Resep Kue Basah Kukus yang Enak dan Bisa di Coba Sendiri

Resep Kue Basah Kukus

kali ini saya akan membuat artikel tentang resep kue basah kukus dan juga sedikit tentang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dan juga ada resep membuat teh tarik madu yang juga sangat enak dan kaya manfaat

Kata “kue” berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya dari China seperti kue bakpia.

Kebanyakan kue basah adalah kue tradisional Nusantara, sementara beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Pada awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi kini dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah meluas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan berbahan adonan tepung,

biasanya dari tepung terigu atau tepung beras, termasuk untuk menyebut kue basah, kue kering, kue pastri

Kue basah merupakan makanan kecil yang bisa dijadikan alternatif camilan. Biasa disantap di pagi atau sore hari. Kue basah umumnya empuk, lembut, dan tidak bertahan lama (hanya bertahan beberapa hari). Biasanya terbuat dari tepung terigu, sagu, gula, bahkan ada yang berbahan santan atau ketan.

1. Resep Kue Basah Kukus

Resep Kue Basah Kukus

Bahan-bahan

  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air panas
  • 2 btr telur
  • 100 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung tapioka
  • 100 ml susu kental manis
  • 100 ml margarin,lelehkan
  • 1/4 sdt baking soda
  • 1/4 sdt baking powder

Cara Membuat

  1. Cairkan gula, tambahkan air panas sedikit2 & aduk rata lalu biarkan dingin
  2. Masukan susu & telur dalam wadah,aduk rata
  3. Tambahkan terigu,tapioka,baking powder serta baking soda lalu aduk2 hingga rata
  4. Tuang gula cair & aduk2,tuang margarin leleh lalu aduk rata
  5. Siapkan loyang,olesi margarin & taburi tepung,tuang adonan
  6. Kukus dalam dandang panas selama kurleb 30 mt

Manfaat Kue Basah Atau Bolu

Roti bolu merupakan salah satu makanan yang sering anda jumpai pada saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, acara pengajian, serta yang lainya. Makanan ini memiliki rasa manis yang pas juga enak dimulut dan memiliki tekstur sangat lembut.

Makanan ini memiliki berbagai jenis bentuk dan rasa. Kemudian, makanan ini salah satu jenis makanan yang di gemari oleh masyarakat indonesia.Berbicara tentang makanan ini dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang mantap, sehingga membuat anda menjadi ketagihan untuk mencobanya.

Meskipun makanan ini sudah banyak di jual dimana-mana, namun anda juga tidak ada salahnya jika anda ingin membuatnya sendiri dengan cara yang mudah karena makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat roti bolu ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Bagus untuk kesehatan mata

Khasiat yang pertama bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata.Ternyata bukan sayur wortel saja yang bisa menjaga kesehatan mata anda. Namun makanan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknay anda mengonsumsi makanan ini yang bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan mata secara lebih baik.

2. Membantu program diet

Jika anda memiliki berat badan berlebihan tentu ingin sekali menurunkan berat badan entah bagaimanapun caranay. Dalam hal ini diet merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasika sehingga tidak berdampak bagi kesehtan.

Di dalam menurunkan kesehatan badan, ternyata dengan mengonsumsi roti bolu merupakan salah satu solusi bagi penurunan berat badan anda.