peluang usaha tepung jagung

Peluang Usaha Tepung Jagung Dan Analisa Usahanya

Peluang usaha tepung jagung? Kebutuhan tepung jagung untuk saat ini semakin terus meningkat. Peningkatan kebutuhan dikarenakan banyaknya aneka olahan makanan yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan baku utama tepung jagung. Tepung jagung bisa dijadikan aneka olahan makanan baik berupa kue, makanan ringan, kerupuk, dll. Tepung jagung berasal dari bahan baku utama jagung berkualitas yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan tepung jagung yang sering Anda jumpai. Harga jual jagung yang masih mentah jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produksi tepung jagung.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan nilai jual tepung jagung maka dapat mencoba memproduksi tepung jagung. Produksi tepung jagung sebenarnya cukup mudah dan bisa Anda jalankan sebagai peluang usaha. pada mulanya jagung yang telah dipanen dikupas dahulu kemudian dipipil. Setelah proses pemipilan selesai jagung kemudian dijemur untuk menurunkan kadar airnya. Setelah kering proses selanjutnya yang dilakukan adalah penggilingan. Proses penggilingan adalah proses yang akan menghasilkan tepung dengan tekstur lembut.

Kegunaan tepung jagung umumnya dimanfaatkan untuk mengentalkan kuah ataupun membalut bahan makanan sebelum digoreng. Di balik semua fungsi tepung maizena, sebenarnya apakah ada manfaat tepung maizena untuk kesehatan? Meskipun dapat menambah cita rasa makanan, tetapi sebenarnya tidak banyak manfaat tepung maizena. Namun, bukan berarti tepung maizena tidak memiliki kegunaan apapun untuk diri Anda.

Apakah Manfaat Tepung Jagung? 

peluang usaha tepung jagung

Tepung maizena terbuat dari bagian lapisan luar dari biji jagung dan melewati berbagai proses untuk bisa berbentuk seperti tepung. Sebenarnya, bagian dalam biji jagunglah yang mengandung paling banyak nutrsi. Oleh karenanya, tidak terlalu banyak nutrisi yang bisa didapatkan dari tepung maizena.

Satu cangkir tepung maizena mengandung 488 kalori dengan sedikit sekali serat dan tidak ada protein, vitamin, ataupun lemak. Namun, masih terdapat beberapa manfaat tepung jagung yang bisa Anda tuai, yaitu:

1. Bebas gluten

Kandungan tepung maizena bersifat gluten free atau bebas gluten. Bila Anda sensitif atau alergi gluten, Anda bisa memilih tepung maizena sebagai pengganti karbohidrat tinggi gluten lainnya. Namun, sebenarnya Anda dapat memilih alternatif lain yang lebih bernutrisi, seperti tepung oat.

2. Membantu menambah berat badan

Salah satu manfaat tepung maizena adalah menambah berat badan dengan cepat. Oleh karenanya jika Anda memiliki berat badan di bawah normal atau butuh meningkatkan berat badan dengan cepat, Anda bisa mencoba mengonsumsi tepung maizena sebagai kalori tambahan.

3. Cocok untuk diet vegan atau vegetarian

Selain bebas gluten, Anda yang menerapkan pola makan vegetarian atau vegan. Anda yang mengalami alergi telur dapat menggunakan tepung maizena sebagai pengganti telur saat memanggang atau membuat kue.

Manfaat tepung maizena sebagai pengganti telur bisa digunakan dengan cara mencampurkan satu sendok makan tepung maizena ke dalam tiga sendok makan air hangat hingga memiliki konsistensi seperti telur.

4. Memberikan energi instan

Manfaat tepung maizena lainnya adalah memberikan energi instan saat dikonsumsi. Tepung maizena terdiri dari karbohidrat yang dapat dengan cepat dijadikan glukosa. Ditambah lagi tepung maizena hanya memiliki sedikit sekali nutrisi yang perlu dicerna. Karenanya tubuh tidak memerlukan waktu yang lama untuk memproses tepung maizena menjadi energi.

5. Mengurangi efek terbakar matahari

Kulit terbakar matahari atau sunburn dapat diatasi dengan menambahkan secangkir tepung maizena ke dalam air hangat dan berendam di dalamnya selama 20 sampai 30 menit.

Tepung maizena membantu melembutkan dan memberikan rasa nyaman pada kulit. Anda juga bisa membasahi perban atau penutup luka dengan campuran tersebut dan kompres selama 30 menit pada daerah yang mengalami sunburn.

Analisa Yang Harus Dilakukan Untuk Usaha Tepung jagung

peluang usaha tepung jagung

Peluang bisnis tepung jagung bisa dijalankan oleh siapa saja dan bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis tepung berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya mampu bersaing dengan para pembisnis tepung jagung lainnya.

Mencari Supplier Jagung

Produksi tepung jagung tentu membutuhkan jagung dalam kapasitas yang banyak. Jika Anda tidak mencari supplier jagung bisnis yang Anda jalankan tentu tidak bisa berjalan dengan lancar. Jika proses penepungan terkendala dengan kebutuhan bahan baku utama tentu proses selanjutnya tidak bisa dilakukan. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda mencari supplier yang terpercaya agar kebutuhan jagung yang Anda perlu bisa terpenuhi dengan cepat.

Kualitas Tepung

Kualitas tepung yang dihasilkan akan mempengaaruhi harga jual dari tepung jagung yang Anda produksi. Usahakan untuk menggunakan jagung berkualitas supaya tepung yang dihasilkan juga berkualitas. Kualitas tepung jagung biasanya juga dilihat dari kelembutannya. Semakin lembut tepung yang dihasilkan akan disukai oleh konsumen.

Kemasan Produk

Kemasan tepung jagung sebaiknya dibuat dengan beberapa pilihan sehingga konsumen lebih mudah untuk mendapatkan tepung jagung sesuai dengan kebutuhan. Sediakan kemasan mulai dari berat terkecil hingga yang paling besar.

Harga Jual

Harga dari tepung jagung Anda tentukan juga akan mempengauhi kelancaran bisnis yang Anda jalankan untuk itu Anda harus menentukan harga tepung jagung sesuai harga pasaran.

Pemasaran Luas

Supaya produksi tepung yang Anda jalankan dapat diketahui oleh masyarakat secara luas sebaiknya Anda melakukan pemasaran di beberapa daerah. Dengan hal ini konsumen akan mengetahui tepung jagung yang Anda produksi. Masyarakat juga akan semakin mudah untuk menjangkaunya.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan peluang bisnis tepung jagung dapat Anda perhatikan di atas. Hal-hal penting di atas memang perlu diperhatikan supaya dapat membuat bisnis yang Anda jalankan dapat bersaing lebih unggul dari pembisnis tepung jagung lainnya. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis tepung jagung ada hitungan analisa usaha yang perlu Anda ketahui juga.

Demikianlah artikel tentang peluang usaha tepung jagung dan analisa usahanya. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang peluang usaha tepung jagung. Anda dapat menggunakan mesin pemipil jagung untuk memisahkan biji dari jagungnya. Selamat mencoba dirumah dan semoga berhasil.

Related Posts