang

Bahan Bahan:

  • 4 Ekor ikan mas segar
  • 3 buah belimbing sayur
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 tangkai serai kemudian iris halus bagian putihnya
  • 4 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 ikat daun kemangi
  • daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 7 butir cabai merah
  • Gula merah 2 sdm (kemudian iris)
  • 2 cm kencur
  • 2 cm kunyit
  • garam secukupnya

Cara Membuat Resep Pepes Ikan Khas Minang :

  1. Bersihkan ikan mas segar, lalu gurat-gurat badannya. Remas-remas belimbing sayur, dan balurkan ke ikan mas, kemudian sisihkan.
  2. Aduk bumbu yang dihaluskan bersama minyak goreng dan serai. Balurkan ke ikan mas. Diamkan selama 20 menit.
  3. Ambil selembar daun pisang, beri selembar daun salam dan daun jeruk. Kemudian letakkan seekor ikan mas  dan beri sedikit bumbu halus. Bungkus, kemudian semat kedua ujungnya dengan lidi. Setelah semua selesai kukus selama 45 menit. Angkat dan garang diatas bara api hingga pepes agak kering.

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Tubuh:

1.Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi ikan air tawar baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sejumlah penelitian menunjukkan, ikan jenis ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan lemak yang rendah, tinggi protein, dan asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan jantung.

2.Kesehatan Otak

Ikan ini juga menjaga kesehatan otak. Fungsi otak manusia menurun seiring bertambahnya usia. Konsumsi ikan dapat menghambat penurunan fungsi otak, terutama bagian emosi dan memori.

3.Mengatasi Depresi

Rutin makan ikan jenis ini juga dapat mengurangi stres dan depresi. Kandungan omega-3 di dalam ikan dapat berperan sebagai antidepresan.

4.Meningkatkan Kualitas Tidur

Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu pembentukan vitamin D. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan juga fungsi tubuh terkait vitamin D.

5.Mengurangi risiko penyakit autoimun

Nutrisi dalam ikan air tawar dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, artritis reumatoid, dan sklerosis multipel.

Manfaat makan ikan air tawar ini bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Orang dewasa disarankan makan dua porsi ikan setiap minggunya.

Mungkin hanya itu ulasan tentang resep pepes ikan khas minang yang sangat enak. Selamat Mencoba!