Proses Dari Penanaman Padi Terbaik Sepanjang Masa

proses-dari-penanaman-padi

Kali ini kita akan membahas apa sih proses dari penanaman padi. Nah, berbicara tentang padi sudah barang tentu ini adalah tanaman yang paling dibutuhkan di dunia kita tentunya.

Walaupun nyatanya produksi padi di dunia menempati urutan ketiga setelah jagung serta gandum dan kawan kawan. Akan tetapi tanaman ini tetap menjadi sumber karbohidrat utama sebagian besar penduduk di seluruh dunia ini. Ini dia yg kalian tunggu tunggu cara menanam padi yang benar.

Proses Dari Penanaman Padi Terbaik

proses-dari-penanaman-padi

Berikut ini ialah langkah langkah yang dapat dilakukan agar hasil panen padi dapat berhasil dan melimpah. Mohon agar dapat dipelajari dengan lebih saksama ya.

Persiapan Lahan Untuk Menanam Padi yang Bagus

Lahan ialah salah satu komponen terpenting bila anda ingin bercocok tanam. Siapkan lahan kosong yang subur yang sudah dibersihkan dari rumput liar dan gulma yang mengganggu.

Untuk meningkatkan kesuburan tanah ketika ditanami. Tanah dialiri air sampe gembur serta lunak kemudian bajak menggunakan traktor, lalu genangi air kembali setinggi 5-10 cm.

Serta biarkan air menggenang dalam media tanam selama 2 minggu supaya racun racun dapat di netralisir oleh air.

Persiapan Bibit untuk Proses dari Penanaman Padi

Teknik cara menanam padi yg baik berikutnya yakni persiapan bibit yang baik yng nantinya akan memperoleh hasil panen padi yang berkualitas bagus. Berikut cara mengetahui benih padi yang berkualitas baik:

  1. Lakukan perendaman pada benih padi sekitar 100 butir di dalam air dalam kurun waktu sekitar 2 jam.
  2. Benih yg sudah direndam setelah itu letakkan di atas kain basah. Tunggu lalu hitunglah benih padi yg berkecambah.
  3. Jika padi yang berkecambah lebih dari 90 butir. Maka artinya benih itu bermutu tinggi dan tentunya baik untuk membudidayakan nya.

Penyemaian Padi

Cara menanam Padi setelahnya sehabis bibit unggul terpilih, yakni tahap persemaian. Untuk itu beberapa langkah yg dapat dikerjakan yakni sebagai berikut :

  1. Rendam lah benih padi selama sehari semalam, tiriskan dan juga biarkan selama 2 hari sampe berkecambah.
  2. Siapkan lahan persemaian kira kira sekitar 500 m2 untuk setiap satu hektar lahan persawahan.
  3. Usahakan agar kondisi lahan persemaian tetap berair atau punĀ  becek serta berlumpur.
  4. Berikan pupuk kepada lahan persemaian dengan memakai dosis 10 gr Urea ditambah dengan 10 gr TSP ( dosis tersebut untuk setiap 1 m2 lahan persemaian ).
  5. Cara menanam benih padi yakni dengan cara menaburkan secara rata atau merata pada lahan pembenihan, yang telah Anda siapkan.

Penanaman Padi dalam Proses dari Penanaman Padi

Sesaat menanam bibit padi janganlah terlalu dalam, cukup dengan kedalaman 1-2 cm saja. Hal ini tentu saja penting dilakukan agar jumlah anakan produktif tanaman padi menjadi meningkat.

Menanam bibit padi yg terlalu dalam tentu akan sangat mempersulit usaha pembentukan si anakan padi.

Bakteri Pseudomonas alcaligenes yang terkandung dalam Black Bos akan bekerja memaksimalkan pertumbuhan akar serta meningkatkan penyerapan unsur hara makro dan mikro untuk tanaman.

Proses Pemupukan

Kesuksesan budidaya tanaman padi tentu tak lepas dari cara memupuk tanaman padi yang bagus pula. Maka dari itu cara memberikan pupuk padi, dilakukan dengan cara cara berikut:

  1. Tahap pertama. Dilakukan sesaat tanaman berusia sekitar 7-15 hari sejak masa tanam.
  2. Jenis pupuk yg dapat digunakan yakni urea serta TSP dengan takaran 100:50 kg per hektar.
  3. Setelah itu pemberian pupuk tahap kedua bisa dilakukan ketika tanaman berusia 25-30 hari.

Pemanenan

Yakni merupakan tahapan dalam menentukan kualitas yang akan dijadikan beras yg siap konsumsi.

Tahap penyimpanan hasil panen juga merupakan unsur penting agar kualitas tetap terjaga, seperti menempatkan hasil panen di tempat yang tidak terlalu lembab dan segera untuk diolah.

Untuk tahap ini, Anda bisa memakai jual mesin panen padi karena ini tentu akan sangat mempermudah pekerjaan Anda.

Sekian dari artikel mengenai proses dari penanaman padi, semoga bermanfaat. terimakasih. Bila Anda sekalian ingin membaca artikel lainnya dapat diklik disini.