Resep Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang

Resep cara membuat kue bolu panggang agar mengembang

Cara membuat kue bolu panggang agar mengembang sangat mudah dan memiliki resep yang sederhana untuk bisa dibuat oleh pemula. Hal yang harus diperhatikan untuk membuat kue bolu panggang agar mengembang adalah menemukan resep. Jangan menggunakan resep yang tidak terpercaya yang akan membuat bolu panggang menjadi gagal.

Resep Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang

Resep cara membuat kue bolu panggang agar mengembang

 

Bahan Yang diperlukan:

  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 125 gram gula pasir
  • 5 butir telur ayam
  • 1/2 sendok vanili bubuk
  • 50 gram margarin yang dilelehkan
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan cake emulsifier

Cara Membuat:

  1. campurkan 5 butir telur, gula pasir dan juga cake emulsifier lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan berwarna pucat.
  2. Masukkan vanili, tepung terigu, dan baking powder sedikit demi sedikit pada adonan tersebut dengan terus dikocok menggunakan mixer.
  3. Kemudian tuangkan margarin yang telah dilelehkan ke dalam adonan dan kocok kembali dengan mixer sampai merata.
  4. Setelah adonan tercampur sempurna masukkan adonan ke dalam loyang berukuran 25 cm yang sudah diolesi mentega dan ditaburi sedikit tepung terigu agar bolu panggang jika sudah matang tidak lengket ke loyang.
  5. Masukkan adonan yang sudah didalam loyang ke dalam oven, panggang selama 30 menit, sebelum memanggang adonan lebih baik oven dipanaskan selama 5-10 menit agar panas dalam oven merata dan siap untuk memanggang bolu.
  6. Tusuk bagian atas kue bolu panggang untuk memastikan bahwa bolu sudah matang atau tidak terutama dibagian tengah kue bolu panggang. Jika masih lengket berarti bolu panggang belum matang dan tambahkan waktu pemanggangan kurang lebih 5 sampai 10 menit sampai bolu panggang matang sempurna tetapi jika sudah tidak lengket bolu panggang bisa dikeluarkan dari oven.
  7. Kue bolu panggang siap untuk dihidangkan.

Baca Juga:Cara Membikin Kue Pisang

Tips Membuat Bolu Panggang Agar Mengembang

Resep cara membuat kue bolu panggang agar mengembang

 

1. Mengocok Gula dan Telur Tidak Terlalu Lama

Pada saat membuat adonan utama dari campuran gula dan telur harus dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan tersebut mengembang dan berwarna pucat. Karena mengocoknya dengan menggunakan mixer tidak perlu waktu lama untuk mengocok adonan tersebut.

2. Pastikan Semua Bahan Sudah Bersuhu Ruang

Pastikan seluruh bahan untuk membuat adonan bolu panggang sudah berada pada suhu ruang. Jangan sampai menggunakan telur yang masih membeku saat membuat adonan bolu, dapat dipastikan akan membuat bolu menjadi bantat atau tidak mengembang dengan sempurna.

3. Pastikan Alat dan Wadah yang Digunakan Kering

Perhatikan juga peralatan yang akan digunakan untuk pembuatan adonan bolu panggang. Pastikan semua peralatan yang akan digunakan tidak berair dan juga tidak lembab. Karena dapat berpengaruh pada adonan bolu dan menghasilkan bolu yang bantat saat dipanggang. Lebih baik dicek terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk pembuatan bolu panggang.

4. Jangan Gunakan Margarin Leleh yang Sudah Dingin

Menggunakan margarin leleh yang sudah mulai mendingin bisa menyebabkan bolu panggang tidak dapat mengembang atau bantat. Pastikan menggunakan api yang kecil saja pada saat ingin melelehkan margarin. Tempatkan margarin leleh pada wadah mangkuk dan pastikan langsung dituangkan pada adonan bolu panggang. Jika margarin mulai mendingin jangan digunakan.

5. Memanaskan Oven Sebelum Memanggang

Agar adonan bolu panggang tidak terlalu lama di dalam oven dan menyebabkan adonan yang sudah mengembang menjadi tidak mengembang, caranya panaskan oven terlebih dahulu sebelum adonan bolu panggang dimasukkan kedalam oven. Panaskan oven dengan waktu sekitar 5 sampai 10 menit dengan temperatur sedang. Jika oven sudah cukup panas, masukkan adonan bolu untuk dipanggang sesuai waktu yang tertera dalam resep bolu panggang.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu ingin lebih mengetahui bagaimana cara membuat bolu panggang agar mengembang kamu bisa membaca atikel Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang. Semoga artikel ini bermanfaat.