Resep Nugget Lele Enak Dan Juicy!

resep nugget lele

Resep Nugget Lele adalah resep membuat nugget yang bahan dasarnya adalah Ikan Lele, dan disini saya akan membagikan resep dan manfaatnya juga kepada teman-teman yang sudah berkunjung ke artikel saya.

Resep Nugget Lele

resep nugget lele

Bahan-Bahan :

  • 1/2 kg ikan lele
  • 1 putih telur
  • 3 sdm terigu
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada butir
  • Tepung panir
  • Secukupnya garam
Bahan Pencelup :
  • 3 sdm terigu
  • Secukupnya air

Langkah-Langkah :

  1. Bersihkan ikan lele kemudian kukus selama 10 menit
  2. Pisahkan daging dari tulangnya kemudian blender bersama putih telur, ulek bawang putih bersama lada
  3. Campurkan ikan yang sudah diblender bersama terigu, bumbu halus dan garam aduk hingga rata kemudian tempatkan di wadah tahan panas atau loyang. Kukus selama 25 menit
  4. Setelah dingin keluarkan dari loyang dan potong-potong. Campurkan terigu dengan air kemudian celupkan potongan nugget dan balur dengan tepung panir
  5. Goreng dalam minyak panas api sedang hingga kecoklatan

Manfaat Ikan Lele

resep nugget lele

Kalau sudah jadi begini, siapa yang tidak mau??? Wah pasti Enak dan sangat menyehatkan.. ada abon ikan lele, krispy lele, stick lele, nugget lele, dan masih banyak lagi. Yuk kenali 7 manfaat dari ikan lele :

1. Sebagai sumber Protein

Mengkonsumsi ikan lele dapat memenuhi kebutuhan protein yang cukup tinggi yaitu sekitar 25%. Tentu dengan menghadirkan olahan lele yang kaya protein akan menjadi pelengkap mutu protein yang ada dalam menu makan Anda.

Tahukan teman-teman bahwa, hampir 80% ikan air tawar darat mengandung protein dengan kadar sistin dan metionin yang tinggi. Leusin berguna untuk membantu proses pertumbuhan pada anak, pembentukan dan perombakan otot.

Metionin adalah zat kimia yang bisa membantu hati dalam memproses lemak dalam hati. Sedangkan Lisin membantu proses pertumbuhan anak, sedang pada proses pengobatan penyakit herpes diperlukan lisin yang akan menjadi kerangka untuk niasin.

2. Kaya Phospor

Kandungan phospor yang ada pada ikan lele mencapai 168 mg/ 100 gram ini sudah terbukti lebih tinggi dibandingkan phospor yang terdapat pada telur yang hanya 100 mg. Phospor juga sangat dibutuhkan bagi para ibu hamil karena berguna sebagai pembentukan tulang pada calon bayi. Jika asupan phospor pada ibu hamil kurang, maka janin akan mengambil phospor dari tulang sang ibu. Inilah penyebab terjadinya osteophorosis

3. Kaya Omega 3

Omega 3 sangat dibutuhkan balita, ibu hamil sampai usia lanjut. Pada balita untuk meningkatkan kecerdasan otak. Ibu hamil sangat dianjutkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya omega 3 untuk perkembangan otak janin dikandungnya.

Juga penting untuk perkembangan fungsi penglihatan dan saraf bayi. Mengkonsumsi omega-3 dari ikan lele dengan kadar yang tidak berlebihan sangat baik dibandingkan mendapatkannya dari suplemen kimia.

4. Kesehatan Kardiovaskuler

Syarat sebuah makanan dikatakan baik untuk kesehatan jantung adalah jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari  5 : 1. Tauhkah kamu, perbandingan kalium dan natrium pada ikan lele yang mencapai 24,5 : 1 (tergolong tinggi)  sehingga sangat baik untuk kesehatan cardio dan pembuluh darah Anda. Kalium berfungsi sebagai :

  • Membantu dalam pengendalian tekanan darah
  • Sebagai pembersih CO2 (karbondioksida) yang terdapat di dalam darah
  • Sebagai pemicu simpul syaraf dan kerja otot .
  • Melancarkan kiriman oksigen menuju otak
  • Melancarkan keseimbangan kadar cairan dalam tubuh Anda.

5. Rendah lemak

Pada produk abon ikan lele alang37alang memiliki kandungan lemak sebesar 11 mg/10 gram dengan 0 kolestrol. Kandungan lemak yang ada pada ikan lele ialah lemak dengan sifat yang lumayan sederhana, yaitu trigliserida yang netral.

Lemak rendah ini banyak terdapat di bagian perut lele, terutama pada tubuh lele bagian bawah serta yang ada di dalam hati ikan lele. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. Karena rendah lemak maka kolesterol secara tak langsung dapat ikut tertekan.

6. Sumber Protein Pendek

Ikan lele tergolong sumber protein pendek artinya lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh Anda dan sangat aman untuk sistem pencernaan tubuh terutama terlihat ketika anda mengkonsumsi daging yang mudah di cerna, lele menjadi pilihan utama.

7. Kaya Serat

Ikan lele mengandung serat yang cukup tinggi. Produk Abon Lele di Alang37Alang mengandung serat 1 mg/ 10 gram. Penelitian menunjukan bahwa konsumsi jangka panjang dengan mengkonsumsi makanan kaya serat dapat menguangi resiko kematian akibat penyakit inflamasi.

“Manfaat yang bisa didapatkan dari lele memang sangatlah terkenal penting bagi ibu hamil, kandungan omega 3 serta protein yang sangat tinggi membuat ikan ini menjadi gudang gizi yang diperlukan ibu hamil dan janinnya. Lele, juga menjadi ikan yang sangat baik sebagai pencegah berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung juga bisa menjaga pembuluh darah tetap baik.”

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Nugget Lele yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Resep Nugget Ayam teman-teman juga akan menemukan banyak manfaat nugget yang lainnya disana.

Semoga bermanfaat semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!