Manfaat Kelapa Bakar Untuk Wanita Hamil Dan Kesehatan Janin

Khasiat kelapa bakar bagi kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit mulai banyak dibahas karena mulai jarang para pedagang kelapa bakar dalam sejumlah daerah seputar Indonesia. Tak hanya itu saja ternyata kelapa bakar juga bisa untuk wanita hamil lho. Berikut manfaat kelapa bakar untuk wanita hamil dan kesehatan janin.

Buah Kelapa

buah kelapa

Buah kelapa yaitu buah tropis yang dihasilkan dari tanaman Cocos nucifera, termasuk dalam keluarga Arecaceae atau disebut palem-paleman. Buah ini memiliki bentuk bulat pada beberapa sisinya agak menyudut, berukuran kurang lebih sebesar kepala manusia. Warna pada buah kelapa juga ada yang hijau dan ada yang kuning tergantung varietasnya.

Daging buah kelapa terbungkus oleh kulit bagian luar yang berupa serabut bertekstur tebal dan bagian dalam berupa kayu keras atau disebut tempurung. Tempurung kelapa membungkus daging buah yang berwarna putih bersih serta air buah. Air yang ada di dalam buah berwarna bening sedikit keruh, rasanya manis dan menyegarkan. Adapun manfaat kelapa bakar untuk pria dan efek samping.

Macam-Macam Buah Kelapa

Kelapa adalah tanaman pesisir yang mempunyai nama latin Cocos nucifera. Tanaman tersebut terkenal sebagai tanaman yang serbaguna. Hampir semua bagian dari jenis kelapa bisa dimanfaatkan. Sebab tanaman ini banyak sekali manfaatnya, jadi sudah banyak jenis dari tanaman kelapa yang sudah ditanam dan dikembangkan di Indonesia.

1. Kelapa Wulung

kelapa wulung

Jika diperhatikan kelapa wulung mempunyai buah kelapa yang berwarna hijau sama seperti jenis kelapa lainnya. Yang membuat kelapa tersebut berbeda dan unik yaitu setelah dikupas bagian dalamnya mempunyai warna merah muda keunguan. Kelapa wulung memiliki rasa air agak sedikit pahit, tetapi nutrisinya lebih baik dibandingkan air kelapa jenis lainnya.

2. Kelapa Hijau

Kelapa hijau adalah jenis yang paling dikenal dan banyak diperjualbelikan. Sama seperti namanya, kulit buah dari kelapa jenis ini memiliki warna hijau. Di kalangan masyarakat, kelapa tersebut dikenal sebagai tanaman kelapa obat. Kelapa hijau menjadi salah satu jenis kelapa yang paling digemari dan efektif karena manfaatnya untuk kesehatan.

Baca Juga :cara membuat dalgona coffee good day tanpa mixer

3. Kelapa Kopyor

kelapa kopyor

Kelapa kopyor dikenal karena mempunyai daging buah yang lembut dan rasanya yang manis. Jenis kelapa ini umumnya dijadikan bahan untuk pembuatan minuman. Mungkin belum banyak orang tau bahwa jenis kelapa kopyor merupakan kelapa biasa yang mengalami kelainan genetika. Sehingga daging buah yang dihasilkan lembut, dan tidak sekeras daging kelapa lainnya.

4. Kelapa Raja

Raja adalah jenis kelapa yang berasal dari Sri Langka juga mempunyai nama lain kelapa kuning madu, tetapi masyarakat sekitar juga menyebutnya sebagai ‘King Coconut’. Kelapa jenis raja biasanya hanya digunakan untuk diambil air kelapanya saja, karena air dari jenis ini mempunyai rasa manis yang dipercaya lebih menyegarkan daripada jenis lainnya.

Kelapa Bakar Untuk Wanita Hamil Dan Kesehatan Janin

Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Penting bagi setiap ibu hamil untuk memenuhi asupan cairan dari dalam tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. Bukan hanya air putih saja, air kelapa juga bisa buat ibu hamil konsumsi untuk mencukupi kebutuhan harian cairan tubuh. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Air kelapa mengandung kalsium yang baik untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Meski seperti itu, kandungan kalsium pada air kelapa tidak bisa dijadikan sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang diperoleh dari sayur dan buah-buahan.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infekasi saluran kemih umumnnya terjadi selama kehamilan. Kondisi ini bisa terjadi akibat perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Hal tersebut menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena infeksi. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil diyakini sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine.

Demikian beberapa informasi tentang manfaat kelapa bakar untuk wanita hamil dan kesehatan janin juga bergabai macam jenis-jenis kelapa, sekian yang bisa saya bagikan. Semoga mudah difahami dan bermanfaat, saya ucapkan terimakasih.