Resep Es Dung Dung Nangka Yang BIkin Nagih

cara membuat es dung dung nangka

Jumpa lagi dengan saya pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana Resep Es Dung Dung Nangka agar menjadi es dung dung yang enak dan nikmat serta mentegarkan dahaga. Cara membuat es dung dung sangatlah mudah dan simple semua orang pastinya bisa membuatnya.

Baca juga bila anda tertarik dengan bisnis es coba resep es pisang ijo Yang baru baru ini lagi trending di media sosial.

Macam Macam Resep es Dari Buah Nangka

1. Resep Es Dung Dung Nangka

cara membuat es dung dung nangka

Bahan Bahan Membuat Es

  • 1,5 liter Santan Dari 2 butir kelapa
  • 75 gr gula pasir
  • 500 gr Nangka
  • 2 sdm tepung meizena
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Es

  1. Masak 1,5L santan, 75G gula pasir, dan sedikit garam masak menggunakan panci dan menggunakan api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak pecah dan agar gula cepat mencair.
  2. Campur tepung maizena dengan air aduk hingga tidak ada yang menggumpal lalu masukan ke bahan yang tadi kita telah masak .
  3.  Potong potong tipis buah nangka lalu masukna kedalm bahan tadi aduk aduk hingga buah nangka menjadi lembek dan harum.
  4. Dinginkan dalam sebuah wadah, setelah dingin anda bisa memasukan dalam cup cup kecilabila ingin dijual.
  5. Setelah semuanya dimasukan kewadah dinginkan di dalam freezae selama semalam atau 6-8 jam sampai membeku sempurna.

2. Cara Membuat Es Krim Nangka

cara membuat es dung dung nangka

Bahan Bahan Membuat Es Krim

  • 15-20 bonggol daging nangka
  • 5 sdm gula
  • 500 ml air
  • 3 sachet skm putih
  • 3 sdm maizena
  • 1 sdm SP

Cara Membuat Es Krim Nangka

  1. Blender buah nangka menggunakan air, Susu dan jangan lupa tambahkan gula pasir agar rasanya manis.
  2. Tuangkna adonan yang tadi kita blender pada sebuah wadah yang agak besar seperti panci atau wajan.
  3. Masak adonan menggunakan api kecil dan aduk terus adonan sampai mendidih atau ada letupan letupan di adonan.
  4. Tuangkan adonan yang sudah matang kedalam mangkok atau wadah untuk mendinginkan adonan.
  5. Setelah adonan dingin masukan kedalam freezer tunggu selama 15-30 menit.
  6. Keluarkan adonan dari freezer kerok adonan agar teksturnya lembut lakukan hal ini sebanyak 3 kali agar es menjadi lembut.
  7. Tunggu 6-8 jam lalu es dapat dimakan.

Manfaat Buah Nangka

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Nangka memiliki kandungan kalium yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 dalam buah nangka dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung.

3. Mencegah Anemia

Kehebatan lain dari buah nangka adalah dapat mencegah anemia. Manfaat yang diberikan nangka bagi tubuh ini bisa terjadi karena dalam nangka terkandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia.

Ada banyak yang jual mesin es krim dan banyak jenisnya selain itu harganya.

4. Melawan Kangker

Nangka mengandung zat yang disebut phytochemical, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Menurut American Institute for Cancer Research, banyak phytochemical memiliki sifat antioksidan, yang berarti mereka dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel sel dalam tubuh kita sehingga kita mudah terjangkit virus virus dari luar.

5. Sumber Energi Tubuh

Fruktosa atau zat gula alami pada buah nangka adalah jenis gula yang baik dikonsumsi oleh tubuh kita. Karena gula pada buah bisa menjadi sumber energi dan kekuatan tubuh da pastinya jaug dari lemak.

Selain fruktosa, buah ini juga mengandung zat sukrosa yang sama khasiatnya dengan fruktosa. Sumber energi menjadi khasiat nangka yang penting untuk dicoba.

6. Meningkatkan sistem imun

Nangka juga mengandung vitamin C dalam jumlah cukup tinggi. Dalam satu cangkir atau 165 gram nangka, 18 persen di antaranya merupakan vitamin C. Perpaduan dengan antioksidan membuat keduanya ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang kuat memungkinkan tubuh melawan infeksi.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat nangka yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya menjaga kondisi kulit tetap baik. Pada umumnya, banyak orang melakukan perawatan kulit dari luar, padahal perawatan dari dalam juga diperlukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi nangka.