Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Manfaat melon untuk ibu hamil– Manfaat buah melon ternyata sangat baik bagi ibu hamil. Melon mengandung gizi cukup tinggi dan juga kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan janin dan sang ibu yang tengah mengandung. Hamil merupakan salahsatu hal yang didambakan oleh setiap wanita yang sudah berumahtangga. Waktu hamil, sang Ibu perlu menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengkonsumsi buah-buahan secara teratur den rutin. Salahsatu buah-buahan yang disarakan untuk ibu hamil adalah buah melon.

Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Konsumsi melon selama hamil bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Dengan mengonsumsi sekitar 500 gram melon, maka kebutuhan vitamin C harian perempuan hamil bisa terpenuhi dengan baik. Jadi, karena mengandung vitamin C inilah konsumsi melon waktu hamil bermanfaat dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak rentan untuk terserang penyakit dan juga infeksi saat hamil.

Baik untuk Kesehatan Janin

Melon mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin dala kandungan. Seperti yang kita tahu ibu, asam folat merupakan vitamin yang sangat penting dibutuhkan perempuan hamil guna menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Tak hanya kandungan asam folatnya saja yang sangat tinggi. Melon juga mengandung zinc yang juga penting dalam menunjang perkembangan jaringan tubuh janin dalam kandungan ibu. Studi menunjukkan bahwa risiko janin mengalami cacat tabung saraf bisa berkurang sampai 50 persen jika seorang perempuan hamil mengkonsumsi jumlah asam folat dan zinc yang disarankan.

Mendukung Perkembangan Kognitif Janin dalam Kandungan

Melon juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan. Vitamin A menjadi salah satu asupan penting yang menunjang pertumbuhan fungsi kognitif bayi yang sehat dan dapat menangkal cacat bawaan. Vitamin ini juga bisa mendukung perkembangan jantung, kesehatan paru-paru, kesehatan ginjal, kesehatan mata, dan juga tulang bayi sehingga dalam jumlah yang cukup mampu menyokong tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Mencegah Dehidrasi

Konsumsi melon selama kehamilan bisa membantu mencegah dehidrasi. Hal ini karena melon mengandung air yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi asupan cairan yang menyegarkan tubuh. Meski melon mengandung air yang sangat tinggi, ibu harus tetap mengonsumsi cairan yang cukup supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan dehidrasi terhindarkan.

Mengatasi Sembelit

Sembelit menjadi salah satu gangguan pencernaan yang umum dialami oleh perempuan hamil. Jadi, jika ibu hamil mengatasi sembelit. Tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah melon dengan secukupnya. Melon adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan serat alami yang larut dalam air. Sehingga bisa membantu mengatasi masalah sembelit yang terjadi selama kehamilan. Bukan hanya itu saja, serat yang terkandung pada buah melon ini juga bermanfaat dalam membantu tubuh untuk menyerap nutrisi, sehingga metabolisme tubuh ibu menjadi lebih baik.

Mencegah Anemia

Konsumsi melon selama hamil juga bisa membantu mencegah anemia selama kehamilan ibu. Hal ini karena dalam melon ada kandungan sejumlah zat besi. Fungsi zat besi bagi perempuan hamil tak hanya bisa mencegah anemia selama kehamilan, tetapi bisa membantu membangun otot-otot janin, khususnya jika ibu sedang memasuki trimester kedua dan juga ketiga. Dengan mendapatkan asupan zat besi yang tercukupi dengan sangat baik, risiko untuk alami keguguran dan juga kelahiran premature bisa berkurang bu.

Mengontrol Tekanan Darah

Selain kaya akan serat, melon juga tinggi akan kandungan kalium ibu. Kandungan kalium yang terdapat pada melon mempunyai peranan yang cukup penting dalam mengatur sistem tekanan darah. Dengan memakan melon secukupnya, tekanan darah ibu bisa terkontrol dengan baik. Selain bisa mengontrol tekanan darah, kandungan kalium yang terdapat pada melon juga bisa membantu mengatasi kram kaki yang kerap dikeluhakan oleh perempuan hamil.

Perkembangan Janin

Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Selain melon mengandung vitamin C, buah melon juga mengandung asam folat dan zinc yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janinya. Asam folat yaitu salah satu vitamin yang diperlukan ibu hamil supaya janin dalam kandungan tumbuh dengan baik baik.

Demikianlah artikel tentang manfaat melon untuk ibu hamil. Jika anda mempunyai tanaman melon dirumah anda bisa lihat di website tentang pemupukan melon. Sekian dan terima kasih.