Resep Kentang Keju Buatan Sendiri Enak dan Nikmat

Resep Kentang Keju

Resep Kentang Keju Buatan Sendiri Enak dan Nikmat– Selain membuat tentang Cara Membuat Keripik Singkong Balado Enak dan Gurih, kali ini saya membuat tentang resep kentang keju

Resep Kentang Keju Buatan Sendiri Enak dan Nikmat

Sejarah Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan makanan populer di seluruh dunia berkat restoran siap saji seperti halnya McDonald’s dan juga Burger King. Pada awal tahun 1950-an, Jack Simplot memiliki sebuah perusahaan yang memiliki nama J.R. The Simplot terseut menciptakan bahan baku kentang goreng dalam bentuk yaitu potongan kentang yang telah dikupas dan juga telah dibekukan.

Sebelum perusahaan J.R, Simplot memasok bahan baku untuk kentang goreng tersebut, kentang harus dikupas terlebih dahulu secara manual dan kemudian dipotong ke semua cabang McDonald’s. Kentang beku yang diproduksi oleh J.R. Simplot berhasil untuk mempersingkat waktu dalam persiapan makanan dan juga membantu mendorong ekspansi waralaba McDonald’s.

Resep Tertua Cara Membuat Kentang Goreng

Seorang koki Perancis yang memiliki nama yaitu Honoré Julien sering menyiapkan kentang goreng untuk Presiden AS yaitu Thomas Jefferson. Menurut naskah dari tulisan tangan Thomas Jefferson yaitu pada tahun 1801, kentang goreng merupakan “kentang segar yang dipotong kecil-kecil dan digoreng dalam bak minyak.”

Tepatnya yaitu pada tahun 1813, dalam buku resep Amerika yang memiliki judul yaitu resep untuk kentang goreng. Resep kentang goreng yang sebenarnya sudah diterbitkan dalam buku masak Prancis Menon “Les soupers de la cour” tepatnya yaitu pada tahun 1755.

Variasi Bentuk Cara Membuat Kentang Goreng

Kentang goreng juga memiliki berbagai macam bentuk, tetapi biasanya kentang beku untuk kentang goreng dipotong menjadi bentuk memanjang.

Makanan ini yang dengan bentuk yang agak panjang dan juga terkadang melengkung seperti yang ditemukan di McDonald’s atau juga Burger King.

Kentang goreng dengan irisan tebal tersebut biasanya disebut dengan “potongan tebal,” sedangkan potongan bergelombang dapat disebut “kerutan.”

Makanan dari kentang yang tidak dikupas dan kemudian dibagi menjadi beberapa potongan-potongan tebal tebal disebut dikenal dengan nama “potongan kentang”.

Kentang Goreng dari kentang yang didapat dari tidak dikupas dan dibagi menjadi potongan-potongan tebal tebal disebut juga dengan “potongan kentang”. Kentang goreng dengan kulit yang dikupas dan juga pelengkap bistik steak yang dinamakan “steak fries”.

Potonganlah kentang beku untuk kentang goreng biasanya sudah mengalami proses penggorengan singkat di pabrik, sehingga terlihat seperti dilapisi dengan lemak nabati atau lemak hewani. Beberapa merek dari kentang beku bahkan menambahkan rempah rempah sehingga kentang tersebut sudah memiliki rasa setelah kentang sudah digoreng.

Bahan

  • 500 gram kentang
  • 100 gram tepung maizena
  • 50 gram keju parut
  • Garam (secukupnya)
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 1 batang daun seledri (cincang halus)
  • Minyak goreng

Cara Membuat

  1. Rebus atau kukus kentang hingga matang dan empuk. Kupas kulitnya, hancurkan kentang.
  2. Tambahkan tepung maizena, keju parut, garam, lada bubuk, kaldu ayam dan juga tidak lupa untuk menambahkan daun seledri ke dalam kentang.
  3. Aduk semua bahan tersebut hingga rata dan juga pastikan rasanya pas.
  4. Cetak kentang tersebut dengan cara diambil sedikit dari wajan kemudian kalian bisa gulung gulung pakai tangan sesuai dengan selera.
  5. Panaskan minyak, kemudian goreng kentang keju hingga bagian luarnya kering dan juga berwarna kuning keemasan.
  6. Angkat kentang keju goreng yang matang, tiriskan.
  7. Sajikan kentang keju ini bersama saus sambal atau dengan saus tomat.

 

Mesin Pengupas Kentang

Bagi kalian yang kesulitan saat mengupas kentang, kalian bisa menggunakan Mesin Pengupas Kentang agar pekerjaan kalian bisa lebih cepat dan efisien