Pemeliharaan Tanaman Kacang Panjang

pemeliharaan tanaman kacang panjang- atau Vigna Sinensis digolongkan kedalam famili leguminosa.

Budidaya kacang panjang bisa di lakukan di dareah di dataran tinggi hingga 800 meter dpl, maupun di daratan rendah. Suhu optimum pertumbuhan tanaman kacang panjang ada di rentang 15 sampai 24oC dengan curah hujan 600 sampai 1500 mm per tahun. Sedangkan suhu minimal yang bisa di capai adalah 35oC dan suhu minimal 10oC.

budidaya tanaman kacang panjang bisa di lakukan sepanjang musim. Namun, kebiasaan petani menanam tanaman kacang panjang di awal musim hujan, kecuali untuk tanah sawah, petani biasanya menanam tanaman kacang panjang di musim kemarau. tanaman  kacang panjang menyukai tipe tanah gembur yang terkena langsung sinar matahari dengan drainase yang baik. Kandungan zat hara dalam tanah yang lebih akan membuat tanaman kacang panjang tumbuh subur.

Pemeliharaan Tanaman Kacang Panjang

Pengolahan lahan budidaya kacang panjang

pemeliharaan tanaman kacang panjang-  Pengolahan tanah berupa pembajakan di perlukan untuk budidaya tanaman kacang panjang di lakukan di tanah sawah atau tanah padat. Tanah yang dibuat bedengan diusahakan sehalus mungkin agar perakaran tanaman dan drainase berkembang baik.

Buat bedengan dengan ukuran lebar 80 sampai 90 cm, dengan ketinggian 20 sampai 25 cm khusus untuk tanah sawah bisa ditinggikan hingga 30 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan lansekap lahan. Jarak antar bedengan dibikin selebar 40 sampai 50 cm.

Sebaiknya pupuk kandang terdiri dari kotoran ayam dan kotoran sapi (bisa juga kerbau atau kambing) dengan perbandingan 1 banding 1. Setelah dipupuk, biarkan tanah selama 4 sampai 5 hari sebelum benih ditanam.

Pemeliharaan Tanaman Kacang Panjang

Penanaman benih kacang panjang

Kacang panjang lebih efektif di tanam secara langsung tidak di semaikan terlebih dahulu. Pemilihan benih kacang panjang yang baik bisa di lihat secara fisik, yaitu dari penampilan biji kacang panjang yang mengkilap. benih kacang panjang yang baik apabila di rendam dalam air akan tenggelam dan tidak mengapung. Apabila benih kacang panjang di beli di toko lebih baik benih kacang panjang telah di uji lembaga terpercaya.

Jarak tanam kacang panjang adalah 40 cm antar baris dan 30 cm dalam baris, dalam satu bedengan terdapat dua baris. Kemudian masukan 2 sampai 3 biji benih kacang panjang pada setiap lubangnya, tutup dengan tanah.

Hama dan penyakit dalam budidaya kacang panjang

Salah satu faktor pembatas produktivitas kacang panjang adalah serangan hama dan penyakit. Hama yang sering dijumpai pada budidaya kacang panjang antara lain:

    • Kutu hitam dan kutu putih, menghisap cairan pada daun sehingga mengakibatkan bercak kuning pada daun. Pada gilirannya akan menganggu proses fotosintesis daun sehingga produksi tidak maksimal. Serangan bisa hebat dan meluas hingga menghabiskan seluruh areal tanaman.

Hasil panen budidaya kacang panjang

Budidaya kacang panjang sudah siap dipanen setelah 45 sampai 50 hari. Buah yang siap dipanen berwarna hijau keputihan. Cara panen dilakukan dengan cara dipetik, biasanya periode panen kacang panjang dalam satu kali siklus budidaya sebanyak 15 sampai 18 kali. Budidaya tanaman kacang panjang yang baik menghasilkan panen lebih dari 35 ton per hektar.

Cara memetik buah saat panen menentukan produktivitas panen berikutnya. Ada dua cara untuk memetik buah kacang panjang. cara yang pertama mematahkan tangkai tanaman kacang panjang ke arah yang berlawanan dengan lekukan tanaman yang menempel pada tanaman kacang panjang. Kedua dengan cara memutar tanaman kacang panjang hingga terlepas dari tangkainya. cara tersebut bisa menghindarkan kerusakan pada bunga atau buah yang belum siap panen.