Manfaat santan untuk rambut

Manfaat santan untuk rambut, Tahukan kamu apa manfaat santan untuk rambut? Santan yang biasa kamu pakai sebagai bahan masakan ternyata mampu memberi sejumlah kebaikan untuk rambut. Ya, Kegunaan santan kelapa untuk rambut sangatlah beragam, mulai dari melembapkan hingga mendorong pertumbuhan rambut baru! Ingin tahu manfaat lain dan cara memanfaatkannya? Baca terus artikel ini!

Manfaat Santan Untuk Rambut dan Cara Pakainya!

Mulai dari menguatkan akar rambut hingga mengatasi ketombe, Inilah sederet manfaat santan untuk rambut yang akan saya tampilkan dan perlu kamu ketahui!

1. Manfaat santan untuk rambut yang pertama adalah Melembapkan Rambut Kering.

Secara umum penyebab dari masalah kering dan rusaknya rambut adalah kurangnya produksi minyak yang dibutuhkan oleh rambut sehingga rambut akan tetap terasa lembap. Manfaat santan kelapa untuk rambut

Saat kekurangan minyak dalam rambut, lapisan luar rambut akan ikut terkelupas dan menyebabkan rambut kusam dan kering.

Perawatan dengan santan kelapa bisa menjadi solusinya. Kandungan asam lemak dan berbagai vitamin, seperti vitamin C dan E di dalam santan berfungsi sebagai pelembap alami rambut dan mengatasi kulit kepala kering.

2. Menguatkan Kutikula Rambut.

Manfaat santan kelapa untuk rambut

 

Walaupun terbilang tipis, namun rambut terbentuk dari gabungan struktur rambut yang mempunyai peran masing-masing. Kutikula terletak pada lapisan paling luar dengan fungsi yang  vital yakni melindungi kerteks agar kilau dan tekstur rambut tetap terjaga. Karena merupakan lapisan terluar, kutikula berperan sebagai dinding yang bisa melindungi rambut dari kerusakan.

Santan kelapa terbukti kaya akan asam laurat yang memiliki manfaat untuk menguatkan kutikula pada rambutmu. Dengan kutikula yang sehat dan kuat, maka rambut juga otomatis menjadi tak mudah terkikis dan rontok.

3. Mengembalikan Keratin Rambut.

Manfaat santan kelapa untuk rambut

 

Keratin adalah komponen protein yang bertugas mengisi batang rambut agar tetap sehat dan berkilau alami. Pada dasarnya, tubuh dapat memproduksi keratin secara alami, tapi ada banyak faktor yang menyebabkan produksi keratin berkurang, Misalnya, pparan sinar UV dan penggunaan alat styling berlebih.

Salah satu manfaat santan untuk rambut adalah membantu mengembalikan keratin rambut yang hilang. Ini dikarenakan kandungan protein yang sangat bermanfaat di dalam santan. Jika perawatan dengan santan bisa dilakukan rutin 1 sampai 2 minggu sekali, kamu bisa menggunakan shampo untuk perawatan harian.

4. Mengatasi Ketombe.

 

Rambut sudah kelihatan oke, tapi masih ada ketombe yang menempel? Nightmare bangat! Tapi tenang saja, kamu bisa kok gunakan air perasan parutan kelapa untuk rambut.

Biasanya, santan bisa membantu menghilangkan ketombe karena santan mengandung Vitamin E, Vitamin B, dan asam lemak di dalamnya. Tidak hanya itu, kandungan anti bakteri di dalam santan kelapa juga bisa membantu melawan jamur penyebab ketombe.

Santan kelapa tidak hanya berfungsi untuk memberi efek lembap pada rambut dan kulit kepala. Tetapi, manfaat santan  juga dapat mengurangi ketombe karena kandungan antiradangnya.

Selain dari santan kelapa secara langsung, kamu juga bisa memperoleh manfaat ini melalui penggunaan sampo anti ketombe yang mengandung santan kelapa dan zat lain, seperti pyrithione zinc.

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut Baru.

Salah satu ciri rambut sehat adalah rambut yang tumbuh dengan normal dan subur. Namun, kenyataannya tidak selamanya pertumbuhan rambut seseorang berlangsung normal. Terkadang rambut juga tumbuh lebih lambat. Penyebabnya bisa terjadi beberapa faktor diantaranya, mulai dari diet yang salah, faktor usia, hingga keseringan menggunakan alat catok rambut yang membuat rambut bercabang dan rusak.

6. Mencegah Munculnya Uban

Munculnya uban atau rambut bew=rwarna putih di kepala memang bisa mengurangi rasa percaya diri. Apalagi usiamu masih 20-an. Pertanyaannya, apa sih penyebab seseorang beruban di usia muda? Pasalnya, rambut beruban bisa terjadi akibat sel-sel melanocytes (zat penghasil melanin) yang memberikan pigmen gelap pada rambut sehingga rambut berhenti berfungsi.

Agar uban tidak mudah muncul, maka tubuh memerlukan asupan vitamin B-12. Tapi, tidak hanya vitamin B, kandungan vitamin C dan E di dalam santan juga bisa membantu memperlambat proses penuaan dini.

7. Mengatasi Rambut Bercabang.

Istilah rambut adalah mahkota wanita yang memang tidak bisa diacuhkan. Buktinya, saat rontok, awut-awutan, dan rambut bercabang mulai muncul dirambut kamu, tentu rasa percaya diri akan turun drastis. Apalagi jika kamu sedang menyisir lalu melihat ujung rambut terbelah dua dan bercabang.

Sebenarnya rambut bercabang bukan akhir dari segalanya, Ada sejumlah cara untuk mengatasi rambut bercabang.  Tapi sebelum kamu panik dan bertindak asal untuk menuntaskan rambut rusak ini, ayo kenali penyebabnya yang wajib kamu ketahui terlebih dahulu. Apa saja?

  1.  Menyisir rambut dengan kasar
  2.  Mmebiarkan kering dan terkena panas
  3.  Lupa pakai kondisioner
  4. Warnai rambut
  5. Memotong ujung rambut

Rambut bercabang bisa terjadi akibat kebiasaan yang buruk, seperti mengikat rambut terlalu kuat dan efek dari penggunaan bahan kimia saat mewarnai rambut. Kamu bisa mencoba menggunakan santan kelapa sebagai solusi akibat dari rambut bercabang. Di dalam santan, tersimpan banyak asam lemak yang bermanfaat sebagai pelembap alami rambut.

8. Melembapkan rambut dan kulit kepala

 

Santan kelapa mampu melembapkan rambut dan kulit kepala. Hal ini berkat kandungan asam lemak didalamnya yang berfungsi sebagai pelembap alami rambut.

Kandungan asam lemak tersebut juga dapat memperbaiki rambut dan kulit kepala yang kering disertai gatal, serta berperan sebagai pelembap alami untuk rambut yang rusak.

Jika rambut dan kulit kepala masih dalam kondisi lembap, maka pertumbuhan rambut juga akan lebih cepat terjadi. Dengan begitu, rambut anda akan tumbuh sehat dan lebat.

9. Mencegah rambut rontok.

 

Mengalami rambut rontok bisa jadi memusingkan kepala, bahkan bisa saja panik jika sudah melihat kerontokannya memenuhi sisir yang digunakan.

Setiap helaian rambut yang jatuh, menimbulkan rasa khawatir rambut semakin menipis atau bahkan kondisi yang lebih serius yakni mengalami kebotakan.

Rasa khawatir tersebut semakin meningkat, apabila kerontokan semakin banyak, walaupun sudah menggunakan produk perawatan yang memang dikhususkan untuk rambut rontok.

Manfaat santan kelapa yang ke-9 ini adalah mencegah rambut rontok dengan cara memperkuat kutikula. Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan asam laurat yang tinggi di dalamnya.

Menurut studi pada jurnal Dermatologi dan Terapi, santan kelapa juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diyakini dapat mencegah kerontokan rambut.

Dengan demikian, rambut anda tampak lebih kuat dan tidak mudah rontok karena rusak.

Efek samping mengurangi rambut rontok dengan santan

Melansir Healthline, cairan dari kelapa ini mempunyai serangkaian efek samping, terutama bagi orang yang elergi.

Sehingga penting untuk melakukan skin test terlebih dahulu, dengan cara menempelkannya ke bagian belakang telinga.

Apabila memang tidak ada kecocokkan, maka dibagian kulit tersebut akan muncul ruam.

Kandungan lemak yang tinggi dalam santan juga membuatnya cenderung mempunyai tekstur yang berminyak.

10. Menutrisi rambut

 

Manfaat santan untuk rambut berasal dari berbagai kandungan zat yang baik untuk kulit. Tidak hanya itu, santan kelapa juga tinggi akan protein yang dapat membantu menjaga rambut anda untuk tetap kuat.

11. Menebalkan dan Menumbuhkan rambut dengan santan kelapa

 

Rambut tipis memang seringkali jadi masalah bagi orang karena dapat mengganggu penampilan seseorang. Banyak orang yang mencari cara untuk  membuat rambut mereka menjadi tebal dan tumbuh sehat lebat. Jika berbagai produk shampo tidak hanya membantu, maka bahan alami yang satu ini dijamin bisa membatu  rambut anda akan tumbuh sehat dan lebat, yaitu santan kelapa.

Santan merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan nutrisi dan bukan hanya enak untuk diolah jadi masakan, tapi juga untuk kesehatan rambut.

Menurut Dr. Blossom Kochhar, Santan jadi bahan alami paling efektif untuk menyuburkan rambut karena kaya Vitamin E, Zat besi, Potassium/kalium, dan berbagai lemak esensial yang baik untuk rambut.

Related Posts