Resep Biskuit Kelapa Renyah dan Lezat Rasanya Dimulut

Biskuit adalah kue kering yang tipis, keras, dan renyah yang dibuat tanpa peragian dan kandungan air yang rendah. Resep biskuit kelapa sangat banyak, cara pembuatannya pun tak beda dengan klapertart  kukus sangatlah sederhana.

Hehe artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai manfaat santan untuk rambut dan untuk artikel kali ini yaitu resep biskuit kelapa. Alat yang di butuhkan untuk mengolah kelapa yaitu mesin peras santan.

Biskuit dapat digolongkan menjadi dua,berdasarkan cara pencampurannya dan resep yang dipakai, yaitu jenis adonan dan jenis busa yang dapat disemprotkan atau dicetak, sedangkan kue busa terdiri dari kue “sponge”.

Menurut SNI Biskuit adalah sejenis makanan yang terbuat dari tepung terigu yang melalui proses pemanasan dan pencetakan.

Biskuit merupakan produk pangan hasil pemanggangan yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, dengan kadar air akhir kurang dari 5%.Biasanya formulasi biscuit dibuat dengan diperkaya bahan-bahan tambahan seperti lemak, gula (ataupun garam) serta bahan pengembang.

Biskuit dibuat dengan bermacam-macam jenis, terutama dibedakan atas keseimbangan yang ada antara bahan utama tepung, gula, lemak, dan telur. Kemudian juga bahan tambahan seperti coklat, buah-buahan, dan rempah-rempah yang memiliki pengaruh terhadap cita rasa.

resep biskuit kelapa

Cara Membuat Biskuit Kelapa Sendiri Di Rumah…Mudah!!

Resep biskuit kelapa rumahan sebenarnaya tidak begitu susah kalian cukup memperhatikan setiap langkah-langkah saat membuat-nya. Ini adalah resep biskuit kelapa sekaligus panduan-nya mudah & simpel.

Bagi orang Indonesia biskuit kelapa sudah sangat melekat, pastinya selalu ada saat lebaran tiba contoh nya biskuit Roma kelapa.

Tapi dari pada kalian beli biskuit kelapa mendingan bikin sendiri sudah pasti bisa menghemat biaya lebaran, apalagi kalau sekeluarga besar datang berkunjung kerumah kalian, pastinya bakalan kewalahan baik itu makanan nya maupun isi dompet-nya hehe.

Rasanya yang nikmat apalagi di sajikan dengan segelas susu atau kopi bahkan teh membuat banyak orang tidak bisa berhenti menyantap-nya.

Dengan perpaduan unik antara gurihnya kelapa dan coklat, resep biskuit kelapa coklat berikut akan menjadi camilan yang istimewa.

Apalagi jika Anda menggunakan bahan lain berkualitas baik seperti tepung terigu Bungasari, maka hasil yang diperoleh akan semakin mantap.

Camilan ini cocok dimakan pada sore hari bersama secangkir kopi atau teh hangat. Untuk membuat resep kue kering kelapa cukup, yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  1. 100 gram kelapa parut kering,kira kira 2 cup
  2. 227 gram unsalted butter
  3. 125 gram all purpose flour
  4. 25 gram maizena
  5. 25 gram susu bubuk
  6. 1 sendok vanila
  7. 125 gula halus

Cara Membuat Biskuit Kelapa Rumahan:

  1. Aduk butter dan gula di dalam mangkut menggunakan spatula hingga rata.
  2. Masukan vanila lalu aduk kembali dan masukan kelapa parut kering.
  3. Masukkan campuran tepung, maizena dan susu lalu aduk perlahan lahan dengan spatula. Bentuk adonan menyerupai nastar tetapi lebih lengket. Selama membuatnya hindari menggunakan tangan untuk menyentuh adonan.
  4. Setelah itu bagi dua adonan lalu pindahkan ke meja yang dialasi plastik wrap, bentuk bulat memanjang seperti lontong, lalu bungkus dengan plastik wrap karena adonan akan menjadi sangat lembek.
  5. Lakukan hal sama dengan adonan yang lain, kemudian simpan dalam freezer selama 40 menit.
  6. Setelah 40 menit, keluarkan salah satu adonan dari freezer, lalu potong dengan ketebalan 1 cm, tata di loyang yang sudah dilapisi baking paper, lalu panggang sampai matang.
  7. Jika batch kue pertama matang, keluarkan batch kedua dan ulangi proses mengiris adonan. Jangan biarkan adonan menunggu di luar loyang karena mentega akan meleleh dan kue menjadi keras.
  8. Biarkan dingin,lalu hias dengan white coklat cair.
  9. Jika kalian tidak suka white coco. Bisa kalian ganti dengan yang lain ya atau dibiarkan plain juga enak.

Ada yang tidak kalah penting selain langkah-langkah di atas dalam resep biskuit kelapa yaitu tips-tips nya agar biskuit yang kalian buat bisa seenak yang di harapkan, dan berikut ini adalah tips-tips yang harus kalian ikuti.

Tips Resep Biskuit Kelapa Rumahan:

  1. Dari pada kalian membeli kelapa kering dalam kemasan, lebih baik kalian buat sendiri karena bahan bakunya mudah di dapatkan dan mudah untuk di buat.
  2. Untuk membuatnya saya menaburkan kelapa pada loyang kue kering, lalu oven hingga kering dengan suhu 160 derajat, dan aduk sesekali agar matang-nya merata.
  3. Meski dengan susah payah, tapi semua itu terbayar dengan rasanya yang sangat gurih dan nikmat.
  4. Tepung terigu yang saya gunakan adalah all purpose flour atau tepung protein sedang seperti segitiga biru.
  5. Jika kalian menggunakan tepung protein rendah misalnya terigu kunci, maka penggunaan maizena bisa kalian hilangkan, dan ganti seluruh tepung dengan terigu kunci.
  6. Pemakaian butter sebaiknya jangan diganti atau di campur dengan margarin agar tekstur kue sama seperti yang saya buat kali ini. Tertarik untuk mencobanya? berikut ini resepnya.

1.Cara Membuat Biskuit Kelapa Coklat

Bahan:

  • 100 gr tepung terigu Bungasari
  • 50 gr gula halus
  • 100 gr margarine
  • 1 sdm santan
  • 25 gr parutan kelapa yang sudah di sangrai
  • 1 btr telur
  • 30 gr cokelat, lelehkan
  • ½ gr baking powder

Cara pembuatan:

  1. Campur gula halus dan margarine, aduk.
  2. Sambil diaduk, masukkan santan sedikit demi sedikit.
  3. Masukkan juga kuning telur, aduk sampai mengembang.
  4. Masukkan tepung terigu Bungasari dan baking powder, aduk sampai rata.
  5. Setelah itu, pisahkan adonan menjadi 2 loyang sama besar. Cetak adonan sesuai selera lalu beri warna cokelat dan putih.
  6. Panggang dalam oven bersuhu 150⁰ selama ½ jam.
  7. Angkat adonan bila warna mulai kecokalatan. Sedikit tambahan tips, untuk menjaga agar kue tetap awet maka sebelum disimpan dalam toples atau kaleng jajan, sebaiknya didinginkan dulu dalam freezer.

2.Cara Membuat Biskuit Kopi Kelapa Gurih

Cara Memuat Biskuit Kopi Kelapa GurihPanganan ringan ini cocok untuk anda yang suka ngemil. Rasanya yang gurih dan tekstur biskuit yang renyah dapat membuat anda ketagihan untuk menikmatinya. Sudah banyak masyarakat yang suka dengan sajian renyah ini terutama kalangan anak-anak.

Untuk menyajikanya secara instan dan praktis anda bisa membelinya di berbagai toko kue dan mini market. Dan harga yang di bandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Nah, buat yang suka atau hobi memasak, anda bisa membuatnya dengan versi anda snediri.

Untuk membuatnya memang cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Namun memang dalam pengolahan adonannya harus di pastikan pas dan tepat. Agar biskuit yang di hasilkan benar-benar gurih dan sesuai selera anda. Untuk itu, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan cara membuat biskuit kopi kelapa.

Simak cara membuat biskuit kopi kelapa enak dan nikmat berikut:

Bahan yang dibutuhkan :

  • Margarine sebanyak 120 gram
  • Gula tepung sebanyak 100 gram
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Tepung terigu sebanyak 275 gram
  • Kelapa kering sebanyak 50 gram ( haluskan )
  • Garam dapur sebanyak ½ sendok teh
  • Kopi instan sebanyak 2 sendok teh ( haluskan )

Cara mudah untuk membuat Biskuit kopi kelapa :

    1. Campurkan terlebih dahulu margarine dan gula tepung kocok dengan menggunakan mixer sampai 2 menit.
    2. Masukan telur ayam kocok kembali hingga rata.
    3. Tambahkan tepung terigu yang telah diayak aduk sampai rata.
    4. Selanjutnya tambahkan kelapa kering yang telah dihaluskan, garam dapur dan kopi instan yang telah dihaluskan aduk hingga benar – benar rata.
    5. Ambil adonan secukupnya dan bentuk sesuai dengan selera anda.
    6. Letakan diatas loyang yang telah di olesi margarine.
    7. Terus bentuk hingga adonan biskuit habis.
    8. Masukan dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 190 derajat hingga matang dan kering selama 30 menit.
    9. Angkat dan biarkan dingin lalu hidangkan.

Nah, itulah resep yang bisa kami berikan untuk anda, jadi jangan lupa untuk di praktekin di rumah masing masing yah teman.