mengemas botol plastik kekinian

Mengemas Botol Plastik Kekinian untuk Berbagai Minuman

Mengemas botol plastik kekinian untuk minuman harus diperhatikan, karena pengemasan dapat berperan penting dalam strategi pemasaran dan penjualan. Karena berperan penting dalam strategi pemasaran tentu para pelaku usaha juga harus memperhatikan kualitas ketahanan minuman.

Mengemas botol plastik kekinian untuk minuman akan sama sama kita bahas pada artikel di bawah ini, silahkan disimak!!!

 

Fungsi Kemasan

botol plastik

Pengemasan sebagai bagian integral dari proses produksi dan pengawetan bahan pangan dapat pula mempengaruhi mutu seperti antara lain:

  • Perubahan fisik dan kimia karena migrasi zat-zat kimia dari bahan pengemas
  • Perubahan aroma (flavor), warna, tekstur yang dipengaruhi oleh
    perpindahan uap air dan oksigen

6 fungsi kemasan utama yang dipenuhi oleh bahan pengemas :

  1. Menjaga produk bahan pangan atau hasil pertanian agar tetap bersih dan terlindung dari kotoran dan kontaminasi.
  2. Lindungi minuman dari kerusakan fisik, perubahan kadar udara dan penyinaran.
  3. Memiliki kesulitan dalam membuka atau menutup, dan juga memudahkan dalam tahap-tahap penanganan, pengangkutan dan distribusi.
  4. Memiliki fungsi yang baik efisien dan ekonomis, aman untuk lingkungan.
  5. Memiliki ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, mudah dibuang dan dibentuk atau dicetak.
  6. menunjukkan, informasi, daya tarik dan penampilan yang jelas sehingga dapat membantu promosi atau penjualan.

Kemasan juga harus bersahabat dengan lingkungan, baik dilihat dari bahan pengemas yang digunakan, cara pembuatan bahan pengemas, pengoperasian dan limbah kemasan.

 

Mengemas Botol Plastik Kekinian untuk Berbagai Minuman

cara mengemas botol plastik

Pengemasan dapat menciptakan citra dan kesan yang berbeda dari produk yang dijual. Dengan kemasan yang kekinian juga dapat dijadikan salah satu strategi marketing. Berikut cara mengemas minuman botol plastik kekinian dengan singkat :

1. Gunakan Kemasan yang Unik

Kemasan botol yang sangat beragam macam dan bentuknya. Plastik kemasan kemasan botol ada beberapa jenis seperti yang sudah dijelaskan di atas, namun yang paling umum digunakan adalah plastik PET dan HDPE.

Selain bahan dasar, kemasan botol pun sangat beragam bentuknya, ada yang berbentuk seperti buah pir, ada pula botol yang menyerupai karakter tertentu pada kartun.

Jadi keunikan kemasan yang menjadi kunci pembeda kemasan botol kamu dengan kemasan botol lainnya.

2. Desain

Selain botolnya yang kekinian, kamu juga harus memperhatikan desain dari kemasan yang akan digunakan. Desain yang baik adalah desain yang bisa menyampaikan informasi terkait produk, dan bisa menarik perhatian konsumen.

3. Perhatikan Warna Minuman dan Kemasan

Jika warna minuman yang kamu jual menarik maka gunakan kemasan putih bening atau kemasan transparan. Dengan begitu kemasan dapat menonjolkan warna minuman secara natural.

4. Beri Warna Mencolok pada Kemasan

Jika warna minumanmu berwarna umum, maka gunakan kemasan dengan warna yang mencolok. Karena kemasan tersebut akan membantu agar terlihat lebih menarik.

5. Beri Stiker Sesuai Produk

Selain desain dan warna, kamu juga bisa menambahkan stiker pada kemasan botolmu. Karena stiker dapat berguna sebagai penyedia informasi identitas produk.

Gunakan stiker yang tidak sekedar hanya memberi informasi dan identitas saja, namun juga dapat mengambil perhatian para konsumen.

 

Mengemas Botol Plastik Kekinian untuk Berbagai Minuman Agar Lebih Tahan Lama

 mengemas botol plastik

Mengemas botol plastik saat ini memang akan membuat target pasar melonjak, tapi jika tidak memperhatikan bagaimana ketahanan terhadap apakah akan tetap melonjak? Tentu saja tidak. Banyak orang pasti akan memilih produk yang lebih tahan lama dalam penyimpanannya. Berikut akan dijelaskan caranya :

1. Memilih Jenis Plastik Kemasan dengan Benar

Seperti yang kita tau, ada beberapa jenis bahan plastik yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Jadi memilih jenis plastik ini dapat menjadi salah satu perhatian khusus bagi para produsen. Karena dengan jenis plastik yang aman, maka kualitas minuman pun akan lebih terjamin.

Dengan jenis plastik yang benar maka kamu juga harus memilih alat pres yang tepat untuk memasang segel pada kemasan yang kamu punya.

2. Menjaga Kualitas Minuman

Jika kalian membuka bisnis minuman kemasan rumahan kalian menggunakan bahan yang segar dan berkualitas, karena itu akan menjadi satu-satunya penunjang bisnis kalian.

Namun, bisnis minuman kemasan rumahan juga harus tetap memperhatikan standar keamanan pangan dan mutu pangan sesuai dengan UU No. 18 Tahun 2012.

Selain itu, setiap minuman sebaiknya sudah melakukan uji di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) maupun Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) agar terjamin keamanannya untuk dikonsumsi.

3. Diolah dengan Benar

Agar minuman dapat tahan lama, maka kamu harus mengolah bahan bakunya dengan tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku. Karena kesalahan pada proses pengolahan tidak hanya menyebabkan rasa minuman kemasan tidak enak namun mempengaruhi kualitas.

Baca Juga : Cara Mengemas Snack dengan Menarik Supaya Dapat Menunjang Market

 

Kesimpulan

Mengemas botol plastik harus memperhatikan cara pemilihan plastiknya. Karena tidak semua plastik aman untuk digunakan sebagai tempat makanan atau minuman. Dengan pemilihan plastik yang tepat, kemasanmu akan dapat digunakan untuk minuman apapun.

Semoga artikel ‘Mengemas Botol Plastik Kekinian untuk Berbagai Minuman’ dapat membantu kamu untuk mulai mengemas dengan kekinian.

Related Posts