Resep Keripik Kentang Balado Pedas Tingkat Tinggi

resep keripik kentang balado

Resep keripik kentang balado- Dari sekian banyak cemilan jenis keripik, satu yang paling terkenal kelezatannya yaitu keripik kentang. Bahkan saat ini kalangan harga kripik kentang di sejumlah restoran atau supermarket lumayan tinggi mengingat banyak sekali yang menyukai makanan ringan renyah ini. Sebenarnya resep keripik kentang tidak begitu sulit, artinya tidak jauh beda dengan cara membuat keripik singkong, keripik pisang, keripik talas Bogor atau jenis keripik lainnya.

Berikut Cara Membuat Keripik Kentang Balado yang Menjadi Primadona

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg kentang segar
  • 1 sdk makan air asam Jawa
  • 3 cm lengkuas (dimemarkan)
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1sdk teh garam
  • 1 sdk teh ebi halus
  • 1 sdk makan air kapur sirih
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 ltr air bersih
  • Minyak goreng secukupnya
  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 15 cabe rawit hijau
  • 2 cabe besar merah

Cara Membuat Keripik Kentang Balado :

resep keripik kentang balado

    1. Setelah dikupas kentang dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis.
    2. Rendamlah kentang dalam 2 liter air yang telah dicampur air kapur sirih kemudian diamkan sekitar 1/2 jam.
    3. Selanjutnya angkat kemudian tiriskan hingga irisan kentang mengering dengan sendirinya tanpa harus dijemur.
    4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum lalu masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk purut lalu aduk hingga layu.
    5. Selanjutnya masukkan gula pasir, air asam Jawa dan garam, lalu aduk lagi hingga rata.
    6. Kentang yang sudah mengering lalu digoreng dengan api yang sedang, setelah selesai lalu angkat dan biarkan menjadi dingin.
    7. kemudian campurkan kentang pada bumbu yang ditumis sambil diaduk sampai bumbu-bumbu tercampur dengan kentang.
    8. Setelah itu angkat kemudian tiriskan, setelah dingin masukan ke wadah yang telah disiapkan nah keripik kentang Balado yang lezat pun siap dihidangkan.

Manfaat Kentang bagi Kesehatan

Kentang merupakan sumber makanan yang mengandung Energi yang tinggi dan berbagai Vitamin, Mineral dan senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini merupakan beberapa manfaat kentang bagi kesehatan kita.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang memiliki Vitamin C, Vitamin B kompleks, Serat, mineral dan senyawa Karatenoid (Lutein dan Zeaxanthin) yang bermanfaat bagi kesehatan jantung pada tubuh kita serta fungsional organ tubuh lainnya. Tetapi Kentang juga mampu meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang apabila jika mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas yang dapat memberi tekanan pada jantung kita.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak sangat sangatlah bergantung pada kadar glukosa, pasokan oksigen, asam animo, omega-3, vitamin B kompleks dan hormon-hormon tertentu. Hampir semua yang disebut ini terdapat pada kentang. Kentang memiliki karbohidrat tinggi yang mampu menjaga kadar glukosa cukup dalam darah sehingga aktivitas kognitif terjaga dan berkinerja dengan baik. Berikutnya, otak sangat membutuhkan oksigen yang dibawa oleh hemoglobin dalam darah, kentang mengandung zat besi yang merupakan elemen penting pada hemoglobin ini.

3. Mencegah Penyakit Scurvy

Scurvy adalah penyakit yang disebabkan oleh kuranya Vitamin C (defisiensi Vitamin C). Gejalanya ialah radang gusi, lemas, bibir retak dan infeksi virus yang sering terjadi. Kentang memiliki kandungan Vitamin C yang cukup untuk mengatasi penyakit Scurvy ini.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Serat yang dimiliki oleh kentang yaitu vitamin C, vitamin B kompleks, potasium (Kalium), fosfor, seng dan magnesium dapat menjaga dan merawat kesehatan kulit. Selain itu, kentang mentah yang digerus dan dicampur dengan madu juga dapat dijadikan sebagai masker wajah untuk mencegah terjadinya jerawat, bercak pada kulit dan menyembuhkan luka bakar serta menglembutkan kulit pada bagian siku tangan.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Agricultural Research service membuktikan bahwa kentang mengandung senyawa Quercetin yang terbukti memiliki sifat anti kanker dan anti tumor.

Mungkin sekian artikel yang saya berikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat kentang original  udang jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih