Resep Minuman Jahe Nanas yang Sangat Menyegarkan

Resep Minuman Jahe Nanas

kali ini saya akan membahas tentang resep minuman jahe nanas dan beberapa mengenai manfaat jika meminum minuman jahe secara rutin.

Tidak hanya itu saja saya juga membuat artikel tentang resep teh rempah herbal yang tentunya tidak kalah nikmat dengan minuman jahe

Minuman jahe merupakan hidangan minuman sari jahe yang berasal  tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur, Indonesia yang umumnya disajikan hangat atau panas.

 wedang jahe juga kadang disebut sebagai teh jahe, meskipun sama sekali tidak mengandung atau menggunakan daun teh. “Wedang” sendiri adalah istilah dari bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”.

Walaupun tidak memiliki kandungan kafeina, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh.Minuman yang satu ini dibuat dari irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas.

Selain menggunakan bahan jahe segar, masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan yang umum di resep tradisional mereka. Terkadang rempah-rempah seperti daun pandan.

1. Resep Minuman Jahe Nanas

Resep Minuman Jahe Nanas

Bahan-bahan

  • 1 ruas rimpang jahe
  • 1 batang sereh besar
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 butir buah jeruk nipis
  • Daun jeruk (jika ada)
  • Biji telasih
  • Madu
  • 1 buah nanas
  • secukupnya Air

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan. Kupas jahe dan buah nanas. Lalu cuci jahe, sereh, daun pandan, daun jeruk, buah jeruk dan buah nanas.
  2. Potong2 daun sereh, jahe, daun pandan, daun jeruk(jika ada), tambahkan air lalu rebus hinggamatang.
  3. Setelah matang mendidih, siapkan mangkok/cangkir. potong2 nanas tipis2 masukkan dlm mangkok/cangkir.
  4. Siapkan biji telasih yg sdh disiangi, ambil 1 sendok masukkan dalam mangkok/cangkir yg sdh ada namanya tadi, tambahkan perasan jeruk nipis, tambahkan madu sesuai selera.
  5. Selanjutnya tambahkan air jahe yg sudah matang tadi.
  6. Wedang jahe jeruk nanas siap di santap. Bisa disantap saat hangat, maupun dingin. Selamat menikmati.

Manfaat Segelas Minuman Jahe

1. Cegah Sakit Perut

Menambahkan jahe ke dalam air dapat meredakan atau mencegah masalah perut. Senyawa kimia yang ditemukan dalam jahe akan membantu proses pencernaan.

Bukti itu juga diungkap dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytochemistry. Jahe bisa meredakan tekanan lambung.

2. Meredakan Mual

Jahe juga dikaitkan dengan memiliki potensi sifat anti-inflamasi, mengurangi kecemasan, dan mengendalikan gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1.500 mg bubuk jahe setiap hari dalam dosis kecil bermanfaat untuk mengurangi mual.Maka konsumsi jahe bisa menjadi pilihan yang baik bagi pasien kanker yang menjalani perawatan kemoterapi.

3. Tambah Energi

Lelah setelah olahraga akan pulih kembali ketika minum air jahe. Sehingga air jahe bisa mengisi kembali karbohidrat sambil mengurangi mual.

4. Anti Nyeri

Jahe juga memiliki efek anti-inflamasi, yang dapat bermanfaat bagi semua atlet, terutama yang menderita nyeri sendi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arthritis & Rheumatology, para atlet sebagai responden dengan nyeri lutut diberikan ekstrak jahe dua kali sehari.

Mereka yang mengonsumsi suplemen jahe melaporkan pengurangan nyeri sebanyak 13 persen.Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 gram jahe mentah setiap hari terbukti 25 persen lebih sedikit merasakan nyeri.

5. Turunkan Kolesterol

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Saudi Medical Journal menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi 3 gram jahe per hari

mengalami penurunan kadar trigliserida dan LDL, kolesterol jahat, yang dapat meningkatkan risiko stroke.

6. Meredakan Pusing

Pusing adalah satu gejala yang cukup mengganggu dan dapat mengacaukan aktivitas. Biasanya pusing merupakan tanda adanya penyakit atau kelelahan pada tubuh.

Mengonsumsi air jahe ternyata dapat membantu meredakan kondisi ini.Jahe bekerja dengan cara merangsang aliran darah ke otak,