Resep Jus Alpukat yang Enak dan Untuk Ibu Hamil

resep jus alpukat enak

Pada artikel kali ini saya akan berbagi resep jus alpukat yang enak dan bagus untuk ibu hamil.

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak gizi dan tentu saja baik bagi kesehatan bila dikonsumsi. Alpukat ini memiliki kandungan yang terdapat pada jus alpukat seperti vitamin, protein, mineral, dan juga serat sangat baik untuk tubuh kita. Buah alpukat juga bisa dimakan mentah-mentah alias langsung, tapi ada juga orang yang senang membuatnya menjadi jus.

Untuk pembuatan resep jus alpukat sangat mudah, sebetulnya sama seperti jika kita membuat jus buah lainnya. Hanya saja, kita bisa menambahkan bahan lain ke dalam jus alpukat seperti susu kental manis coklat atau vanilla, dan juga krim.

Cara Terbaik Konsumsi Alpukat untuk Ibu Hamil

resep jus alpukat enak

Buah Alpukat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dan sangat bagus untuk ibu hamil mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga meredakan depresi. Buah yang satu ini ada kebiasaan yang menyebabkan konsumsi alpukat justru berujung pada dampak buruk. Yaitu saat menambahkan susu kental manis ke dalam jus alpukat.

“Alpukat boleh sebagai camilan. Buruknya kalau dikasih susu kental manis, kandungan gulanya tinggi. Jika terlalu manis gula darah bisa naik,” ujar dokter spesialis obestetri dan ginekologi dari Morula IVF Indonesia. Apabila ibu hamil memiliki kadar gula yang tinggi, maka janin yang dia kandung juga memiliki kondisi serupa, akibatnya bayi akan terlahir sangat besar. Inilah yang mencetuskan bayi raksasa.

Para Dokter menganjurkan kepada para ibu hamil mengonsumsi langsung alpukat, atau tanpa harus dibuat jus dan semacamnya.  “Makan langsung saja. Hasilnya sekarang alpukat bagus-bagus, yang hijau-hijaunya baik.

Tidak hanya membantu mengurangi gejala depresi, alpukat juga ampuh menurutnya mampu melawan munculnya sindrom metabolik, yang termasuk dalam kelompok faktor risiko gula darah tinggi, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan meningkatnya indeks massa tubuh.

Gejala risiko ini bahkan meningkatkan risiko munculnya diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, menurut sebuah tinjauan Phytotherapy Research seperti dilansir Science Daily.

Apabila kamu berencana untuk membuat sendiri jus ini daripada beli di pinggir jalan, yuk coba resep di bawah ini!

Resep Cara Membuat Jus Alpukat yang Enak

Bahan:

  • Air matang secukupnya
  • Susu kental manis coklat secukupnya
  • 1 buah alpukat segar dan matang
  • 3 sdm gula atau sesuai selera
  • Es serut

Cara membuat:

  1. Bersihkan kulit alpukat dan serok dagingnya, gunakan blender untuk menghancurkan daging alpukat.
  2. Tambahkan satu gelas air matang dan gula ke dalam blender dan nyalakan lagi blender.
  3. Kemudian matikan blender ketika proses pemblenderan sudah mencapai ¾, masukkan es serutnya. Lalu yalakan lagi blender, hancurkan sampai tercampur rata dan halus.
  4. Setelah semuanya halus lalu, siapkan gelas dan siram dengan susu kental manis coklat sesuai selera, tuang jus alpukat yang sudah diblender ke dalam gelas.
  5. Beri taburan meses dan juga bisa dihiasi dengan krim dan 1 buah ceri agar kelihatan lebih cantik. Jus siap dinikmati.

Tahukan Anda bahwa jus Alpukat juga baik untuk ibu yang sedang hamil dan juga untuk janin? Buah Alpukat ini jugadapat menguatkan saraf bayi dan kandungan asam folat juga sangat baik jika dikonsumsi ibu hamil. Terus bagaimana cara membuat jus alpukat untuk ibu hamil?

Cara Membuat Jus Alpukat Untuk Ibu Hamil

Bahan:

  • 1 buah alpukat segar dan matang diserok dagingnya
  • 200 ml air putih matang
  • 3 sdm madu atau gula pasir secukupnya
  • 3 sdm susu formula untuk ibu hamil
  • Es serut
  • Susu kental manis coklat

Cara membuat:

  1. Masukkan daging alpukat ke blender dan nyalakan blender.
  2. Lalu matikan blender dan masukkan madu dan susu formula, nyalakan lagi.
  3. Setelah itu matikan blender dan tambahkan air putih matang serta es serutnya. Kemudian nyalakan lagi blender dan hancurkan alpukat dan bahan pelengkap lain sampai halus dan bercampur rata.
  4. Setelah semuanya halus siapkan gelas saji dan siram dengan susu kental manis, tuang jus ke dalamnya dan hiasi dengan meses. Sajikan.

Itulah resep jus alpukat yang enak dan segar bahkan juga ada resep untuk ibu yang sedang hamil. Dan kamu juga dapat membaca artikel lainya mengenai  cara membuat jus alpukat . Selamat mencoba!