Resep Cokelat Panas Klasik yang Cocok di Nikmati Saat Musim Hujan

Resep Cokelat Panas Klasik

Kali ini saya akan membuat artikel tentang resep cokelat panas klasik, sedikit pengertiannya dan juga manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga ada resep teh tarik madu yang juga enak dan kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan jika meminumnya secara rutin.

Cokelat panas adalah minuman panas yang dibuat dari cokelat atau kakao bubuk dan gula, dengan air atau susu hangat. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa cokelat panas menyehatkan karena antioksidan yang terkandung dalam kakao.

Sampai tahun 1800-an, cokelat panas juga digunakan oleh dokter sebagai obat beberapa penyakit.Minuman cokelat diyakini pertama kali dibuat oleh suku Maya sekitar 2.000 tahun yang lalu, dan minuman cokelat merupakan bagian penting budaya suku Aztek pada 1400 Masehi.

Minuman ini menjadi populer di Eropa setelah dibawa dari Meksiko ke Dunia Baru, dan telah banyak berubah sejak saat itu. Sekarang, cokelat panas dapat ditemukan di seluruh dunia dalam berbagai jenis, misalnya cokelat panas kental seperti cioccolata densa di Italia dan cokelat panas encer yang biasa diminum di Amerika Serikat.

Cokelat terbuat dari biji kakao, dikeringkan dan sebagian difermentasi dari pohon kakao (Theobroma cacao). Pohon kakao memiliki tinggi sekitar 4-8 m, ditemukan di daerah pedalaman tropis Amerika. Studi baru menunjukkan bahwa tipe tanaman yang ditemukan pertama kali datang dari lembah Amazon.

Secara perlahan, kakao disebarkan oleh manusia ke tempat-tempat lain di Amerika Selatan dan Tengah untuk pertanian. Jenis lainnya juga telah ditemukan di wilayah yang sekarang ini Venezuela.

1. Resep Cokelat Panas Klasik

Resep Cokelat Panas Klasik

Bahan bahan

  • 1.000 ml susu, susu half-and-half (susu dan krim), atau krim
  • 100 gram gula pasir
  • 25 gram cokelat bubuk tanpa pemanis
  • 1 sendok teh (5 ml) ekstrak vanili
  • Marshmallow untuk penyajian

Cara Membuat

  1. Masukkan susu, gula, dan cokelat bubuk ke dalam panci. Tuangkan 1.000 ml susu ke dalam panci berukuran sedang, kemudian tambahkan 100 gram gula pasir dan 25 gram cokelat bubuk tanpa pemanis
  2. Panaskan campuran cokelat panas dengan api sedang selama 8-10 menit. Aduk susu sesekali saat campuran mulai bergelembung perlahan. Jika campuran mulai mendidih, kecilkan api. Setelah itu, panaskan kembali campuran hingga cokelat bubuk dan gula larut secara merata.
  3. Masukkan ekstrak vanili dan tuangkan campuran ke dalam mok. Matikan api dan tambahkan 1 sendok teh (5 ml) ekstrak vanili atau ekstrak perisa lainnya yang Anda sukai.
  4. Tambahan marshmallow atau krim kocok ke atas minuman sebelum disajikan. Anda memang bisa langsung menikmati minuman, tetapi coba tambahkan beberapa marshmallow kecil atau krim kocok di atas minuman agar terasa semakin unik dan lezat.

Manfaat Segelas Cokelat Panas

Suka minum segelas cokelat panas sebelum tidur atau saat nongkrong bersama teman? Cokelat panas bukan cuma bisa membuat Anda rileks, Anda juga akan mendapat banyak manfaat dengan mengonsumsi minuman tersebut. Berikut adalah lima manfaat mengonsumsi segelas cokelat panas.

1. Menguatkan otak

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa minum cokelat panas bisa membantu meningkatkan kekuatan otak, serta meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Kandungan flavonoid yang terkandung dalam cokelat bisa membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

2. Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan untuk melawan radikal bebas. Dan secangkir cokelat panas kaya akan antioksidan yang memiliki efek positif pada tubuh.

3. Meningkatkan mood

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa secangkir cokelat panas dapat meningkatkan mood. Manfaat kesehatan dari minum cokelat panas termasuk mengurangi stres, kecemasan dan depresi.