Olahan Singkong Parut Tanpa Kelapa tapi tetap Gurih !

Singkong Parut Tanpa Kelapa

Olahan Singkong Parut Tanpa Kelapa itu adalag topik pembahasan kita pada kali ini sebelum masuk ke inti topiknya kalian apa sudah tau apa si singkong itu?.

Singkong adalah tanaman tropis atau subtropis, tanaman / makanan ini bisa dijadikan makanan utama karena kandungan karbohidratnya yang sangat tinggi dan bisa menggantikan nasi, tanaman ini juga bisa disebut ketela atau juga umbi kayu.

Singkong Parut Tanpa Kelapa

Kue Singkong Parut Pelangi

Makanan Khas indonesia sudah sangat terkenal dengan kelezatan, makanan tradisional ini yang berbahan singkong meskipun ini hanya camilan tetapi makanan ini sangat mengenyagkan, karena berbahan utama singkong.

Makanan / camilan yang sangat lezat ini, olah dengan cara di parut tetapi tidak ada campuran kelapa didalamnya, tetapi saya akan tetap mempunyai rasa yang gurih walaupun kita tidak menggunakan kelapa.

Nah kali inisaya akan memberi tahu resep sekaligus agar rasa yang dihasilkan enak dan nikmat. Langsung saja simak, berikut adalah resep dan cara membuatnya versi manfaatcara.com:

Bahan – bahan Membuat Singkong Parut tanpa Kelapa:

  • 1/2 kg singkong
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm bubuk vanilla
  • 150 ml susu UHT cair
  • Secukupnya pewarna makanan (sesuai keinginan)

Toping Membuat Singkong Parut Tanpa Kelapa :

  • Keju (bisa coklat, susu, selai atau sesuai keinginan kalian)

Saya juga memberikan sebuah resep singkong keju untuk jualan

Cara Membuat Singkong Parut tanpa Kelapa:

  1. Panaskan kemudian kukusan, jangan lupa penutupnya diberi kain, agar tidak ada udara yang menetes dan membuat bagian atas kue menjadi lembek. Sisihkan terelebih dahulu.

  2. Siapkan cetakan daun pisang, dan diolesi minyak goreng agar mudah dikeluarkan dari cetakan dan tidak lengket. kemudian Parut singkong.

  3. Campurkan semua bahan, kecuali pewarna makan.

  4. Bagi singkong menjadi beberapa bagian sesuai jumlah yang diinginkan. Tambahkan pewarna makanan.

  5. Masukkan topping ke dalam dasar cetakan (Saya: keju parut)

  6. Masukkan adonan singkong satu persatu ke dalam cetakan dengan cara diratakan dan tekan-tekan menggunakan sendok.

  7. Masukkan kedalam kukusan. Kukus selama kurang lebih 25 – 30 menit.

  8. Setelah matang, dinginkan dulu sebelum dipotong. dan Siap disajikan langsung siap santap

Saya juga memberikan sebuah resep keripik singkong pedas gurih

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Singkong dikenal memiliki rasa yang lezat dan juga harga yang murah, kalian juga bisa menanam dengan mudah, dibalik itu semua situs memiliki manfaat dan kandungan yang berguna bagi kesehatan kita ternyata.

Disini manfaatcara.com akan mengulas manfaat singkong yang berguna bagi tubuh kita dan juga kesehatan kita, ini dia, berikut 8 manfaat singkong untuk kesehatan kita seperti:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan dalam sistem pencernaan kita. Singkong dikenal kaya akan serat, termasuk dalam kelompok serat tidak larut. Hal ini membuat singkong membantu penyerapan racun di usus. Racun yang terserap akan dibuang bersama tinja atau feses.

Manfaat yang mampu menjaga kesehatan usus sehingga bermanfaat untuk sistem pencernaan. Serat salah satu jenis makanan yang bukan karbohidrat yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Jika tubuh kekurangan asupan serat, hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti, radang usus besar, diare, dan sejenisnya. Sistem pencernaan, bakteri membantu perkembangan baik dan meningkatkan fungsi bakteri baik untuk melindungi bakteri jahat.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat singkong yang kedua adalah membantu Anda dalam proses menurunkan berat badan. Informasi yang diketahui bermanfaat untuk dikonsumsi oleh mereka yang mengikuti penurunan berat badan.

Ini karena singkong rendah kalori dan kaya serat, yang dapat membantu tubuh merasa kenyang dalam waktu lama. Dengan ini, Anda dapat mengontrol frekuensi makan Anda dan mencegah Anda makan berlebihan.

3. Menjadi Sumber Energi Bagi Tubuh

Manfaat ketiga adalah dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh. Setiap 100 gram singkong mengandung 160 kalori.

Selain itu juga karbohidrat yang diubah menjadi gula yang merupakan sumber energi dalam tubuh. Sekitar 80% konsumsi karbohidrat per hari yang dibutuhkan oleh organ seperti otak agar otak dapat berfungsi secara maksimal.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat ubi kayu yang keempat adalah dapat membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Singkong dapat membantu pertumbuhan rambut dengan baik, juga mengontrol rambut yang mudah rontok, dan memberikan nutrisi pada rambut kita.

Akar dan daun singkong yang telah kita haluskan dapat digunakan sebagai masker rambut, dengan tujuan agar rambut tumbuh lebih cepat, rontok dan tidak mudah. Selain itu, rambut rontok merupakan dilema bagi kebanyakan wanita.

Menggunakan singkong dengan cara ini juga dapat membantu mengontrol rambut rontok dengan mudah. Ini adalah solusi sederhana, cepat, dan efektif untuk menutrisi rambut Anda dari akar hingga ujung, mengondisikan dan mengontrol rambut rontok.

5. Membantu Menurunkan Demam dan Sakit Kepala

Manfaat kelima adalah dapat membantu meredakan sakit kepala dan demam yang menyerang Anda. Daun singkong efektif mengobati demam. Caranya, ambil umbi dan daun singkong untuk membuat rebusan. Ambil 400 gram daun singkong dan 80 gram umbi, lalu rebus dalam satu liter air.

Saat volume udara berkurang setengahnya, matikan api dan biarkan air mendidih menjadi dingin. Singkong juga dikenal bisa meredakan sakit kepala. Yang harus kalian lakukan adalah mengambil 60 gram umbi atau daun singkong, rendam dalam udara selama beberapa jam, lalu campurkan menggunakan blender. Minum dua kali sehari.

6. Membantu Perawatan Rematik

Manfaat singkong yang keenam yaitu dapat membantu mengobati rematik. Rematik mengacu pada penyakit yang berhubungan dengan otot dan persendian. Contohnya termasuk osteoporosis, artritis, spondilitis, dan lupus. Sedangkan daun singkong dikenal kaya akan magnesium.

Singkong menyediakan lebih dari sepertiga kebutuhan magnesium harian Anda per porsi. Untuk membuat obat rematik alami dengan menggunakan bahan utama singkong, anda dapat mengambil 150 gram daun singkong, sedikit serai, dan garam beserta 15 gram jahe.

Rebus bahan dengan 1 liter udara hingga udara berkurang menjadi sekitar 400 cc. Minum ramuan ini setiap pagi untuk mencegah rematik.

7. Baik untuk Merawat Luka

Manfaat ketujuh singkong adalah dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka di tubuh. Daun singkong dikenal sangat bermanfaat dalam penyembuhan luka. Daun singkong mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

Caranya, Anda tinggal menghancurkan daun singkong dan mencampurkannya dengan sedikit gel lidah buaya hingga membentuk pasta yang halus. Oleskan pasta ke luka. Anda juga bisa menggunakan batang singkong dengan cara memarut sebagian akar singkong dan menggosok lukanya.

Jika Anda menderita luka bakar, akibat dari akar singkong dan oleskan setiap hari pada luka.

8. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat kedelapan adalah dapat membantu Anda meningkatkan nafsu makan. Jika Anda mengalami fase makan yang sulit karena kehilangan nafsu makan, karena dapat membantu pembantuannya.

Caranya, ia membuat air rebusan dari daun singkong dan jahe, lalu berkurang setiap pagi setelah bangun tidur. Campuran ini akan membantu meningkatkan nafsu makan Anda lagi.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua, jangan tinggalkan satu langkah pun karena bisa mempengaruhi hasil akhir makanannya.