produksi keripik pisang

Produksi Keripik Pisang Cocok Banget untuk Pebisnis Rumahan

Produksi Keripik Pisang – Pisang merupakan jenis tumbuhan yang bisa ditemui dengan sangat mudah di Indonesia dan kita dapat menemukannya hampir di semua pulau di Indonesia. Buah pisang ini memiliki kegunaan yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dan memiliki rasa yang manis dan juga enak. Buah pisang ini mempunyai banyak jenis, demikian juga dimakan secara langsung buah pisang juga enak bila diolah terlebih dahulu menjadi camilan misalnya seperti keripik pisang. Keripik pisang ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia dikarenakan memiliki rasa yang renyah dan juga enak. Cara membuat keripik pisang ini memang sangat sederhana dan bisa dikerjakan oleh siapa pun.

Keripik pisang ini juga dapat dijadikan salah satu peluang usaha yang begitu menguntungkan. Karena proses pembuatan yang memang mudah dan produk keripik pisang ini mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Keripik pisang juga sudah tidak asing lagi sebagai camilan ringan yang enak dan gurih yang disukai masyarakat, jadi orang pun tidak akan merasa bosan jika terus mengonsumsi keripik pisang. Buah pisang menjadi bahan dasar pembuatan keripik pisang jadi jika akan membuat usaha maka memilih kualitas pisang yang terbaik sehingga akan menghasilkan keripik pisang yang berkualitas. Kemasan dari produk juga akan mempengaruhi kualitas dari keripik pisang tersebut sehingga harus memilih kemasan yang sederhana tetapi tidak akan mengurangi citarasa dan nilai dari keripik pisang tersebut. Keripik pisang ini dapat dijadikan salah satu camilan ringan dengan harga yang cukup terjangkau sehingga lebih hemat dan juga praktis.

produksi keripik pisang

Produksi Keripik Pisang

Pada analisa modal dibawah ini untuk usaha keripik pisang skala rumahan. Jadi modal yang dibutuhkan tidak akan terlalu besar. Berikut dibawah ini analisa modal usaha keripik pisang yang bisa kamu jadikan referensi sebelum Anda memulainya sendiri.

Investasi Awal

Kompor + Tabung Gas Rp 300.000,-

 

Wajan Besar Rp 100.000,-

 

Mesin Slicer Rp 400.000,-

 

Baskom Rp  50.000,-
Alat lainnya Rp  85.000,-

 

Total Investasi Awal Rp 935.000,-

 

Operasional per Bulan

Bahan baku

Kurang lebih /hari Rp 200.000,- X 25 hari

 

Rp 5.000.000,-
7 tabung gas

/bulan Rp 20.000,- X 7 tabung

Rp    140.000,-
Kemasan Rp    400.000,-
Transportasi, listrik, dan pulsa sebulan Rp    500.000,-
Biaya lainnya Rp    604.000,-
Total Biaya Operasi /bulan Rp 6.644.000,-

 

Pendapatan per Bulan

Keripik Pisang dijual /100 gram Rp 13.000,-
Rata-rata penjualan /hari 30 bungkus keripik
Penjualan /bulan Rp 13.000,- X 30 bungkus X 25 hari

Rp 9.750.000,-

 

Laba Bersih per Bulan

Pendapatan – Biaya Operasional Rp 9.750.000,-  –  Rp 6.644.000,-
Laba Rp 9.750.000,-  –  Rp 6.644.000,-

Rp 3. 106.000,-

 

ROI (Return of Investment)

Investasi Awal : Laba Bersih /bulan Rp 935.000,- : Rp 3.106.000,-
Rp 935.000,-  :  Rp 3.106.000,-

0,3

 

Maka, dalam kurun waktu kurang dari satu bulan sudah akan bisa balik modal

 

Cara Membuat Keripik Pisang

produksi keripik pisang

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan air bersih terlebih dahulu yang telah di isi garam dan dimasukkan ke dalam loyang, kemudian iris tipis-tipis pisang muda yang sudah di kupas dan masukkan kedalam loyang tersebut. Lalu angkat dan tiris kan kemudian masukkan kedalam penggorengan yang sudah berisi minyak goreng yang tadi terlebih dahulu sudah dipanasi, sehingga minyak goreng sudah panas. Tunggu sampai pisang berwarna kecoklatan lalu angkat kemudian tiris kan. Lalu kemas kedalam kantong plastik dan keripik pisang siap untuk dipasarkan.

 

Target Pasar

Seluruh kalangan mulai dari anak – anak hingga orang dewasa akan menyukai camilan ringan yang satu ini, sehingga untuk memasarkan keripik pisang tentu akan lebih mudah. Pilihlah tempat terlebih dahulu untuk menjual keripik dengan memanfaatkan tempat yang ramai, yang banyak dilalui orang dan banyak dikenal, hal ini akan menyebabkan keripik pisang Anda akan lebih cepat laku dan juga dikenal oleh mayarakat luas.

Promosi

Pada hal promosi ini agar bisa lebih cepat terjual maka tempat-tempat yang ramai seperti sekolahan, pasar, kampus, pusat perbelanjaan dan kantor. Tempat tersebut adalah tempat yang letaknya cukup strategis untuk mempromosikan dagangan.

Beberapa cara promosi yang dapat dilakukan, antara lain :
1. Menggunakan brosur, cara ini bisa dibilang cukup efektif untuk mengenalkan produk yang Anda jual, brosur ini bisa menerima pesanan misalnya seperti delivery.
2. Menjual produk secara langsung, cara ini juga efektif karena bisa bertemu secara langsung dengan konsumen yang membeli produk dan dapat mempromosikan secara langsung.
3. Melalui sosial media, cara ini dapat digunakan dan cukup efektif karena saat ini banyak orang yang mempunyai media – media online untuk berkomunikasi dengan banyak orang misalnya seperti yahoo, google, facebook, twitter dan lain sebagainya dan jangan takut untuk gagal sebelum anda mencobanya.

 

Keunggulan Produk Keripik Pisang

– Harga keripik pisang cukup mudah dan bisa terjangkau oleh berbagai macam kalangan.
– Kualitas yang ada di dalam keripik pisang ini sudah terjamin, karena proses pembuatan keripik pisang ini sangat mengutamakan kebersihan dan juga kehigienisan.
– Produk keripik pisang ini sudah tersedia dalam berbagai macam ukuran kemasan.
– Keripik pisang mempunyai citarasa yang enak dan gurih.
– Keripik pisang bisa menjadi alternatif sebagai camilan ringan yang hemat dan praktis.

Kelemahan Produk Keripik Pisang

– Bahan dasar pisang ini mudah sekali untuk rusak
– Keripik akan menjadi rusak jika disimpan dengan cara yang salah seperti ditumpuk dengan barang lain dan dilakukan secara sembarangan.

Peluang Berbisnis Keripik Pisang

– Permintaan pasar akan keripik pisang yang semakin hari semakin meningkat
– Keadaan masyarakat yang konsumtif sehingga mempermudah dalam proses pemasaran

Ancaman Berbisnis Keripik Pisang

– Saingan antar pedagang yang ketat dan terus meningkat.
– Munculnya produk baru dengan kualitas yang lebih unggul dibanding produk kita.
– Naiknya harga bahan baku atau bahan dasar dikarenakan jumlahnya yang semakin sedikit atau terbatas.

Demikian artikel tentang Produksi Keripik Pisang. Semoga ilmu yang didapat, bisa dimanfaatkan dan dapat berguna untuk kedepannya. Terimakasih semua!

Related Posts