Olahan Bakso Tanpa Kuah yang Enak Dan Bermanfaat Buat Kamu

olahan-bakso-tanpa-kuah

Yang praktis memang banyak, begitu pula olahan bakso tanpa kuah. Selain mudah dlm pembuatannya, tentu saja bermacam macam dan unik juga pembuatannya. Nah, artikel kali ini akan membahas bakso tanpa kuah dari olahan bakso unik.

Siapa sih yang tak menyukai kuliner berkuah yang satu ini? Hampir seluruh orang Indonesia tentu pernah mencicipi hidangan yang menyajikan daging sapi dalam bentuk bola ini lho. Tentu, bakso memang menjadi salah satu makan favorit banyak orang lho.

Bakso sangat gampang ditemukan di hampir seluruh pelosok Indonesia loh. Makanan yang paling nikmat disantap disaat hujan turun ini seringnya dibuat dari campuran daging sapi giling serta tepung tapioka. Akan tetapi terdapat juga bakso yang terbuat dari campuran daging ayam, ikan dan juga udang.

Perlu diketahui apabila istilah bakso berasal dari kata kata Bak dan juga kata So, yang dalam bahasa Hokkien secara harfiah berarti daging giling. Hal ini menunjukkan bahwa bakso berasal dari seni kuliner campuran Tionghoa serta tentu saja  Indonesia.

Umumnya bakso disajikan dengan kuah kaldu sapi bening dengan tambahan mi, akan tetapi saat ini bakso juga dapat dinikmati tanpa kuah lho.

Olahan Bakso Tanpa Kuah

olahan-bakso-tanpa-kuah

1. Bakso Tanpa Kuah, Bakso Penyet

Kalau makan ayam dan bebek penyet rasanya sudah biasa bgtt yap? Namun kalo bakso yang dipenyet, kamu sudah pernah coba belum? Kecintaan orang Indonesia dengan makanan bercita rasa pedas, khususnya sambal memang tak ada dua nya deh.

Tak heran kalau bola bola daging yng biasanya disantap dengan kuah ini juga dibuat menjadi penyetan berbalut sambal pedas. Kebayang dong sensasi nya menikmati bakso goreng dengan cita rasa pedas yg bakal bikin kamu ketagihan?

Bahan bahan

  • 5 sdm tepung tapioka
  • 100 gr ikan giling
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt lada
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • 1 butir telur
  • 1 sachet saus tiram
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan sambal :

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 1 buah tomat
  • 5 buah cabe rawit
  • secukupnya Gula dan garam

Langkah

  1. Giling halus bawang putih dan lada. Campur adonan bakso ikan jadi satu. Hasil nya adonan lengket. Panaskan minyak. Goreng adonan bentuk bulat2.
  2. Sambil terus d aduk2. Gunany agar adonan mengembang. Jdi nya garing kulitny tp lembut ddlm. Gunakan api kecil.
  3. Untuk sambal. Giling halus semua bahan. Kemudian tumis hingga harum.
  4. Masukkan gula dan garam tes rasa. Lalu tumis hingga sambel matang

2. Bakso Sambal Matah

Masih dengan varian sambal khas Indonesia, kali ini baso dikreasikan dengan sambal matah yang berasal dari Bali loh. Sambal yang menawarkan rasa segar serta pedas ini memang tengah menjadi tren di dunia kuliner Tanah Air kita loh.

Bakso bakso yang telah digoreng sebelum nya setelah itu disiram dengan sambal matah yng menggugah selera. Hanya dengan tambahan nasi panas sajha, dijamin kamu bakal menikmati sensasi berbeda ketika menyantap bakso.

Bahan bahan

  • 25 bh bakso Frozen
  • Seckpnya minyak goreng

Bhn. Sambal :

  • 6 bh bawang merah
  • 7 bh cabe rawit mrh
  • 2 btng serai ukuran kcl, ambil putihnya saja
  • 1 lbr daun jeruk, buang tulangnya
  • 1/4 sdt terasi, bakar sebentar
  • Seckpnya garam dan gula
  • Sedikit minyak kelapa
  • Seckpnya jeruk limo

3. Bakso Goreng

Nah kalau kreasi bakso yang satu ini sudah tak asing lagi dong hehe? Bakso bakar ini dikenal sebagai salah satu kuliner Malang yg hits banget. Bakso yng sudah dilumuri bumbu khusus setelah itu dibakar di atas arang menyala.

Untuk menikmatinya kamu dapat menyantap nya langsung begitu saja lho atau dapat juga dengan memasukkannya dalam kuah dengan tahu dan gorengan lainnya.

Bahan bahan

  • 10 butir bakso dibelah spy mekar
  • bumbu halus
  • 10 bh cabe merah + cabe rawit
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 btr kemiri
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm saos tomat
  • secukupnya Gula Garam
  • penyedap/kaldu jamur (optional)
  • 1 sdt larutan maizena

Langkah

  1. Untuk pembuatan bakso nya Anda dapat mencetaknya dengan membelinya di jual mesin pencetak bakso
  2. Goreng bakso sampai matang dan mekar,kmdn sisihkan
  3. Panaskan minyak goreng seperlunya tumis bumbu halus sampe harum
  4. Tambahkan air kurleb satu gelas tunggu sampe mendidih kemudian masukkan bakso goreng aduk aduk sampe merata
  5. Tambahkan saos tomat,kecap manis serta Gula Garam serta penyedap atau bisa memakai kaldu jamur
  6. Sambil terus diaduk supaya bumbu merata,air agak menyusut masukkan larutan maizena aduk sampe tercampur serta kelihatan agak mengental
  7. Kecilkan api,masak sampai air menyusut bumbu sudah meresap dan kelihatan berminyak
  8. Jangan lupa tes rasa jika sudah pas,matikan kompor
  9. Bisa dimakan pakai nasi atau dimakan langsung,mantap surantap deh hahahaha

Sampai disini saja artikel mengenai olahan bakso tanpa kuah, semoga bermanfaat. Terimakasih. Jika Anda ingin membaca artikel artikel lainnya Anda dapat mengkliknya disini.