Minuman Yang Mengandung Vitamin C Dosis Tinggi

Minuman Yang Mengandung Vitamin C Dosis Tinggi

 

Ada banyak aneka ragam minuman mengandung vitamin C dosis tinggi ini bisa diandalan untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Seperti minuman lemonade hingga jus sayuran yang enak dan penuh nutrisi. Selain terdapat vitamin C pada buah, sayuran juga banyak yang mengandung vitamin C.

Vitamin C

Vitamin C

Kandungan vitamin C merupakan antioksidan terbaik yang dikenal banyak manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. jadi, vitamin yang larut dalam air, vitamin C biasa kita temukan dalam sayuran dan buah-buahan. Beragam jenis buah dan sayuran yang tinggi vitamin C, seperti jambu biji, jeruk, lemon, stroberi, brokoli, paprika, cabai, dan tomat.

Vitamin C yang biasa dikenal dengan nama asam askorbat. Kebutuhan tubuh pada vitamin C untuk menjalani berbagai fungsinya. Selain itu, vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sebabnya mengapa vitamin ini yang harus kamu penuhi kebutuhannya dari makanan. Hal inilah,vitamin C menjadi salah satu yang termasuk sebagai vitamin esensial.

Minuman Yang Mengandung Vitamin C Dosis Tinggi

Minuman Yang Mengandung Vitamin C Dosis Tinggi

Manfaat vitamin C berkontribusi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena vitamin C ini yang berperan sebagai zat antioksidan. Makanya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Mengonsumsi sayuran juga banyak yang mengandung vitamin C, mulai dari bayam, brokoli, kale, tomat, dan lainnya. Seperti sama halnya dengan minuman yang mengandung vitamin C.

Aneka ragaman pada jenis teh herbal yang mengandung vitamin C yang tinggi, seperti teh mint, teh basil, hingga rosemary. Pada kandungan vitamin C yang banyak terdapat pada buah-buahan citrus, seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, grapefruit, dan lainnya. Apalagi bukan itu saja yang beragam buah lainnya juga banyak mengandung vitamin C.

Baca Juga : resep jus buah dan sayur

1. Lemonade

Terdengar dari namanya saja sudah bisa diketahui kalau minuman ini terbuat dari lemon. Lemon yang termasuk ke dalam jenis buah citrus mengandung vitamin C tinggi. Buah Lemon juga tergolong buah yang zat antioksidannya tinggi. Anda bisa mengonsumsi lemonade yang ingin tetap sehat namun tetap segar.

Minuman lemonade ini berasal dari Amerika Utara dan India, namun cukup populer di Australia dan Inggris. Biasanya juga ditambahkan air soda dan gula. Jika anda ingin membuat lemonade dengan versi lebih sehat. Anda tidak perlu untuk mencampurkan air soda, lalu untuk rasa manisnya bisa menggunakan madu yang lebih alami.

2. Jus Buah

Jus buah jadi salah satu alternatif kalau Anda bosa makan buah secara langsung. Pilih buah-buahan yang kandungan vitamin C-nya tinggi. Supaya berfungsi sebagai zat antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tak hanya buah citrus, tapi ada juga stroberi, kiwi, nanas, bahkan semangka.

Semangka juga punya kandungan air yang banyak. Jadi ketika dihaluskan menggunakan blender pasti air dari semangka tersebut keluar. Namun Jika anda ingin lebih segar bisa menambahkan es batu. Diminum ketika cuaca panas pasti bisa melepas dahaga.

3. Teh Herbal

Teh herbal adalah sebutan untuk ramuan bunga, daun, biji, akar, atau buah kering untuk membuat minuman yang juga disebut teh herbal. Walaupun disebut “teh”, ramuan atau minuman ini tidak mengandung daun dari tanaman teh. Teh herbal biasanya diseduh dengan air panas untuk mendapatkan minuman yang beraroma harum.
Teh yang terbuat dari daun teh alami yanh terbukti mengandung zat antioksidan tinggi. Apalagi jenis teh hijau dan matcha. Sehingga bisa dikonsumsi harian untuk mengingkatkan daya tahan tubuh. Seperti daun mint, daun dasi, rosemary, hingga bahkan bawang putih.

Minuman Yang Mengandung Vitamin Pelengkap

Minuman yang mengandung vitamin pelengkap

Pada kandungan vitamin C yang penting untuk pertumbuhan dan regenerasi seluruh jaringan dalam tubuh. Ada beberapa peran vitamin C dalam fungsi tubuh, mulai dari penyerapan zat besi, sistem imun, penyembuhan luka, pembentukan kolagen, dan banyak lagi.

Kandungan vitamin C merupakan komponen penting yang membantu tubuh dari kerusakan akibat adanya zat radikal bebas. Jika anda mengonsumsi cukup vitamin C sama dengan membentengi diri dengan antioksidan di dalamnya. Tidak hanya harus lewat suplemen, ada banyak makanan dan minuman vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan secara alami.

1. Jus kiwi

Jus kiwi merupakan sumber vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit. Kandungan vitamin C dalam jus kiwi berperan sebagai antioksidan guna menangkal dampak buruk dari radikal bebas.

Satu buah kiwi mengandung 115% kebutuhan harian vitamin C, potasium, dan juga serat. Jus kiwi juga rendah kalori serta indeks glikemiknya sekitar 7,7 dan tidak rentan menyebabkan gula darah melonjak signifikan. Anda bisa memilih buah kiwi berwarna hijau atau kuning, keduanya sama-sama bernutrisi.

2. Melon

Buah melon kaya akan kandungan serat dan nutrisi yang baik untuk menunjang proses tumbuh kembang anak, antara lain kalium, folat, magnesium, kolin, serta vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Buah melon juga banyak mengandung antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan lutein.16 Mar 2021

Dalam satu cangkir jus melon, terdapat 30 mg vitamin C dan juga mengandung sumber vitamin lain seperti B kompleks dan vitamin K. Tanpa perlu pemanis tambahan, jus melon sangat segar dinikmati langsung. Kandungan kalorinya pun hanya sekitar 60 kalori.

3. Jus nanas

Jus nanas adalah sebuah ekstrak cairan dari tanaman tropis nanas. Jus nanas berasal dari campuran varietas berbeda seperti Smooth Cayenne, Pemambuco, Perola dan Queen. Jus tersebut dipakai untuk smoothies, cocktail, kuliner rasa dan pelunak daging.

Dalam secangkir jus nanas, sudah terdapat 14% kebutuhan harian vitamin C. Tak hanya itu, jus nanas juga mengandung potasium, magnesium, folat, dan juga serat. Rasanya yang dominan membuatnya sangat segar diolah menjadi jus.

Demikian dengan pembahasan dalam mengenai minuman yang mengandung vitamin C dosis tinggi ini dapat membantu tubuh dalam keadaan tetap vit. Namun itu selain minuman yang mengandung vitamin C dengan dosis yang tinggi ada juga minuman yang mengandung vitamin E.