Resep Bakso Ayam Kenyal dan Bikin Nagih

resep bakso ayam kenyal

Dalam kesempatan ini saya akan memberikan sebuah tips resep bakso ayam kenyal dan kenyalnya bikin nagih dan mantul rasanya.Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan apa itu yang disebut dengan bakso..?

Mie bakso atau bakso merupakan makanan Indonesia yang sangat khas dan hampir diseluruh daerah pasti ada bakso yang beragam rasa.Istilah bakso sendiri berasal kata “Bak-So” yang dalam bahasa hokkien memiliki arti “daging giling” Makanan ini berasal dari campuran daging dan tepung, bakso ini sangat nikmat jika disajikan dengan kuah hangat yang gurih ataupun diolah ke dalam olahan lainnya.

Bahan dasar bakso yang paling mudah dicari yaitu daging ayam karena selain mudah dicari hargapun terjangkau tidak terlalu banyak menguras isi dompet. Oleh karena itu saya disini akan memberikan resep bakso ayam yang kenyalnya bikin nagih, yu kita simak bareng resepnya!!!

Resep Bakso Ayam Kenyal :

resep bakso ayam kenyal

Bahan-Bahan Dalam Resep Bakso Ayam Kenyal :

  • 200 gr ayam giling
  • 3 siung bawang putih (iris, goreng)
  • 3 siung bawang merah (iris goreng)
  • 3,5 sdm tepung kanji/tapioka
  • 1 btr putih telur
  • Garam 1/4 sdm
  • Merica 1/4 sdt
  • 1/4 sdt baking powder
  • Kaldu bubuk 1/2 sdt
  • 1 balok cetakan es (hancurkan)

Cara Membuat :

  1. Bawang merah dan bawang putih goreng kemudian dihaluskan bisa dengan cara diulek ataupun diblender sampai halus.
  2. Daging dimasukkan dengan semua bumbu, dan tepung ke dalam wadah. kemudian campur dan aduk hingga semuanya rata.
  3. Panaskan air hingga mendidih. Kemudian kecilkan api. Cetak bakso dengan sendok atau tangan. Masukkan ke dalam rebusan air. Lakukan hingga semua adonan selesai.
  4. Angkat bakso yang sudah mengambang. Tiriskan
  5. Bakso siap dimasak dan dijadikan bakso kuah atau dimasukkan ke dalam kulkas saat sudah dingin untuk pelengkap masakan lain.

Kandungan Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan :

resep bakso ayam kenyal

  1. Mengatur Kadar Kolesterol
    Ada beberapa yang beranggapan bahwa daging ayam ini banyak mengandung kolesterol yang jahat. Tapi padahal malah sebaliknya, dalam mengkonsumsi daging ayam ternyata ada manfaat juga yang salah satunya adalah adanya kandungan niacin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat.
  2. Merawat Kesehatan Kulit
    Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam daging ayam ini tidak kalah baiknya untuk kesehatan anda. Yaitu dengan vitamin C yang ada dalam kandungan daging ayam ini dapat membuat kulit sehat dan mengandung zat antioksidan yang bagus untuk kulit tubuh.
  3. Mengurangi Gejala PMS
    Kandungan magnesium yang ada didalam daging ayam ini ternyata dapat menenangkan gejala sindrom pra menstruasi (PMS). Karena magnesium ini mampu melawan beragam perubahan suasana hati yang umumnya dialami oleh wanita ketika datang masa menstruasi.

Manfaat Bakso Bagi Kesehatan:

  1. Menambah Tenaga
    Manfaat dari bakso ini yang dapat langsung kamu rasakan adalah mampu menambah daya tenaga. Atau paling tidak membuat dirimu merasa lebih kenyang. Karena benefit ini tidak terlepas dari kandungan karbohidrat dan lemak yang ada di dalam daging bakso. Oleh karena itu dengan makan bakso juga dapat membuat kamu bisa kenyang lebih lama.
  2.  Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak
    Manfaat bakso bagi kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang ada pada daging bakso. Karena menurut Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, MS PhD,bahawa ”Protein hewani membuat fungsi otak jadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan prestasi dan produktivitasnya.
  3. Meningkatkan Kinerja Otot
    Kalau dalam bakso yang berasal dari bahan dasar daging sapi ini terdapat kandungan senyawa carnosine yang mana kandungan ini sangat penting bagi fungsi otot. Karena senyawa carnosine ini dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi kelelahan. Tetapi tetap harus seimbang dengan olahraganya juga.
  4. Mencegah Anemia
    Bakso ini juga dipercaya mampu untuk mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan kalau dalam daging sapi merupakan makanan penambah dari yang kaya akan zat besinya. Bahkan zat besi ini dinilai lebih baik daripada zat besi yang berasal dari tumbuhan lain, karena lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Demikian tadi resep bakso ayam kenyal yang dapat saya sampaikan, agar tahu lebih banyak lagi mengenai resep,olahan bakso, dan juga manfaat bakso, bisa anda simak diartikel saya selanjutnya.

Selamat mencoba dan semoga dapat membantu anda.