Manfaat Padi bagi Kesehatan

Manfaat Padi

Manfaat padi– Siapa yang tak mengetahui tanaman padi? Tentu semua orang sudah pasti mengenalnya. Karena padi adalah makanan pokok sehari- hari bagi kita. Indonesia memang sudah terkenal dengan beras sebagai makan pokoknya, berbeda halnya dengan negara lain yang mengkonsumsi gandum ataupun roti sebagai makanan pokonya.

Tanaman padi sangat banyak sekali kita sering jumpai disekitar kita. Hal ini karena hampir 80% petani Indonesia merupakan petani padi. Selain diolah menjadi nasi atau makanan pokok, padi juga bisa diolah menjadi tepung, yakni seperti tepung beras. Salah satu manfaat padi yang banyak orang tau yaitu sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh. Padi juga banyak mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Berikut ini nutrisi yang terkandung di dalam tanaman padi:

  • Karbohidrat
  • Gula
  • Vitamin B1
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin B2
  • Magnesium
  • Vitamin B5
  • Potassium
  • Fosfor
  • Vitamin B3
  • Mangan
  • Serat
  • Air
  • Vitamin B6
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Vitamin B9

Setelah kita mengetahui nutrisi yang dikandung oleh tanaman padi, selanjutnya kita akan membahas tentang kegunaan padi. Sebenarnya ada banyak sekali kegunaan padi bagi manusia. Salah satu kegunaan padi yang paling mencolok yaitu sebagai makanan pokok kita sehari- hari. Namun tahukah anda tanaman padi selain sebagai makanan pokok, masih banyak manfaat dari padi yang lain. Kegunaan apa sajakah itu? Berikut ini mari kita simak informasi tentang kegunaan padi selengkapnya:

Manfaat Padi sebagai Sumber Karbohidrat bagi Tubuh

Manfaat Padi

Sudah bukan rahasia lagi apabila padi yang diolah menjadi nasi bermanfaat sebagai sumber karbohidrat bagi tubuh. Kandungan karbohidratnya mencapai hingga 79 g dalam per gram beras. Itulah kenapa orang Indonesia belum merasa kenyang apabila belum menyantap nasi, meskipun mereka sudah memakan makanan lainnya. Nasi juga merupakan energy yang paling cepat diolah bagi tubuh. Jadi bisa disimpulakan jika manfaat padi yang utama adalah sebagai sumber karbohidrat dan juga sumber energy bagi tubuh.

Sebagai Obat dari Bisul dan Jerawat

Manfaat padi yang lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai obat bisul dan jerawat. Orang India sejak zaman dahulu menggunakan beras yang diolah menjadi beras kemudian mengeringkannya selanjutnya dihaluskan dan juga dioleskan ke area kulit yang kena bisul dan berjerawat. Hasilnya memang sangat menakjubkan. Bisul dan juga jerawat langsung hilang dalam waktu yang singkat.

Sebagai Obat Pencegah Kolestrol

Padi yang diolah menjadi beras sangat baik untuk para penderita kolestrol. Karena beras rendah akan lemak jahat. Jadi sangat baik dikonsumsi oleh para penderita kolestrol. Tidak hanya itu saja, untuk mencegah diri anda terkena kolestrol maka akan sangat baik apabila anda mengkonsumsi beras.

Manfaat Padi Untuk Mencegah dan Mengobati Gangguan Pencernaan

Padi yang diolah menjadi nasi bersifat anti inflamasi yang alami. Nah ini sangat baik untuk mengobati penyakit diare, penyakit radang usus, penyakit sembelit, dan juga susah buang air besar. Selain bisa mengobati masalah gangguan pencernaan, nasi juga bisa mencegah gangguan pencernaan menyerang system pencernaan anda kembali.

Sebagai Perawatan Untuk Kulit

Manfaat padi yang lain yaitu bisa digunakan untuk perawatan kulit. Padi tak hanya bisa membuat perut anda kenyang. Padi mengandung anti oksidan yang cukup tinggi sehingga bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Kandungan nutrisi yang ada di dalam padi juga berfungsi untuk melembabkan kulit sehingga kulit tidak mudah kering.

Manfaat Padi Sebagai Penyubur Rambut

Tangkai buah padi atau kita biasa menyebutnya dengan sebutan merang bermanfaat sebagai bahan alami yaitu untuk menyuburkan rambut. Selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut, merang juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut secara alami. nenek moyang kita dulu tak pernah menggunakan shampoo bermerk seperti yang kita gunakan selama ini untuk merawat rambut mereka semua. Mereka hanya memakai merang saja. Terbukti rambut mereka lebih sehat dan juga kuat, tak mudah rontok dan juga tak mudah bercabang.

Untuk Mengurangi Resiko Darah Tinggi

Manfaat padi yang selanjutnya yaitu bisa mengurangi resiko darah tinggi. Padi yang diolah menjadi nasi bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau disebut hypertensi. Hal ini karena nasi tidak banyak mengandung sodium sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Manfaat Padi Sebagai Obat Alami untuk Menguatkan Jantung

Manfaat Padi

Jantung merupakan organ yang paling penting bagi tubuh, karena jantung berfungsi untuk memompa darah untuk diedarkan merata keseluruh tubuh. Apabila jantung tidak berfungsi dengan baik, maka kesehatan bisa terganggu akibat peredaran darah yang tidak lancar. Nah untuk menjaga jantung anda tetap sehat dan juga kuat maka anda harus banyak mengkonsumsi nasi. Karena nasi bersifat anti oksidan dan juga rendah akan kolestrol sehingga membuat jantung sehat dan kuat.

Demikianlah artikel tentang manfaat padi. Jika anda ingin menanam tanaman padi anda bisa membuka website cara tanam padi. Sekian dan terima kasih.