Resep Lontong Sayur Padang Akan Menggugah Seleramu

Kali ini saya akan membahas tentang resep lontong sayur padang. Dari artikel sebelumnya sudah membahas mengenai kue ulang tahun coklat. Lontong sayur sama dengan sayur lodeh. Kenapa? Karena sama-sama berkuah. Lontong sayur memang cocok dimakan di segala waktu, baik pagi siang maupun malam hari.

Di Padang, ada juga makanan yang nikmat bernama lontong sayur Padang. Nah resep lontong sayur padang berbeda dengan lontong di daerah lain lho.

Ternyata di luar provinsi Sumatera Barat, lontong kami dikenal dengan sebutan lontong sayur atau lontong sayur Padang. Bangga menjadi bagian dari suku minangkabau, memiliki banyak makanan khas yang disukai orang dipenjuru negeri.

Hari ini kita akan bahas bedanya lontong padang dengan jenis-jenis lontong lain yang umum dikenal. Lontong merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dikukus, hingga berbentuk sebuah padatan. Kita semua pasti mengenal lontong.

Di Sumatera Barat, lontong pasti dibungkus dengan anyamanan ketupat, minimal dibungkus plastik biasa. Sedangkan di daerah lain, lontong dbungkus dengan daun, berbentunk bulat lonjong.

resep lontong sayur padang

Khasnya Lontong Sayur Padang

1. Kuah Kaya Bumbu Rempah

Resep lontong sayur padang identik dengan kuah santan yang memiliki bumbu kental khas masakan minang. Kuah santan yang kaya bumbu rempah sudah dikenal sebagai salah satu cara memasak ala masakan minang.

Sedangkan lontong di daerah lain tidak menggunakan kuah untuk memakannya. Lontong yang biasa dijual penjaja nasi uduk misalnya. Biasanya, lontong itu dicocol dengan sambal.

Lontong lain biasanya memiliki isi ayam atau yang lain di dalamnya, sedangkan lontong padang tidak memiliki isian apa pun di dalamnya.

Kuah lontong sayur padang yang pedas kemudian memberikan kehangatan di kerongkongan membuat selera makan semakin meningkat dan dijamin Anda ketagihan.

2. Sambal Lado Merah

Adonan lontong sayur padang tidak hanya hangat dari kuahnya, tapi juga dilengkapi dengan sambal lado (cabai) merah yang menggugah selera.

Sudah menjadi rahasia umum sambal lado merah yang diolah khas minangkabau bisa meningkatkan selera makan hingga mengucurkan keringat Anda.

Bagi Anda yang tidak suka pedas, bisa request ke penjual lontong sayur padang agar tidak mencampurkan sambal lado merah di dalam campurannya.

3. Gulai Nangka & Sayur Kacang

Kuah lontong sayur padang sendiri biasanya berisi campuran gulai nangka, kacang panjang, terkadang juga sayur buncis. Lontong sayur padang tidak akan lengkap tanpa sayuran ini.

Jadi selain mengonsumsi lontong yang berasal dari beras, penikmat lontong sayur padang juga tetap mendapatkan makanan sayuran di atas.

Mungkin ini juga alasannya masyarakat di luar provinsi Sumatera Barat, terutama di pulau Jawa menyebutnya lontong sayur Padang.

4. Aneka Pilihan Lauk

Saya bisa klaim hanya lontong sayur padang yang memiliki pilihan lauk sendiri dalam racikannya, dan tidak terdapat dalam olahan lontong dari daerah lain.

Penikmat lontong sayur padang bisa memilih lauk sebagai teman makan lontong. Umumnya penjual menyediakan telor ayam bulat dan ayam gulai.

Jika dilihat secara umum sebenarnya sajian lontong sayur padang ini sudah mencukupi makan besar kita sehari-hari, cuma bedanya nasi diganti lontong, sedangkan lauk dan sayuran sudah tersaji.

5. Bawang Goreng

Lontong sayur padang selalu ditaburi bawang goreng renyah yang menambah cita rasa lontong sayur padang. Olahan lontong daerah lain sepertinya tidak ada yang seperti ini.

6. Kerupuk Merah Jambu

Saya sendiri belum tahu jenis kerupuk ini, tapi sebut saja kerupuk yang selalu ada di atas sajian kuah lontong sayur padang ini sebagai kerupuk merah jambu (warna kerupuknya memang merah muda).

Saya belum menemukan olahan masakan lontong lain dengan taburan kerupuk di atasnya. Nah itulah perbedaan lontong sayur padang dengan olahan masakan lontong lain.

Saya belum menemukan olahan lontong yang sajiannya selengkap lontong sayur padang ini, dan menurut Saya semua yang mencicipi, minimal melihat makanan lontong sayur padang ini pasti kslisn inin menikmstinya.

Nikmatnya Sarapan Lontong Sayur

Sarapan alias makan pagi, sebetulnya hal yang sangat penting dalam keseharian kita. Tapi, banyak warga perkotaan yang tidak melakukan sarapan karena buru-buru berangkat kerja.

Memang sarapan tidak harus makan berat seperti makan siang. Banyak orang kantoran sarapan dengan bubur ayam atau bubur kacang hijau.

Tapi, kebiasaan masyarakat Minang, kalau makan bubur, modelnya adalah bubur kampiun, yang mencampur beberapa jenis bubur seperti kacang hijau, kolak pisang, bubur putih, ketan hitam, dan sebagainya dalam satu mangkok.

Sarapan alias makan pagi, sebetulnya hal yang sangat penting dalam keseharian kita. Tapi, banyak warga perkotaan yang tidak melakukan sarapan karena buru-buru berangkat kerja.

Mereka terkadang hanya sempat minum air putih saja, lalu mempercepat jam makan siang. Padahal sudah banyak pakar kesehatan yang menyampaikan manfaat sarapan.

Memang sarapan tidak harus makan berat seperti makan siang. Banyak orang kantoran sarapan dengan bubur ayam atau bubur kacang hijau.

Tapi, kebiasaan masyarakat Minang, kalau makan bubur, modelnya adalah bubur kampiun, yang mencampur beberapa jenis bubur seperti kacang hijau, kolak pisang, bubur putih, ketan hitam, dan sebagainya dalam satu mangkok.

Satu lagi khas lontong sayur ala Padang adalah diberikan beberapa potong kerupuk merah yang semakin sedap saat tercelup ke dalam kuah. Bagi yang ingin lebih nendang, lontong sayur ditambahi lagi dengan sebutir telor rebus.

Di Jakarta di sekitar pasar tradisional atau di sekitar kawasan perkantoran, banyak sekali pedagang lontong sayur yang memakai gerobak dorong lagi mangkal di pagi hari. Banyak pula pedagang yang mangkal di kios makanan permanen atau di warung tenda.

Rata-rata pedagang lontong sayur tersebut berasal dari Pariaman, salah satu kota di Sumatera Barat, tidak begitu jauh dari kota Padang.

Bagi yang sudah biasa makan Nasi Padang di berbagai rumah makan yang tersebar di mana-mana di negara kita, coba juga menikmati sedapnya lontong sayur Padang saat sarapan. Pasti bikin ketagihan.

1.Lontong Sayur Khas Padang

Bahan yang Dibutuhkan

Bahan Lontong Sayur:

  • 500 gr nangka muda, potong kecil lalu rebus setengah matang
  • 1,5 liter santan kelapa
  • 10 helai kacang panjang, potong ukuran 3 cm
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm gula merah, sisir halus
  • 2 sdm garam halus
  • 5 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan yang Dihaluskan:

  • 6 bawang merah dan 5 siung bawang putih
  • 8 buah cabe keriting
  • 5 buah cabe merah besar
  • 1 sdm merica butir
  • 1 cm jahe, kupas
  • 2 cm kunyit, kupas

Bahan Pelengkap:

  • 3 buah lontong ukuran besar, potong menyerong
  • 4 butir telur rebus, belah menjadi 2 bagian
  • Kerupuk merah
  • Bawang goreng

Cara Membuat Lontong Sayur Khas Padang:

  1. Panaskan minyak dan tumis semua bahan yang dihaluskan
  2. Aduk sebentar hingga harum.
  3. Masukkan lengkuas dan daun salam. Aduk sebentar dan tuang santan kelapa, tunggu hingga mendidih.
  4. Masukkan nangka muda yang sudah direbus setengah matang dan kacang panjang.
  5. Masukkan gula merah dan garam halus, aduk sampai merata.
  6. Diamkan sebentar dan sajikan.

Inilah resep yang dapat kami berikan untuk kalian semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mencoba daan jangan abaikan artikel yang lain dari kami.

Nah saya ada tambahan buat kalian nih kalian harus tau. Jika kalian ingin membuat kue ulang tahun jangan lupa untuk memakai alav oven kue di jamin bermanfaat.