Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat air kelapa muda ini untuk mengusir rasa haus, manfaat air kelapa muda juga punya segala khasiat yang dapat membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Dari artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara membuat apem jawa untuk artikel kali ini saya membahas mengenai manfaat  air kelapa muda. Kelapa banyak manfaatnya seperti juga dibuat santan. Alat yang praktis untuk membuat santan yaitu mesin peras santan.

Manfaatnya tidak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk pelengkap makanan agar rasa yang ada di makanan tersebut lebih terasa enak, seprti bubur kacang hijau.

Walaupun air kelapa memiliki segudang manfaat untuk tubuh, tetapi kamu perlu membatasi konsumsinya.

Di mana kamu hanya perlu mengonsumsi sekitar satu gelas saja per harinya. Karena, walaupun sehat air kelapa tetap mengandung kalori.

Indonesia sebagai negara tropis patut berbangga hati karena memiliki pohon kelapa dengan segudang manfaat dari ujung akar hingga ujung daunnya. Buahnya pun punya air yang sangat menyegarkan dan punya banyak khasiat.

Seberapa sering kalian minum air kelapa? Kalian perlu berpikir ulang untuk sering meminumnya karena manfaat air kelapa muda sangat banyak.

manfaat air kelapa muda

10 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

1.Mengatasi Dehidrasi Terutama Saat Sakit Diare 

Air kelapa memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang hampir sama dengan darah. Itu sebabnya air kelapa mudah untuk mengisi cairan tubuh.

2.Menguatkan Penyakit Imun Dari Penyakit Gusi, Infeksi Saluran Pencernaan, Tifus dan Infeksi

Air kelapa memiliki kandungan untuk menghilangkan bakteri dan melawan virus.

3.Menurunkan berat badan tanpa efek samping, seperti yang terdapat pada obat-obatan kimia

Air kelapa memiliki kandungan lemak, gula dan kalori rendah.

4. Menambah energi, sebagai pengganti minuman energi kemasan

Air kelapa meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang membuatmu lebih berenergi.

5. Mencegah penuaan diri dan meminimalkan penuaan kulit

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin yang berguna untuk proses pertumbuhan dan regulasi sel.

6. Sistem pencernaan membaik dan buang air lancar

Air kelapa mengandung serat yang baik bagi pencernaan.

7. Membuat kulit halus dan bercahaya

Air kelapa memiliki kandungan yang baik untuk membentuk jaringan kolagen pada kulit.

8. Air kelapa baik untuk ibu hamil dan janin

Air kelapa mengandung asal laurat yang juga ditemukan dalam asi untuk melawan berbagai penyakit dari jamur, bakteri dan virus.

9. Meningkatkan vitalitas pria, terutama yang menginginkan keturunan

Air kelapa dapat menetralisasi kandungan nikotin yang mengganggu kesuburan pria.

10. Menghilangkan racun-racun dalam tubuh

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.
Ternyata, banyak sekali manfaat dari air kelapa.

Gak heran kalau air kelapa juga diminati orang turis mancanegara, terutama yang gak tinggal di daerah tropis.

Sekarang pun banyak tersedia minuman air kelapa dalam kemasan. Namun, pasti sensasinya berbeda dengan minum langsung dari buahnya.

Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menjaga tekanan darah

Air kelapa juga dipercaya untuk mengontrol tekanan darah.Ini karena pada air kelapa banyak mengandung potassium dan magnesium.

Potassium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan kadar sodium di dalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, rutinlah meminum air kelapa!Hal ini karena air kelapa memiliki kalori yang rendah namun tidak berbahaya untuk kesehatan lambung.

Kandungan bio aktif enzim di dalamnya membantu metabolisme dan menghancurkan lemak.Selain itu, potassium pada air kelapa yang membantu mengontrol sodium di dalam tubuh.

Seperti diketahui, terlalu banyak sodium akan mengikat banyak air sehingga tubuh Anda akan berat oleh air (istilah lainnya water weight).

3. Menyembuhkan sakit kepala

Beberapa kasus sakit kepala, seperti migrain biasanya dipicu oleh dehidrasi. Karena itu, air kepala yang bisa membantu rehidrasi sangat baik untuk diminum.

Air kelapa juga kaya magnesium, biasanya, orang yang sering migrain diakibatkan karena rendahnya kadar magnesium di tubuhnya.

4. ‘Obat’ awet muda

Air kelapa banyak mengandung Cytokinins yang memiliki fungsi menghambat penuaan pada sel-sel tubuh.Selain itu, jika sel-sel tubuh terus beregenerasi dengan baik, risiko penyakit degeneratif juga berkurang.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Air kelapa menjadi pilihan favorit menu buka puasa di bulan Ramadhan. Selain bermanfaat, air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Air kelapa muda memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang tersimpan pada buah dan airnya. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya, apa saja manfaat dari air kelapa ini untuk tubuh? Berikut informasi lengkapnya.

1.Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh, sehingga kamu perlu menjaga kesehatan ginjal. Kandungan nutrisi dari air kelapa hijau ini mampu menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Kamu dapat mengonsumsi air kelapa muda secara rutin dan teratur untuk dapat menjaga kesehatan ginjal.

2.Melancarkan Pencernaan

Di dalam air kelapa tua mengandung banyak serat dan nutrisi yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Penceranaan yang sehat ditandai dengan lancarnya pembuangan air besar di dalam tubuh.

Pencernaan akan terganggu saat tubuh kekurangan asupan serat di dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi air kelapa tua dapat membantu pencernaan tetap lancar dan terjaga.

3.Menjaga Kecantikan Kulit

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah dapat menjaga kecantikan kulit jika dikonsumsi secara teratur. Air kelapa ini dapat mencegah penuaan dini, meratakan pigmentasi kulit, mencegah iritasi kulit, dan meredakan jerawat. Hal ini disebabkan air kelapa dapat menjaga kulit dari bahaya radikal bebas.

4.Mencegah Penyakit Jantung

Menjaga kesehatan jantung dapat dengan cara menyeimbangkan kadar kolesterol. Dengan mengonsumsi air kelapa dapat membantunya, karena air kelapa memiliki kandungan yang dapat menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Konsumsilah air kelapa secara teratur, hal ini bertujuan agar menjaga kolesterol dan berdampak positif untuk kesehatan jantung.

5.Mencegah Batu Ginjal

Air kelapa dapat membantu melarutkan batu ginjal. Hal ini karena terdapatnya kandungan kalium yang berperan dalam proses alkali urine dan mencegah pembentukan batu ginjal.

6.Mengontrol Diabetes

Kamu dapat mengonsumsi air kelapa untuk mengontrol diabetes. Dengan mengonsumsi secara teratur maka dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Proses ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang mengecil karena pembentukan plak, serta membantu darah mengalir lancar sehingga dapat mengontrol diabetes.

7.Menyembuhkan Alergi pada Kulit

Air kelapa hijau memiliki khasiat yang dapat mengurangi bakteri, virus, dan jamur yang menjadi penyebab alergi kulit. Kamu dapat menggunakan air kelapa muda untuk membantu penyembuhan yang dibarengi dengan obat dokter.

8.Mengatasi Rambut Rontok

Kamu dapat mengatasi rambut rontok dengan mengonsumsi air kelapa. Di dalam air kelapa terdapat kandungan mineral, glukosa, fruktosa, sakrosa, dan fruktosa yang ampuh mengatasi rambut rontok.

9.Menurunkan Berat Badan

Air kelapa merupakan minuman yang rendah kalori. Mengonsumsi air kelapa ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Konsumsilah segelas air kelapa sebelum makan akan membuat porsi makan akan lebih sedikit.

Dengan banyaknyamanfaat air kelapa ini, memang wajar banyak yang menjadikan minuman favorit. Kamu dapat mengonsumsinya secara teratur untuk merasakan manfaat yang banyak untuk tubuh.

10.Melindungi dan Menjaga Elastis Kulit

Manfaat minum air kelapa untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan lainnya adalah mendapatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan pada air kelapa mengandung banyak vitamin C.

Sedangkan tubuh juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian kamu.

Air kelapa juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mencukupi tubuh dengan vitamin C apabila kamu tidak suka dengan rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C.

Mungkin itu manfaat yang bisa saya berikan untuk teman-teman semua, silahkan di coba semoga bermanfaat.