Manfaat Masker Kopi dan Lidah Buaya Bagi Kesehatan Kulit

manfaat masker kopi dan lidah buaya

Ingin mencoba membuat dan menerapkan masker alami namun takut sia-sia? Tenang, pada artikel kali ini akan membahas tentang manfaat masker kopi dan lidah buaya untuk perawatan kulit. Tentunya keduanya sudah dikenal memiliki dampak yang baik ketika digunakan dikulit. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja masuk ke pembahasan.

Masker Kopi

manfaat masker kopi dan lidah buaya

Kandungan kopi memang sudah terkenal dan terbukti dapat digunakan untuk perawatan kulit. Tidak heran banyak yang mulai mencoba membuat masker dengan bahan utama kopi. Mulai dari cara membuat masker kopi tanpa campuran sampai menambahkan bahan yang memiliki khasiat yang baik juga untuk kulit, salah satunya dengan lidah buaya.

Manfaat Masker Kopi dan Lidah Buaya

Kopi yang memiliki kandungan untuk membantu menghilangkan sel kulit mati. Lidah buaya juga memiliki manfaat yang tidak kalah baik karena mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten, vitamin C, dan E yang merupakan antioksidan dan dapat membantu untuk menjaga dan melembabkan kulit. Berikut ini telah dirangkum beberapa manfaat masker kopi dan lidah buaya.

1. Manfaat Masker Kopi Bagi Kesehatan Kulit

manfaat kopi bagi kesehatan

1. Mengurangi Selulit

Adanya kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Hal itu karena kafein dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara . Jika terapkan rutin pada kulit bisa mengurangi tampilan selulit.

2. Menunda Penuaan

Kemuculan bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus di wajah adalah salah satu tanda penuaan. Hal tersebut bisa muncul dengan lebih cepat bahkan diusia muda. Untuk mencegahnya, kalian bisa mengoleskan kopi secara langsung ke kulit yang mengalami gejala tersebut.

3. Membantu Mencegah Kanker Kulit

Ternyata kopi juga kaya dengan vitamin B3 karena terdapat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Triginellin sendiri dapat terurai menjadi niacin setelah biji kopi melalui proses panggang. Riset dari Skin Cancer Foundation juga menyimpulkan bahwa niacin dapat membantu mencegah kanker kulit non melanoma.

4. Membantu Perawatan Jerawat

Dalam kopi juga mengandung asam klorogenat yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Dengan menggunakannya untuk scrub pada kulit dapat membantu untuk melawan jerawat yang tentu meruntuhkan kepercayaan diri.

5. Dapat Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata

Kandungan kafein dalam kopi juga berfungsi membantu melebarkan pembuluh darah juga bisa kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kalian bisa mencampurkan setengah sendok kopi dengan minyak zaitun secara rutin

Baca Juga : Cara Bikin Mie Nyemek Jawa

2. Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Kulit

cara membuat lidah buaya

1. Dapat Mengatasi Kulit Kering

Menggunakan dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit dapat membantu mengatasi kulit kering. Karena kandungan dalam lidah buaya memiliki mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih lembap.

2. Mampu Menghilangkan Jerawat

Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan gel lidah buaya di pagi dan sore hari, bersama dengan obat anti jerawat yang telah diresepkan dapat membantu mengurangi jerawat diwajah hingga sekitar 35 persen. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain di dalam lidah buaya yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Membersihkan Make Up

Bagi kalian yang punya kulit sensitif, lidah buaya juga dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan make up tanpa menimbulkan iritasi pada kulit. Teksturnya yang seperti gel membuat lidah buaya dapat melarutkan riasan wajah sekaligus melembapkan kulit.

4. Mengatasi Mata Bengkak

Menggunakan dengan mengoleskan lidah buaya di area bawah mata diyakini mampu membantu mengatasi mata bengkak. Karena diketahui lidah buaya punya kemampuan untuk membantu meningkatkan aliran darah, sehingga dapat melancarkan perpindahan cairan yang menumpuk. Namun, hal ini perlu diteliti lebih lanjut.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke kulit mampu mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan. Bahkan, penelitian lain menemukan fakta bahwa lidah buaya lebih efektif dibandingkan salep yang biasa diproduksi dan diresepkan untuk luka bakar ringan.

Nah, itulah manfaat masker kopi dan lidah buaya yang semoga bermanfaat bagi pembaca. Kedua bahan ini memang memiliki manfaat yang kompak dalam mendukung kesehatan kulit.