Resep Kopi Susu Jahe Paling Nikmat!

resep kopi susu jahe

Pada artikel kali ini saya akan berbagi resep, yaitu resep kopi susu jahe paling nikmat.

Pengertian Jahe

resep kopi susu jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu masakan yang memiliki bentuk mirip dengan lengkuas dan berakar. Jahe ini mengandung rasa yang pedas dan hangat. Pedas yang terkandung pada jahe ini bukanlah rasa pedas seperti cabai melainkan rasa pedas karena sangat hangat. Jahe terdapat banyak macanya yaitu, jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah. Tanaman ini dapat berfungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan. Jahe juga dapat dimasak menjadi minuman karena rasanya yang hangat dapat menghatkan badan. Kalau masakan yang menggunakan jahe biasanya sup atau ikan sarden.

Jahe masuk ke dalam golongan rempah ini memiliki banyak manfaat didalamnya. Yaitu dapat sebagai kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit seperti, kanker usus, jantung, rematik, masalah pencernaan, dan juga morning sickness atau mual-mual. Jahe ini memang sangat baik untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Selain itu, jahe pun sangat nikmat jika dapat diolah menjadi berbagai macam minuman seperti kopi jahe, teh jahe, gula jahe, dan masih banyak lainnya. Rasanya yang hangat sangat pas bila dinikmati ketika tubuh sedang tidak sehat ataupun sedang dalam cuaca dingin. Untuk diolah makanan makanan biasanya jahe diiris-iris lalu dicampurkan ke dalam masakan.

Manfaat Jahe

Sebagai tanaman herbal, jahe memiliki / menyimpan macam-macam zat yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah diantaranya :

1. Menghangatkan tubuh

Jahe mempunyai sifat yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Jahe ini sering dijadikan minuman yang  dinikmati yaitu wedang jahe ini, memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan. kemudian jahe juga mengandung anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan masuk angin.

2. Pencegahan Timbulnya Kanker

Ekstrak jahe ternyata bisa menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.

3. Mengatasi Masalah Pernafasan

Banyak orang sering menemukan masalah pernafasan yang paling umum diderita adalah batuk atau pilek. Dan dapat mengatasi masalah pernafasan karena jahe adalah tanaman yang termasuk ke jenis ekspektoran alami yang dapat berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak)  dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.

4. Melancarkan Pencernaan

Orang menganggap hanya manfaat buah-buahan saja yang dapat berguna bagi masalah pencernaan. Pada saat ada acara-acara perayaan, mungkin kita memakan banyak makanan. Minumlah minuman jahe ini yang dapat membantu kelancaran pembuangan sisa makanan. Jahe juga dapat membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.

5. Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri

 Apabila tubuh kita mengalami sebuah benturan benda tumpul, terkadang menyebabkan memar. Senyawa yang ada di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Kadungan anti inflamasi pada jahe juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

Resep Kopi Susu Aroma Jahe

resep kopi susu jahe

Bahan :

  • 100 gram Gula Aren, potong-potong
  • 100 ml Air
  • 1 liter Susu UHT Putih Tawar Fullcream Indomilk
  • 4 ruas Jahe, kupas dan memarkan
  • 4 sdm Kopi Instan
  • 6 sdm Kental Manis Indofood, Plain (putih)
  • 2 gelas Es Batu, secukupnya

Langka Pembuatan :

  1. Pertama panaskan gula aren dan air di atas api sedang, masak hingga gula larut dan agak mengental. Angkat kemudian saring. Sisihkan.
  2. Kemudian panaskan juga UHT Indomilk Full Cream dan jahe dengan api kecil hingga mendidih. Angkat kemudian sisihkan jahe. Tambahkan kopi instan lalu aduk rata.
  3. Campurkan Susu Kental Manis Indomilk dan sirop gula aren, aduk-aduk hingga tercampur rata.
  4. Sajikan dengan es batu atau pun hangat.

Itulah resep kopi susu jahe paling nikmat. Dan kamu juga dapat membaca artikel lainya mengenai cara membuat kopi susu. Selamat mencoba!