Macam- Macam Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin E

Macam-Macam Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin E

Sayuran yang mengandung vitamin E sangat penting karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Selain untuk meningkatkan imunitas tubuh, vitamin E juga dapat untuk meningkatkan kesuburan, meredakan stres dan menekan risiko penyakit jantung koroner dan kanker.

Vitamin E

Macam-Macam Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin E

Manfaat vitamin E juga dapat untuk meningkatkan kelembapan, elastisitas, mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan pada kulit. Vitamin e juga sangat penting untuk membantu penyembuhan luka. Kandungan antioksidan didalam vitamin E berperan penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit. Asupan vitamin E juga akan mencegah kerusakan membran sel.

Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin E

Macam-Macam Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin E

1. Bayam

Sayur bayam termasuk sayuran yang mengandung vitamin E. Dalam 100 gram sayur bayam mengandung sekitar 2 mg Vitamin E didalamnya. Sayuran bayam juga mengandung vitamin C, K, kalsium, zat besi, folat dan karoten.

2. Brokoli

Dalam sayur brokoli mengandung vitamin A, K, dan nutrisi penting untuk tubuh. Kandungan vitamin E juga sangat tinggi dengan senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

3. Kacang Hazelnut

Kacang hazelnut mengandung vitamin E yang tinggi dan mengandung vitamin dan nutrisi yang penting untuk tubuh, kacang hazelnut juga banyak mengandung asam lemak omega 6 dan omega 9.

4. Kacang Tanah

Kacang tanah banyak mengandung vitamin E. Dalam 100 gram kacang tanah mengandung 4,39 mg vitamin E didalamnya. Kandungan kacang tanah juga terdapat mineral penting seperti zat besi, kalsium, selenium, fosfor, tembaga dan seng.

5. Swiss Chard

Dalam 100 gram sayur swiss chard mengandung1,89 miligram vitamin E didalamnya. Swiss chard juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti magnesium, vitamin C, vitamin A, dan zat besi.

6. Butternut Squash

Sayur butternut squas umumnya dihidangkan di musim gugur dan dingin di beberapa negara. Dalam 100 gram sayur butternut squash panggang mengandung 1,29 miligram vitamin E didalamnya.

7. Sayur Bit

Dalam 100 gram sayur bit yang matang mengandung 1,81 miligram vitamin E didalamnya. Sayur bit juga mengandung banyak nutrisi tambahan didalamnya, termasuk vitamin A, vitamin C, kalium, serat, zat besi, dan kalsium.

Baca Juga:Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet

Tips Memilih Sayuran Segar Untuk Dikonsumsi

Mavam-Macam Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin E

1. Pilih Sayuran Dengan Warna Segar

Cara memilih sayuran paling mudah yang bisa dilakukan adalah memperhatikan warnanya. Sayuran segar akan memiliki warna yang cerah. Disarankan untuk tidak mengambil sayuran yang sudah mulai pudar warnanya atau berubah warna mungkin saja kandungan nutrisi di dalam sayuran tersebut sudah tidak maksimal. Untuk sayuran berdaun hijau yang sudah tidak segar memiliki warna yang mulai menguning.

2. Perhatikan Daun Sayuran

Jika ingin membeli sayuran yang berbentuk daun, seperti bayam, kangkung, atau sawi, usahakan pilih yang daunnya masih segar dan tidak layu. Memilihnya dengan cara saat disentuh tekstur daun sayuran masih keras.

3. Hindari Sayuran Yang Lembek Atau Keriput

Sayuran yang memiliki daun maupun tidak terdapat cara untuk memilihnya, mencari sayuran dengan tekstur yang tidak lembek, keriput, atau berbau. Untuk mempermudah, perhatikan hal di bawah ini:

  • Sayuran berdaun: memiliki batang yang mudah untuk dipatahkan, atau batang dan daun tidak layu.
  • Sayuran berbunga: pastikan sayur terlihat masih kokoh, terlihat serat halus pada bunga, dan terlihat tebal.
  • Umbi-umbian: pilihlah sayuran yang tidak keriput, lembek, berlubang, atau memar. Cara memilih sayur tersebut bisa dipakai untuk memilih wortel, kentang, bawang, atau bengkuang.

4. Pilih Sayuran Yang Belum Dicuci

Pilihlah sayuran yang belum dicuci yang masih ada sisa akar dan pasirnya, sayuran tersebut menandakan masih dalam keadaan segar. Kandungan air didalam sayuran juga masih terlindungi dengan baik.

5. Belanja Sayuran Di Pagi Hari

Jika ingin belanja di pasar, cara memilih sayuran yang baik dan segar adalah dengan berbelanja di pagi hari. Bukan karena masih lengkap, tetapi belanja di pagi hari mempermudah kita memilih sayuran yang masih segar.

6. Bedakan Sayuran Organik Dan Tidak

Sayuran organik cukup mudah cara memilihnya, biasanya jika berbelanja di supermarket sayuran organik sudah dilengkapi label organik pada sayurannya. Ciri- ciri sayuran organik adalah memiliki bekas gigitan ulat pada sayurannya. Sayuran tersebut menandakan sayur yang segar dan tanpa pestisida, warna pada sayur juga akan lebih cerah dibandingkan dengan sayur non organik.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu ingin lebih mengetahui macam-macam sayuran yang banyak mengandung vitamin E, kamu bisa membaca artikel Sayuran Yang Mengandung Vitamin E. Semoga artikel ini bermanfaat.