Berikut Model Baju Batik Kantor Yang Modern Dan Elegan Tentunya

model baju batik kantor

Pada dasarnya artikel kali ini saya akan membahas tentang model baju batik kantor yang modern dan elegan tentunya. Mari simak pembahasan kali ini.

Apa itu batik?

Batik ialah kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam (lilin) pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu atau biasa dikenal dengan kain batik.

Pendapat lain mengatakan juga pengertian batik ialah kain yang bergambar yang dibuat khusus dengan cara menuliskan lilin pada kain mori (kain tenun berwarna putih, bahan untuk membuat batik). Setelah itu  kain tersebut diolah melalui proses tertentu sehingga menjadi pakaian yang bernilai guna tinggi.

Berdasarkan etimologi dan terminologinya, istilah batik berasal dari bahasa Jawa yang merupakan rangkaian dari kata “mbat” yang artinya ngembat atau melempar berkali-kali dan “tik” yang artinya titik. Jadi, membatik artinya melempar titik berkali-kali pada kain.

Ada pula yang mengatakan bahwa kata batik berasal dari kata “amba” yang berarti kain yang lebar dan kata titik. Artinya batik merupakan titik-titik yang digambar pada media kain yang lebar sedemikian sehingga menghasilkan pola-pola yang indah.

Berikut Empat Dasar Motif Batik Yang Digunakan Untuk Membuat Model Baju Batik Kantor

  1. Corak Utama: Merupakan ornamen unsur pokok yang sering digunakan menjadi nama batik yang dibuat. Corak utama merupakan penghayatan pembatik terhadap alam pikiran serta falsafah yang dianutnya. Bagian ini merupakan ungkapan perlambangan atau biasanya menjadi nama kain.
  2. Isen-isen: Isen-isen merupakan corak tambahan. Corak ini hanya sebagai pengisi latar kain khususnya pada bidang kosong di sela-sela corak utama. Umumnya isen-isen berukuran kecil dan dibuat sesudah corak utama selesai digambar. Corak tersebut memiliki nama tersendiri untuk setiap macamnya.
  3. Corak Pinggir: kain atau pinggiran biasanya dijumpai pada kain-kain panjang batik pesisir dan kain sarung. Pada kedua jenis kain ini pinggiran terletak pada sisi memanjang kain. Seperti juga corak utama dan isen-isen, corak pinggir hadir dalam aneka ragam bentuk.
  4. Corak-corak Larangan: Pada batik keraton terdapat corak-corak tertentu yang hanya diperuntukkan bagi kalangan raja dan kerabatnya saja. Corak-corak ini disebut corak larangan. Artinya, masyarakat umum yang bukan keturunan ningrat tidak diperkenankan mengenakannya.

Beberapa Model Baju Batik Kantor

model baju batik kantor

  1. Model Baju Muslim Kerja: Perpaduan warna yang diterapkan pada batik yang membuat Anda lebih anggun dan cantik. Motif yang pulkadot di bagian tangan, membuat Anda terlihat sangat manis. Sedangkan warna yang ada pada motif bunga juga sangat ceria namun tetap terlihat sangat simpel. Bagian leher, terdapat sedikit belahan yang membuat model baju batik ini lebih menarik.
  2. Blazer batik keemasan: Model baju batik untuk kantor sebaiknya yang sederhana tetapi anggun dan elegan. Seperti aksen keemasan pada blazer berwarna campuran biru dan merah berikut ini.
  3. Tunik batik bunga: Masih khususnya untuk pengguna hijab, tunik dengan warna cerah dan corak batik bunga pantas untuk Anda gunakan. Gunakan bawahan celana hitam untuk tetap nyaman dan lebih bebas bergerak.
  4. Blazer batik celup corak daun: Tampil formal dan cantik dengan blazer batik celup corak bunga dan warna ‘bumi’ yang kalem. Padukan dengan rok songket untuk tampilan feminin yang lebih menawan.
  5. Tunik batik lengan pendek: Tampil profesional sekaligus tampak segar dengan menggunakan tunik batik lengan pendek. Lengkapi dengan aksesori jam tangan dan anting panjang agar lebih menarik perhatian.

Itulah beberapa informasi yang dapat menginspirasi bagi anda dalam memilih model baju batik kantor yang modern dan elegan tentunya. Semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih telah berkunjung.