Resep Membuat Sosis Ikan Gampang Dan Bergizi Tinggi

Resep Membuat Sosis Ikan

Sosis ikan sudah banyak kita jumpai di berbagai supermarket. Jika kita ragu untk membeli sosis dalam kemasan, kita bisa membuat sosis sendiri dirumah.  Resep membuat sosis ikan tidak terlalu sulit. Resep membuat sosis ikan juga sama dengan cara membuat sosis ayam maupun sapi. Selain membahas tentang cara membuat coklat dodol, disini saya akan membahas tentang resep membuat sosis ikan.

Jenis Ikan Yang Digunakan Untuk Membuat Sosis Ikan

Ikan yang bisa digunakkan untuk membuat sosis ikan adalah ikan kakap, tenggiri, ekor kuning, taking-talang, dan ikan remang. Disamping itu ada beberapa jenis ikan dasar yang merupakkan sampingan tangkapan udang seperti bloso, selanget, kuniran, mata besar, tigawaja, dll. Ikan-ikan tersebut banyak dijumpai di daerah Sulawesi Selatan.

Harga ikan tersebut termasuk jenis ikan yang relatif murah harganya, berkulit keras tetapi dagingnya mengandung protein yang sama dengan jenis ikan lain. Warna ikan yang  putih/krem, bisa bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan sosis ikan. Daging ikan dari golongan trasfish biasanya diolah menjadi surimi yang dapat digunakan sebagai bahan baku sosis ikan.

Salah satu aneka produk olahan hasil perikanan adalah sosis ikan. Sosis ikan terbuat dari daging yang digiling hingga halus yang bersifat kenyal  dan berbentuk silinder dengan pembungkus khusus Pada umumnya sosis dibuat dari daging sapi, tetapi sosis juga bisa dibuat dari daging ikan. Resep membuat sosis ikan belum banyak dikenal masyarakat Indonesia.

Resep Membuat Sosis Ikan

Bahan-Bahan :

  • Ikan tongkol 1 kg
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 2 siung
  • Pala bubuk 1 sdt
  • Lada bubuk 1 sdt
  • Garam 2 sdt
  • Gula 1 sdt
  • Tepung tapioka 300 gram
  • Tepung kacang merah 150 gram
  • Air es 400 ml
  • Air rebusan 1 liter
  • Tahu putih 100 gram

Cara Membuat Sosis Ikan :

  1. Langkah yang pertama untuk membuat sosis ikan yaitu bersihkan ikan tongkol dengan air lalu potong-potong untuk memisahkan bagian daging ikan dengan durinya serta kepala ikan.Lumatkan daging ikan melalui dua tahap. Pelumatan pertama dilakukan dengan chooper, sedangkan tahap kedua dengan menggunakan blender. Pada saat menggunakan blender, tambahkan es secara bertahap agar kondisi ikan tetap terjaga kesegarannya.
  2. Setlah itu bahan tahu atau ampas tahu yang telah disiapkan kemudian dipress untuk mengurangi kandungan airnya. Selanjudnya ampas tahu digiling dengan blender hingga lembut.
  3. Campurkan daging ikan yang telah dhalus dengan ampas tahu tersebut. Sambil diaduk, tambahkan juga bumbu-bumbu yang diperlukan maupun bahan pengikat tepung tapioca dan tepung kacang merah.
  4. Adonan yang telah bercampur secara homogen tersebut kemudian dimasukan ke dalam casing (selongsong) atau cetakan sosis dengan menggunakan alat pengisi sosis lalu diikat. Ukuran cetakan yang biasanya digunakan adalah 10 cm.
  5. Selanjudnya lakukan perebusan selama 15 menit pada suhu antara 60 hingga 65 derajat selsius
  6. Jika sudah selesai, angkat sosisnya dari alat rebus dan biarkan hingga dingin, dan makanan sosis ikan tongkol pun siap untuk dimasak sesuai selera dan kebutuhan.

Cara penyimpanan Sosis Agar Awet

  • Sosis yang kemasannya sudah dibuka  disimpan di dalam freezer agar lebih tahan lama.
  • Jika sosis yang disimpan lebih tahan lama, keluarkan sosis yang kemasannya sudah dibuka, lalu bungkus sosis dengan aluminium foil sampai rapat. Masukkan bungkusan sosis tersebut ke dalam freezer. Aluminium foil  kedap udara akan menjaga sosis tetap segar dan tahan lama serta tidak terkontaminasi aroma makanan lain yang juga disimpan di dalam freezer.
  • Apabila hendak memasak sosis tersebut, keluarkan sosis dari kulkas dan biarkanselama 1 jam atau sampai sosis benar-benar siap umtuk dimasak

Nah, itulah cara membuat sosis ikan. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba dirumah.