Puding Roti Tawar Pandan yang Bisa di Jadikan Camilan Sehat

Seperti yang saya bilang kemarin ada banyak olahan cara bikin roti tawar,salah satu nya adalah membuat puding roti tawar. Kali ini saya akan memberikan sebuah cara membuat puding roti tawar pandan.

Puding adalah camilan yang cocok dihidangkan untuk berbagai acara santai maupun formal. Bahkan camilan ini pas untuk bekal ke kantor ataupun bekal si kecil ke sekolah.

Puding juga merupakan makanan yang berasal dari negara Perancis yang digunakan pada pertengahan untuk hidangan dari daging yang di bungkus. Kini sajian makanan itu banyak penikmatnya di berbagai negara.

Variasi puding sendiri sangat bermacam-macam dari puding buah,puding kacang hijau hingga puding roti. Nah, jika kamu mempunyai roti tawar di rumah tak ada salahnya membuat puding dengan variasi dari bahan ini.

Cara membuat puding roti sendiri terhitung mudah dan praktis. Kalian dapat membuat puding roti dengan cara direbus, dikukus hingga di panggang.

Puding roti tawar pandan ini juga lebih enak kalau disajikan dalam keadaan dingin, tapi ada juga yang bisa dinikmati saat masih hangat.

Puding roti berbahan dasar agar-agar, santan, telur, susu, roti tawar dan gula, yang digabungkan menjadi satu. Biasanya ada juga yang ditambah dengan berbagai rasa seperti karamel, vanila, cokelat dan masih banyak lagi.

Puding Roti Tawar Pandan

resep puding roti tawar coklat kukus puding roti tawar coklat ncc

Bahan:

  • 10 lembar roti tawar
  • 1 sdm mentega dicairkan
  • 2 butir telur
  • 65 ml santan instan
  • 2 sachet susu kental manis.
  • 400 ml air perasan pandan encer
  • 100 gr gula pasir
  • keju cheddar parut dan bubuk kayu manis

Cara membuat:

  1. Gunting roti tawar menjadi bentuk dadu kecil, sisihkan.
  2. Olesi loyang dengan margarin.
  3. Lalu masukan telur, santan instan, susu kental manis, air perasan pandan encer, gula pasir, dan margarin, kedalam wadah dan aduk-aduk.
  4. Susun roti ke dalam loyang, tuang campuran cairan tersebut dan ratakan.
  5. Taburi parutan keju cheddar dan bubuk kayu manis.
  6. Terakhir kukus sampai matang, kurang lebih 20 menit.

Manfaat Puding Bagi Kesehatan

1.Melancarkan Pencernaan

Serat yang ada pada puding sangat bermanfaat guna melancarkan pencernaan. Salah satu manfaat serat adalah untuk membersihkan usus dengan cara memperlancar metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme kita, maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

2. Sebagai Makanan Diet

Selain untuk membersihkan usus, serat yang terkandung pada puding juga bisa untuk menahan rasa lapar. Kandungan serat pada puding bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk. Jadi sangat cocok dikonsumsi buat kamu yang sedang menjalankan program diet.

3. Pencegah Kanker dan Kardiovaskular

Rumput laut memang mempunyai banyak akan manfaat, salah satunya sebagai pencegah kanker. Oleh karena itu, puding baik untuk mencegah kanker. Bukan hanya itu rumput laut juga bermanfaat untuk menyerap kelebihan garam pada tubuh dan juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Antioksidan

Ekstrak rumput laut yang terkandung pada puding dapat berfungsi sebagai antioksidan selain itu zat krolofil yang ada pada rumput laut dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh kita.

Bukan hanya lembut dan lezat puding roti ini juga bergizi loh. Dari pada kamu beli kamu juga bisa kok membuatnya di rumah.

Demikian resep puding roti tawar pandan yang bisa di jadikan camilan sehat. Tetapi selain puding roti tawar pandan, ada olahan roti tawar lain nya yang gak kalah enak lho, salah satu nya adalah resep roti tawar jerapah yang bisa bikin hari mu jadi lebih manis lagi. Semoga  bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba.