Peluang usaha santan kelapa

Peluang usaha santan kelapa

Peluang Usaha Santan Kelapa

Dalam membangun sebuah usaha kita harus memikirkannya matang-matang sehingga perkembangan kedepannya tidak akan terjadinya kebangkrutan.Semua usaha yang direncanakan dan dikelola dengan baik, memiliki potensi pertumbuhan yang baik di masa depan kelak, atau dengan kata lain, tidak ada usaha yang tidak memiliki potensi pertumbuhan.

Contohnya disini adalah membangun sebuah usaha santan kelapa. usaha santan kelapa adalah usaha yang sangat mudah untuk dilakukan.

Apa itu santan kelapa? -Santan adalah cairan putih seperti susu yang terbuat dari perasan parutan kelapa, santan sendiri biasanya digunakan untuk bahan tambahan memasak seperti memasak sayur kuah santan,kue, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu santan juga bermanfaat untuk rambut.

Salah satu bisnis yang bahannya mudah dicari dan tidak memerlukan banyak bahan, tidak perlu menggunakan label, dan juga tidak perlu di kemas khusus.Bisnis ini adalah bisnis santan kelapa, yang diolah dari daging kelapa yang parut.

Bahan utamanya hanyalah daging kelapa yang di parut dan di tambahkan sedikit air lalu di peras, Begitu mudaahnya membuat santan kelapa dan modalnya yang juga begitu murah, kalian bisa mendapat keuntungan yang berlipat ganda.

Usaha peras santan terlihat sederhana, di setiap sudut jalan perumahan, di pasar, pasti ada usaha peras santan.Jika suatu bisnis itu bagus, coba lah lihat pelakunnya, banyak atau tidak.

Peluang usaha santan kelapa dan analisa usahanya -Santan kelapa adalah salah satu bahan masakan yang biasa digunakan untuk membuat masakan khas berkuah santan.Biasanya pada hari-hari besar santan kelapa sangat dibutuhkan.Mungkin anda yang tinggal di pedesaan akan lebih mudah untuk membuat sendiri santan kelapa karena tidak perlu untuk membeli kelapa lagi.

Tetapi bagaimana jika anda yang tinggal di kota-kota besar dan ternyata harus membeli kelapa terlebih dahulu, kemudian anda memarutnya dan memerasnya.Tentu itu akan sangat membuang waktu, karena itulah anda bisa saja membeli santan kelapa dalam bentuk bubuk ataupun cairan untuk diguanakan dalam masakan anda.

Fakta tersebut tentu akan membuat anda berpikir apakah peluang usaha santan kelapa memiliki hasil yang baik?Tentu saja peluang usaha santan kelapa adalah jawaban yang tepat bagi anda yang ingin memulai sebuah usaha.Apa sajakah yang harus anda persiapkan dan pertimbangkan ketika ingin memulai bisnis santan kelapa ini? Simak ulasannya berikut ini:

Peluang Usaha Santan Kelapa dan Cara Menjalankan Bisnis Peras Santan Kelapa:

Peluang usaha santan kelapa

1. Peluang Usaha Santan Kelapa dan Modalnya

Hal penting pertama yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis adalah modal. Modal adalah langkah awal untuk memulai bisnis, yang bisa serupa uang atau benda. Hal ini harus diperhatikan karena sangat mempengaruhi bisnis kita kedepannya.

Namun tidak perlu khawatir, sekarang sudah banyak sumber yang bisa menolong kita para pebisnis pemula untuk mendapatkan modal.Modal bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, seperti dari keluarga, tabungan pribadi, angel investor.

Tidak hanya itu, ada juga crowdfunding, ventul capital, pinjaman Kredit usaha Rakyat(KUR), dan pinjaman dari bank. Ada satu sumber modal yang sangat di sarankan bagi para pebisnis pemula, yaitu Pre-Sale.Kita bisa mendapatkan modal dengan cara menjual produk sebelum produk itu diluncurkan.

Cara ini sangat efektif dan sering dipilih para pengusaha pemula. Karena melalu cara ini mereka bisa mengumpulkan uang dan membiayai bisnisnya sendiri.

Dala usaha peras santan, kita perlu membeli peralatan yang dibutuhkan seperti mesin. Mesin sangat berpengaruh dalam produksi untuk jumlah banyak. Dengan menggunakan mesin pemeras santan, maka bisnis kita dijamin akan berkembang.

Peluang usaha santan kelapa

 

 

2. Jenis Santan Kelapa untuk modal usaha

Peluang usaha santan kelapa

Untuk memulai bisnis peras santan kelapa, kita perlu membeli kelapa sebagai bahan dasarnya. Memilih jenis kelapa juga tidak kalah penting. Sebagai pebisnis pemula kita harus megetahui jenis kelapa yang kita butuhkan dan cocok untuk usaha kita.

Berikut ciri-ciri kelapa yang segar dan baik untuk diolah:

  • Seratnya berwarna cokelat
  • Isi airnya banyak
  • Kelapa yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua
  • Memiliki lingkaran yang menyatu pada tangkainya
  • Cangkang kelapa masih utuh
  • Suaranya terasa membal dan bergetar saat ditepuk
  • Tidak berjamur
  • Luarnya kering, tidak lembab

Anda mungkin berpikir bahwa santan kelapa hanya ada dalam bentuk cair,sebenarnya santan kelapa ada banyak jenisnya, sebaiknya anda memilih jenis santan kelapa dalam bentuk bubuk karena itu lebih mudah dijual ke barbagai wilayah.Jika biasanya santan kelapa akan basi ketika tidak diinginkan, maka dalam bentuk bubuk akan berbeda lagi.

3. Pasokan Kelapa

 

Anda harus melihat terlebih dahulu apakah disekitar tempat anda ada banyak kelapa, jika memang iya, anda bisa melanjutkannya karena anda tidak perlu membeli kelapa dari tempat yang jauh.Kemudian jika memang jarang adanya kelapa, anda bisa pertimbangkan berapa banyak modal yang harus dikeluarkan untuk oongkos kirim kelapa yang nanti akan anda beli.

4. Target Market

Bisnis adalah sebuah undian yang tidak  bisa diprediksi dan sangat membutuhkan perjuangan.Banyak hal yang harus kita lakukan demi mendapatkan bisnis yang lancar dan juga laris di pasaran. Selain itu, ada juga beberapa kiat penting yang harus dilakukan saat menjalani bisnis.Salah satunya yaitu menentukan target market.Berikut beberapa penjelasan mengenai target pasar.

Secara garis besar dan mendalam, target tersebut adalah target pasar utama dan tujuan utama dari konsumen yang dituju. Ini merupakan tujuan utama produk yang akan dipasarkan kepada siapapun sesuai dengan bobot dan pengkhususan produk itu sendiri.

Target pasar adalah hal yang tidak bisa dilewatkan. Targetnya adalah siapapun yang akan membeli dan menggunakan produk dari bisnis ini.Ini penting sekali untuk menentukan kelanjutan dari produk ini. Oleh karena itu, oerlu untuk mengetahui target yang dituju sebelum menentukan desaain, harga, dan lainnya dari sebuah produk

Anda harus tahu wilayah mana yang nantinya akan jadi target market anda,jangan lupa juga untuk mencari distributor dan bekerja sama dengan berbagai orang untuk menjualkan produk yang anda miliki.

Bisnis Pengolahan Santan

Santan berawal dari hasil parutan kelapa. Memarut kelapa sendiri juga menggunakan kinerja mesin. Dengan mesin,anda tidak perlu repot lagi untuk memarut kelapa. Sebelum diparut, tempurung dan batok kelapa terlebih dahulu dihilangkan.  Setelah itu, kulit cokelat kelapa dikupas menggunakan alat pengikis kulit kelapa atau pisau. Namun, tanpa dikikis pun tidak menjadi masalah.

Hal tersebut sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu, dakelapa dicuci bersih, sedangkan air kelapa dipisahkan ke wadah yang berbeda. Untuk memproses mesin pemarut kelapa, terlebih dahulu nyalakan mesin. Masukkan potongan kelapa satu per satu ke bagian mesin pemarut kelapa dan seketika mesin akan bekerja memarut secara otomatis.

Jangan lupa letakkan wadah di bawah mesin, karena hasil parutan akan jatuh ke wadah. Setelah selesai memarut, Anda harus langsung membersihkan bagian-bagian mesin yang masih tersisa bekas parutan.  Setelah diparut, masukkan hasil parutan kelapa dengan tambahan air ke mesin pemeras santan otomatis. Mesin akan bekerja secara otomatis untuk memeras hasil parutan menjadi santan. Selain itu. mesin pemeras santan dapat memisahkan hasil olahan santan dan ampas sisa di wadah yang berbeda. Jika ampas masih bisa untuk diperas kembali, lakukan cara yang sama untuk menghasilkan santan yang lebih banyak.

Jika menggunkan tangan, anda harus mengeluarkan tenaga untuk memeras santan berkali-kali. Cara manual tersebut tidak menghemat waktu. Belum lagi jika santan tumpah-tumpah karena wadah yang tidak mencukupi atau wadah yang berukuran terlalu kecil. Hal tersebut akan memperlambat kinerja anda.

Itulah Peluang Usaha Santan Kelapa Dan Analisa Usahanya, bagaimana apakah anda tertarik untuk mengambil peluang usaha peras santan kelapa di atas dan mengambil banyak keuntungan? Silahkan anda pikirkan kembali dan jangan lupa untuk mendapatkan mesin dengan harga murah dan kualitas bagus, Silakan cek di CV.RUMAH MESIN. Terima Kasih.

Related Posts